INDONEWS.ID

  • Rabu, 09/02/2022 13:02 WIB
  • Terima Kunjungan Pemkot Palopo, Litbang Kemendagri Uraikan Strategi Tingkatkan Inovasi Daerah

  • Oleh :
    • luska
Terima Kunjungan Pemkot Palopo, Litbang Kemendagri Uraikan Strategi Tingkatkan Inovasi Daerah

Jakarta, INDONEWS.ID – Pelaksana Harian (Plh.) Kepala Badan Penelitian dan Pengembangan (Litbang) Kementerian Dalam Negeri (Kemendagri) Eko Prasetyanto menerima kunjungan Kepala Badan Litbang Pemkot Palopo Andi Enceng beserta jajarannya pada hari Selasa, 8 Februari 2022. Pertemuan tersebut dilakukan sebagai upaya Pemkot Palopo untuk meningkatkan inovasi di daerahnya. 

“Kami mengapresiasi kunjungan dari Kepala Balitbangda Kota Palopo beserta jajarannya. Hal ini membuktikan Kota Palopo bersemangat untuk melakukan pembenahan inovasi daerah,” ujar Eko saat membuka pertemuan tersebut di Aula Badan Litbang Kemendagri.

Baca juga : Kunjungi Banten, BSKDN Minta Tingkatkan Inovasi dan Peringkat IGA

Eko menilai, kunjungan itu memiliki peran signifikan dalam menunjang kemajuan inovasi Kota Palopo agar lebih maksimal. Terlebih capaian Kota Palopo dalam Indeks Inovasi Daerah tahun 2021 masih berada pada predikat “Kurang Inovatif”. Untuk itu, Eko berpesan agar Pemkot Palopo terus meningkatkan jumlah inovasi yang dilaporkan, sekaligus meningkatkan nilai kematangannya. 

“Keberadaan litbang daerah juga perlu diperkuat karena posisinya strategis dalam mendorong inovasi daerah, disamping mengkoordinasikan perangkat daerah lainnya agar mampu menyusun rancang bangun inovasi yang lebih baik,” pesannya. 

Baca juga : Litbang Kemendagri Siapkan Talenta Unggul Guna Mendukung Reformasi Birokrasi

Selain itu, imbuh Eko, Pemkot Palopo diimbau untuk membangun ekosistem inovasinya. Langkah ini dilakukan agar iklim inovasi di daerah dapat kondusif. “Dalam membangun ekosistem inovasi perlu keterlibatan peran interaksi dari 6 aspek di antaranya: keterlibatan aktor inovasi, dukungan iptek, peran institusi, dukungan regulasi, dukungan anggaran, dan tata kelola SDM,” kata Eko.

Sementara itu, dalam kesempatan yang sama, Andi Enceng menyampaikan terima kasih kepada Badan Litbang Kemendagri atas asistensi yang diberikan. Dirinya berharap, seluruh jajaran Pemkot Palopo dapat segera melakukan pembenahan inovasi. 

Baca juga : Litbang Kemendagri Lakukan Kajian Dinamika Perubahan Status Desa Jadi Kelurahan di Kabupaten Bekasi

“Yang terpenting bagaimana merubah _mindset_. Kami berharap Litbang Kemendagri dapat melakukan pembinaan lebih intens kepada kami agar inovasi dapat menjadi budaya kerja di Kota Palopo,” pungkas Andi. (Lka)

Artikel Terkait
Kunjungi Banten, BSKDN Minta Tingkatkan Inovasi dan Peringkat IGA
Litbang Kemendagri Siapkan Talenta Unggul Guna Mendukung Reformasi Birokrasi
Litbang Kemendagri Lakukan Kajian Dinamika Perubahan Status Desa Jadi Kelurahan di Kabupaten Bekasi
Artikel Terkini
Perkuat Semangat Persaudaraan Antara Siswa, SMP Notre Dame Gelar Paskah Bersama dan Peringatan Hardiknas 2024
PNM Mekaar Beri Reward Ketua Kelompok Unggulan Studi Banding Olahan Jamu Tradisional
PNM Berikan Ruang Bakat dan Silaturahmi Karyawan Lewat Event SEHATI
Waspadai Pihak-Pihak yang Benturkan Konsep Negara Pancasila dengan Agama
Pelintas RI - Timor Leste Kini Bisa Akses Internet `Ngebut` di PLBN Motaain
Tentang Kami | Kontak | Pedoman Siber | Redaksi | Iklan
legolas