INDONEWS.ID

  • Jum'at, 05/11/2021 20:42 WIB
  • RIP! Ketua KPPU, Kodrat Wibowo Meninggal Akibat Serangan Jantung

  • Oleh :
    • Rikard Djegadut
RIP! Ketua KPPU, Kodrat Wibowo Meninggal Akibat Serangan Jantung
Ketua Komisi Pengawas Persaingan Usaha (KPPU) Kodrat Wibowo (Foto: Ist)

Jakarta, INDONEWS.ID - Ketua Komisi Pengawas Persaingan Usaha (KPPU) Kodrat Wibowo meninggal dunia di Rumah Sakit Abdi Waluyo, Jakarta, pada Jumat (6/11) sekitar pukul 12.05 WIB. Almarhum terkena serangan jantung.

"Beliau meninggal dunia di usia 50 tahun dan meninggalkan seorang istri serta satu putra dan satu putri," kata Kepala Biro Hubungan Masyarakat dan Kerja Sama Sekretariat KPPU Deswin Nur dalam keterangan tertulis di Jakarta, Jumat (5/11).

Baca juga : Mendagri Tekankan Perlunya Saling Percaya dalam Kerja Sama KPPU dan Kemendagri

Kodrat menjadi komisioner KPPU pada 2018 dan terpilih menjadi ketua KPPU periode 2020-2023. Dia juga dikenal sebagai ahli ekonomi mikro, statistik, dan ekonometrika, keuangan dan kebijakan publik, serta perencanaan pembangunan. Laki-laki kelahiran Bogor pada 1971 ini menuntaskan pendidikan doktoral dan meraih gelar Ph.D-nya di bidang ekonomi di Oklahoma University pada 2003.

Sebelum bergabung di KPPU, Kodrat pernah beberapa kali memegang jabatan penting, seperti menjadi ketua Dewan Pengawas PDAM Tirta Wening Kota Bandung, wakil ketua Komite Audit Majelis Wali Amanah Universitas Padjadjaran, dan wakil direktur Lembaga Pengkajian Independen Kebijakan Publik (LPIKP).

Baca juga : Dirawat Karena Serangan Jantung, Jokowi Utus Jubirnya Jenguk Adian Napitupulu

Kodrat hingga saat ini masih aktif menjadi akademisi dan peneliti senior di Center for Economics and Development Studies (CEDS) FEB Universitas Padjajaran (Unpad) Bandung. Almarhum juga sering melibatkan diri pada kegiatan pengabdian masyarakat.

Di antaranya, menjadi juri Penghargaan Pangripta Nusantara Award (Penghargaan Perencanaan Pembangunan Terbaik Nasional) di Kementerian Perencanaan Pembangunan Nasional/Bappenas pada 2010-2014 serta menjadi instruktur kegiatan Jenjang Fungsional Perencana Pembangunan (JFP) yang merupakan kerja sama Unpad dan Bappenas.

Jenazah almarhum Kodrat Wibowo disemayamkan di rumah duka di Jalan Antariksa Nomor 12, Kelurahan Cisaranten Endah, Kecamatan Arcamanik, Kota Bandung, Jawa Barat.*

Artikel Terkait
Mendagri Tekankan Perlunya Saling Percaya dalam Kerja Sama KPPU dan Kemendagri
Dirawat Karena Serangan Jantung, Jokowi Utus Jubirnya Jenguk Adian Napitupulu
Artikel Terkini
PT Sri Pamela Group Berkolaborasi dengan UPT II WASNAKER SUMUT dalam Menyemarakkan May Day Sumatera Utara Tahun 2024
PT Perkebunan Nusantara I Regional 4 Raih Penghargaan Indonesia CSR Brand Equity Awards dari The Iconomics
Empat Jenazah korban banjir Bandang Batang Anai Dishalatkan
Indonesia Sambut Baik dan Dorong Kolaborasi dalam Perkuat Ketahanan Pangan melalui IDMA Exhibition dan TABADER Summit 2024
Nanik Yuliati, Pensiunan Guru Senang Bersama Mekaar Usahanya Berkembang
Tentang Kami | Kontak | Pedoman Siber | Redaksi | Iklan
legolas