Nasional

Dubes RI Stockholm Serahkan Credentials Kepada Presiden Latvia

Oleh : luska - Selasa, 05/10/2021 21:10 WIB

Stockholm, INDONEWS.ID - Dubes RI Stockholm telah menyerahkan Surat Kepercayaan (Letters of Credentials) kepada Presiden Latvia, Y.M. Egils Levits, pada 5 Oktober 2021, di Istana Riga, dalam sebuah upacara yang berlangsung khidmat. Saat penyerahan, Dubes menyampaikan pesan salam Presiden RI Joko Widodo dan mendorong peningkatan perdagangan dan hubungan antarmasyarakat kedua negara.

Setelah penyerahan credentials, Dubes diterima Presiden Levits untuk melakukan pertemuan tête-à-tête. Dalam pertemuan, dibahas tiga hal pokok. 

Pertama, keinginan kedua negara untuk meningkatkan hubungan perekonomian, terutama perdagangan dua arah. Latvia adalah negara mitra dagang terbesar di wilayah Baltik, dengan nilai total transaksi sebesar USD 95 juta pada tahun 2020.

"Latvia adalah negara mitra penting bagi Indonesia di wilayah Baltik. Sebagai negara anggota Uni Eropa, Latvia memiliki daya tarik untuk menjadi pintu masuk produk Indonesia untuk masuk ke pasar UE dan wilayah Baltik," ujar Dubes Kama. 

Selain perdagangan, Latvia juga negara yang berpotensi untuk menjadi mitra untuk investasi di bidang manajemen pelabuhan dan logistik. Pada sektor pariwisata, jumlah kunjungan wisatawan Latvia ke Indonesia terus meningkat dari tahun ke tahun, dengan puncaknya di tahun 2019 yang mencapai 5.000 pengunjung. 

Kedua, pentingnya kedua negara untuk berperan aktif dalam menjaga stabilitas kawasan, terutama di tengah meningkatnya kepentingan geopolitik di wilayah masing-masing negara. Dubes menggarisbawahi pentingnya untuk mengedepankan exisiting regional architecture untuk mendukung tercapainya perdamaian dan kesejahteraan bersama.

"Sebagai salah satu penggagas Gerakan Non-Blok, Indonesia terus membina hubungan politik yang sama dekat dengan seluruh negara, dan bersifat netral. Penyelesaian konflik atau perbedaan pandangan harus diselesaikan melalui kerangka regional," ujar Dubes Kama.

Ketiga, perlunya kedua negara untuk terus mendukung multilateralisme untuk mendorong agenda dan kepentingan bersama, baik di bidang politik maupun ekonomi. Presiden Levits dan Dubes Kama sepakat bahwa pendekatan multilateralisme akan semakin penting di masa mendatang, terutama menghadapi tantantan perubahan iklim dan kompleksitas perdagangan global.

"Latvia sangat mendukung mekanisme multilateral, dan di bidang ekonomi telah ambil posisi untuk terus mendorong tercapainya kesepakatan kawasan perdagangan bebas EU-ASEAN", ujar Presiden Levits. 

Dalam rangkaian kunjungan resmi ke Riga, Dubes turut bertemu dengan beberapa pejabat tinggi Latvia, antara lain Menteri Luar Negeri, Mr. Andris Pelšs, Wakil Ketua Presidium Parlemen, Ms. Inese Voika, Wakil Menteri Perekonomian, Ms. Zaiga Liepiņa, dan Acting Wakil Menteri Pertahanan, Ms. Ginta Brūmane-Gromula. Di antara rangkaian pertemuan tersebut, Dubes turut melakukan kunjungan ke dua museum bersejarah, yaitu Occupation Museum of Latvia dan Art Museum Riga Bourse.  

Latvia adalah negara Baltik terbesar dengan jumlah populasi 1,9 juta penduduk dan telah menjadi anggota Uni Eropa sejak 1994. Berdasarkan Indeks OECD, Latvia berada pada peringkat ke-30 perekonomian paling terbuka di dunia, dan ke-17 di antara 45 negara di kawasan Eropa. (Lka)

 

Artikel Terkait