INDONEWS.ID

  • Kamis, 24/03/2022 21:21 WIB
  • Kemendagri: Riset dan Inovasi akan Hasilkan Kebijakan Publik yang Optimal

  • Oleh :
    • luska
Kemendagri: Riset dan Inovasi akan Hasilkan Kebijakan Publik yang Optimal

Bangka Belitung, INDONEWS.ID – Di tengah peralihan zaman yang kian cepat, pemerintah dituntut mampu beradaptasi dengan menyediakan berbagai program layanan publik yang relevan. Hal ini dapat dijawab melalui kebijakan yang didasari riset dan semangat inovatif. “Riset dan Inovasi dalam penyelenggaraan pemerintahan menjadi dua hal yang tidak dapat dipisahkan,” ucap Kepala Badan Strategi Kebijakan Dalam Negeri (BSKDN) Eko Prasetyanto, dalam _Rapat Koordinasi Fasilitasi dan Pembinaan Penelitian dan Pengembangan (Litbang)_ di Provinsi Bangka Belitung, Kamis, 24 Maret 2022. 

Salah satu bentuk peralihan zaman tersebut, Eko mencontohkan tatanan kehidupan yang berubah akibat pandemi Covid-19. “Pandemi Covid-19 telah memberikan pembelajaran yang sangat berharga bagi kita. _New normal life_ menjadi suatu keharusan, baik dalam kinerja organisasi ataupun dalam kehidupan keseharian kita,” terangnya. 

Baca juga : Kemendagri Tekankan Peran Penting Sekretaris DPRD Jaga Hubungan Harmonis Legislatif dengan Kepala Daerah

Kebijakan dan program yang dilangsungkan pemerintah pun, lanjut Eko, mesti menyesuaikan kondisi _new normal life_. Demikian dapat dilakukan pemerintah dengan inovasi program, melakukan kajian-kajian yang komprehensif, dan berkolaborasi dengan berbagai lembaga terkait. Jika semuanya dilakukan, kebijakan dan program yang dijalankan pun dapat menjadi optimal. “Inovasi dan kolaborasi multi sektor menjadi jawaban di tengah kehidupan _new normal life. Sehingga kita dapat hidup berdampingan dengan Covid 19,” ucapnya lagi. 

Sebab itu pula, di hadapan pemerintah provinsi Bangka Belitung, Eko mengatakan rapat koordinasi ini dilakukan untuk meningkatkan budaya riset, inovasi daerah, dan sinergi pemerintah pusat dan daerah. “BSKDN fokus memberikan pembinaan agar kelembagaan riset dan inovasi di daerah dapat lebih kuat dalam membantu penyelenggaraan pemerintahan,” ucap Kepala BSKDN tersebut. 

Baca juga : Perkuat Binwas Pemerintahan Daerah, Mendagri Harap Penjabat Kepala Daerah dari Kemendagri Perbanyak Pengalaman

Menyambut tujuan tersebut, Asisten 1 Bidang Pemerintahan dan Kesejahteraan Rakyat Sekretariat Daerah Bangka Belitung, Muhammad Soleh, mengucapkan terima kasih telah memilih Bangka Belitung sebagai salah satu provinsi yang dikunjungi BSKDN. “Kami mewakili Gubernur Bangka Belitung mengucapkan terima kasih kepada BSKDN. Kami juga memohon arahan dan dukungan dari BSKDN Kemendagri agar kinerja kelitbangan dan inovasi daerah kami semakin baik di masa yang akan datang,” ucap Soleh. 

Acara koordinasi ini selanjutnya diisi dengan diskusi terkait upaya strategis yang dapat dilakukan pemerintah daerah untuk meningkatkan inovasi daerah, penguatan fungsi organisasi kelitbangan, dan tata kelola pemerintahan. Sekretaris Badan Litbang Kemendagri, Kurniasih, dan Kepala Pusat Litbang Inovasi Daerah Kemendagri, Matheos Tan, tampil sebagai pemateri diskusi. (Lka)

Baca juga : Mendagri Resmi Lantik 5 Penjabat Gubernur
Artikel Terkait
Kemendagri Tekankan Peran Penting Sekretaris DPRD Jaga Hubungan Harmonis Legislatif dengan Kepala Daerah
Perkuat Binwas Pemerintahan Daerah, Mendagri Harap Penjabat Kepala Daerah dari Kemendagri Perbanyak Pengalaman
Mendagri Resmi Lantik 5 Penjabat Gubernur
Artikel Terkini
Perayaan puncak HUT DEKRANAS
Kemendagri Tekankan Peran Penting Sekretaris DPRD Jaga Hubungan Harmonis Legislatif dengan Kepala Daerah
LPER Dilibatkan BNPT Berikan Kuliah Umum Kepada Peserta Didik di Penajam, dan Kutai Kertanegara, Kaltim
Pemprov Papua Barat Daya Serahkan Bantuan Mobil Angkutan Umum untuk Pedagang Mama Papua di Maybrat
Rapat Koordinasi Nasional Bahas Netralitas ASN dalam Pilkada Serentak 2024
Tentang Kami | Kontak | Pedoman Siber | Redaksi | Iklan
legolas