INDONEWS.ID

  • Kamis, 12/05/2022 15:30 WIB
  • Ini Penjelasan Kemenlu Soal Kedatangan Jokowi Tak Disambut Pejabat Tinggi AS

  • Oleh :
    • Rikard Djegadut
Ini Penjelasan Kemenlu Soal Kedatangan Jokowi Tak Disambut Pejabat Tinggi AS
Presiden Jokowi beserta rombongan tiba di Pangkalan Militer Andrews, Washington DC Amerika Serikat, Selasa (10/5).

Jakarta, INDONEWS.ID - Kementerian Luar Negeri buka suara soal Kedatangan Presiden Joko Widodo atau Jokowi ke Amerika Serikat yang tidak disambut pejabat tinggi AS. Kemenlu menjelaskan, kunjungan Presiden RI ke Washington DC bukan dalam rangka kunjungan bilateral.

Hal ini disampaikan Juru Bicara Kemlu, Teuku Faizasyah lewat pesan seperti dikutip merdeka.com, Rabu (12/5).

Baca juga : Kemenlu: Kesuksesan Indonesia Kembali Pimpin Dunia

Untuk diketahui, Presiden Jokowi beserta rombongan tiba di Pangkalan Militer Andrews, Washington DC Amerika Serikat, Selasa (10/5). Dia hanya disambut Dubes RI untuk AS Rosan Roeslani. Tidak ada pejabat tinggi AS yang menyambut mantan Gubernur DKI Jakarta itu.

"Kunjungan Presiden RI ke Washington DC bukan kunjungan bilateral, namun dalam rangka hadiri ASEAN-US Special Summit," kata Faizasyah.

Baca juga : Kemenlu: KTT ASEAN Sepakati Maksimalkan Perlindungan Pekerja Migran

Menurutnya, di hari yang sama pemimpin negara lain juga disambut oleh pejabat yang sama. Dia menyayangkan bila kedatangan Jokowi ke AS dianggap remeh.

"Di hari ketibaan 10 Mei, terdapat pula PM Kamboja, PM Malaysia dan PM Vietnam dan masing-masing dijemput oleh pejabat yang sama. Sangat disayangkan mengambil kesimpulan tanpa paham situasi sebenarnya," ujar Faizasyah.

Baca juga : Menghadapai Ketidakpastian Global, ASEAN Perkuat Stabilitas Kawasan

Sebagai informasi, Jokowi akan melakukan serangkaian agenda kunjungan kerja mulai 11 sampai 13 Mei 2022 di AS. Dia diagendakan berpartisipasi dalam rangkaian pertemuan KTT Khusus ASEAN-AS atau ASEAN-US Special Summit (AUSS) selama dua hari bersama pemimpin negara Asia Tenggara lainnya.

Total ada empat rangkaian pertemuan yang akan dihadiri oleh Jokowi. Pertama, pertemuan dengan anggota Kongres. Kedua, pertemuan dengan para CEOs besar Amerika.

Ketiga, pertemuan dengan Wapres Harris dan Tim Perubahan Iklim Amerika. Keempat, pertemuan Tingkat Tinggi Pemimpin ASEAN dan Presiden Joe Biden.

Jokowi dan delegasi direncanakan akan kembali ke Jakarta segera setelah rangkaian pertemuan selesai pada tanggal 13 Mei malam. Dia dijadwalkan tiba di Tanah Air pada hari Minggu, 15 Mei 2022 pagi.

Dalam kunjungan ke Washington DC ini, Jokowi didampingi Menteri Koordinator Bidang Kemaritiman dan Investasi Luhut Binsar Pandjaitan, Menteri Sekretaris Negara Pratikno, Menteri Perdagangan Muhammad Lutfi, dan Menteri Investasi/Kepala BKPM Bahlil Lahadalia. Adapun Menteri Luar Negeri Retno Marsudi telah berada di AS untuk menyiapkan kunjungan kerja Presiden Jokowi.*

Artikel Terkait
Kemenlu: Kesuksesan Indonesia Kembali Pimpin Dunia
Kemenlu: KTT ASEAN Sepakati Maksimalkan Perlindungan Pekerja Migran
Menghadapai Ketidakpastian Global, ASEAN Perkuat Stabilitas Kawasan
Artikel Terkini
UU DKJ Disahkan, Fahira Idris Soroti Pentingnya Dana Abadi Kebudayaan
Kawal Musrenbang di Riau, Kemendagri Tekankan Pentingnya Pembangunan Berbasis Partisipatif
Pataka 83 Gelar Halal bi Halal, Silaturahmi sekaligus Temu Kangen
Pertemuan Menko Airlangga Meminta dengan Menteri Iklim, Lingkungan dan Energi Inggris
Inggris Memberikan Dukungan dan Berbagai Pengalaman dengan Indonesia untuk Bergabung Ke CPTPP
Tentang Kami | Kontak | Pedoman Siber | Redaksi | Iklan
legolas