INDONEWS.ID

  • Rabu, 03/11/2021 14:54 WIB
  • Dubes RI Stockholm Promosikan Tenaga Kerja Indonesia Kepada Gubernur Norrbotten

  • Oleh :
    • luska
Dubes RI Stockholm Promosikan Tenaga Kerja Indonesia Kepada Gubernur Norrbotten

Luleå, INDONEWS.ID -Dubes RI Stockholm temui dengan Gubernur Norrbotten (Utara Swedia), Mrs. Lotta Finstorp, dalam kunjungan kerjanya ke daerah Utara Swedia. Pada kesempatan tersebut, Dubes menjajaki berbagai peluang kerja sama perdagangan dan investasi, serta mempromosikan tenaga kerja Indonesia berketerampilan tinggi untuk atasi permasalahan kekurangan tenaga kerja yang saat ini dialami oleh pemerintah daerah Norrbotten.

"Jumlah penduduk usia produktif di Indonesia cukup tinggi dan banyak di antara mereka yang studi di luar negeri. Khusus di Swedia, para pelajar Indonesia sebagian besar mengambil bidang studi life sciences dan teknologi tinggi yang spesifik dan aplikatif. Ini sangat cocok untuk dipekerjakan di Norrbotten", ujar Dubes Kama.

Baca juga : Indonesia Ramaikan Pameran Pariwisata Terbesar di Swedia

Gubernur Norrbotten sambut gembira usulan tersebut dan membuka kesempatan yang selebar-lebarnya bagi tenaga kerja Indonesia untuk berkontribusi terhadap pembangungan di daerahnya.

"Ini merupakan ide yang sangat baik dan perlu didukung dengan langkah-langkah konkrit. Norrbotten sangat terbuka untuk terima tenaga kerja Indonesia" ujar Gubernur Finstorp.

Baca juga : Dubes RI Stockholm Serahkan Credentials Kepada Presiden Latvia

Daerah Utara Swedia sedang mengalami pertumbuhan yang sangat pesat, terutama pada sektor energi dan industri strategis lainnya, seperti penelitian luar angkasa dan big data. Daerah Norrbotten diprediksi akan mengalami pertumbuhan investasi yang signifikan dalam periode 2016 hingga 2035, di mana investasi infrastruktur dan industri akan mencapai lebih dari SEK 270 miliiar, atau senilai USD 31 milliar.

Salah satu mekanisme yang akan dibangun untuk pengiriman tenaga kerja ke Norrbotten adalah melalui kerja sama pendidikan, terutama dengan universitas terbesar di daerah Norrbotten, yaitu Luleå Tekniska Universitet (LTU). Dari kerja sama tersebut, pelajar Indonesia dapat lebih mengenal daerah Norrbotten sekaligus kembangan ilmunya pada bidang yang spesifik dan dibutuhkan industri setempat.

Baca juga : Dubes RI Stockholm Ajak Walikota Gothenburg untuk Tingkatkan Kerjasama Ekonomi dan Sosial Budaya

"Indonesia memiliki bright minds yang saya yakini dapat berkarya dan diterima dengan baik di Swedia, termasuk Norrbotten. Semoga kita bisa segera dorong kerja sama ini sebagai sebuah win-win solution bagi kedua negara", ujar Dubes Kama, dalam mengakhiri pertemuannya dengan Gubernur Finstorp.

Selain bertemu dengan Gubernur, Dubes Kama juga temui berbagai pemangku kepentingan bisnis serta pelaku usaha di Norrbotten dan wakil LTU untuk promosikan sektor-sektor yang berpotensi untuk dikerjasamakan, antara lain energi baru dan terbarukan, teknologi baterai dan university-to-university (U-to-U). Salah satu tindak lanjut kunjungan adalah keikutsertaan Indonesia dalam  Global Summit "Demo North", yang akan diadakan di Luleå pada bulan Maret 2022. (Lka)
 

Artikel Terkait
Indonesia Ramaikan Pameran Pariwisata Terbesar di Swedia
Dubes RI Stockholm Serahkan Credentials Kepada Presiden Latvia
Dubes RI Stockholm Ajak Walikota Gothenburg untuk Tingkatkan Kerjasama Ekonomi dan Sosial Budaya
Artikel Terkini
Sekjen FAMARA: Tangkap Provokator Penyerangan Mahasiswa yang Sedang Berdoa di Serpong
Mahasiswa Katolik Tangsel Dianiaya, Astra Tandang Harap Semua Pihak Tidak Terprovokasi
Pj Bupati Maybrat Hadiri Musrenbangnas 2024
Kendalikan Inflasi, Kemendagri Harap Pemda Susun Perencanaan Gerakan Menanam dengan Baik
Gelar HUT ke-19, PaSKI Punya Tanggung Jawab Lahirkan Pelawak-pelawak Baru
Tentang Kami | Kontak | Pedoman Siber | Redaksi | Iklan
legolas