INDONEWS.ID

  • Kamis, 31/03/2022 13:21 WIB
  • Peluncuran Buku Durian On My Head

  • Oleh :
    • luska
Peluncuran Buku Durian On My Head

Tehran, INDONEWS.ID - Sebuah buku berjudul Durian on My Head yang berisikan foto kearifan lokal masyarakat dan budaya Indonesia telah diluncurkan oleh penulis, seorang fotografer dan sineas Iran, Amir Masoud Soheili di Gedung Cinema Golshan, Mashhad, Provinsi Korasan Razavi, pada Selasa, 28 Maret 2022. Selain menampilkan foto, buku tersebut juga menyajikan narasi dalam dua bahasa, yaitu Bahasa Indonesia dan Farsi, yang menceritakan tentang pengalaman penulis selama berada di Indonesia. Penulis merupakan salah satu peserta Darmasiswa asal Iran dan beberapa kali mengunjungi Indonesia untuk menyalurkan hobinya di bidang fotografi dan sinematografi.

Lagu kebangsaan Indonesia Raya dikumandangkan pada saat pembukaan acara peluncuran Buku Durian on My Head. Hadir dalam acara tersebut para undangan, antara lain para seniman dan budayawan Iran, pemerhati buku fotografi, artis dan selebritis Iran, serta Wakil Organisasi Kebudayaan dan Hubungan Islam Propinsi Khorasan Razavi, Baharian dan Presiden Ikatan Pelajar Indonesia Iran, Andi Mutohari. 

Baca juga : KBRI Tehran Gelar Peringatan HUT ke-77 Kemerdekaan RI

Dalam sambutannya, Wakil Organisasi Kebudayaan dan Hubungan Islam Propinsi Khorasan Razavi menyampaikan penghargaan tinggi kepada Amir Mahoud Soheli selaku warga Iran yang pernah mengenyam pendidikan di Indonesia telah berhasil membuat dan meluncurkan karya yang bernilai untuk dua negara bersahabat, Indonesia dan Iran. Dubes RI Tehran dalam sambutannya juga menyampaikan apresiasi atas penerbitan dan peluncuran buku tersebut, dan diharapkan menjadi jembatan penghubung untuk mempererat hubungan dan kerja sama kedua bangsa, khususnya di bidang fotografi dan perfilman.

Sebelum prosesi peluncuran bukunya, Amir Masoud Soheili menceritakan historis pemilihan judul dan ketertarikannya untuk membuat buku tersebut. Disampaikannya bahwa Durian adalah buah tropis, besar dan berat, dan masyarakat Indonesia memiliki pepatah yang diyakini akan membawa keberuntungan bagi orang yang mendapat mimpi “Durian jatuh di kepalanya”. Selain itu, penulis juga menyampaikan bahwa ketika belajar di Indonesia dalam program Darmasiswa, dirinya mendapat energi positif dari orang-orang di sana. Oleh karena itu setelah menyelesaikan studinya, yang bersangkutan memutuskan untuk datang kembali ke Indonesia dan mengunjungi beberapa daerah di Indonesia, sekaligus mengambil gambar tentang keindahan dan kearifan penduduk lokal. (Lka)

Baca juga : Dorong Indonesia Sebagai Top of Mind Destinasi Wisata, KBRI Tehran Gelar Promosi Pariwisata pada TITE 2022
Artikel Terkait
KBRI Tehran Gelar Peringatan HUT ke-77 Kemerdekaan RI
Dorong Indonesia Sebagai Top of Mind Destinasi Wisata, KBRI Tehran Gelar Promosi Pariwisata pada TITE 2022
Gandeng UMKM dan Koperasi, KBRI Tehran Promosikan Kopi dan Rempah-Rempah Indonesia di Iran
Artikel Terkini
Pastikan Arus Barang Kembali Lancar, Menko Airlangga Tinjau Langsung Pengeluaran Barang dan Minta Instansi di Pelabuhan Tanjung Priok Bekerja 24 Jam
Umumkan Rencana Kedatangan Paus Fransiskus, Menteri Agama Dukung Penuh Pengurus LP3KN
Mendagri Tito Lantik Sekretaris BNPP Zudan Arif Fakrulloh Jadi Pj Gubernur Sulsel
Perayaan puncak HUT DEKRANAS
Kemendagri Tekankan Peran Penting Sekretaris DPRD Jaga Hubungan Harmonis Legislatif dengan Kepala Daerah
Tentang Kami | Kontak | Pedoman Siber | Redaksi | Iklan
legolas