INDONEWS.ID

  • Jum'at, 03/06/2022 07:26 WIB
  • Jalin Kerja Sama, Kepala BSKDN Kemendagri Ajak Pemprov Sulbar Perkuat Data dalam Rumusan Kebijakan

  • Oleh :
    • luska
Jalin Kerja Sama, Kepala BSKDN Kemendagri Ajak Pemprov Sulbar Perkuat Data dalam Rumusan Kebijakan

Mamuju, INDONEWS.ID – Kepala Badan Strategi Kebijakan Dalam Negeri (BSKDN), Eko Prasetyanto mengatakan peran badan penelitian dan pengembangan (Litbang) daerah sangat penting untuk mendukung lahirnya kebijakan yang optimal. Sebab itu, pihaknya mendorong agar Badan Litbang terus meningkatkan kinerja, dengan memperkuat riset dan terus berkolaborasi dengan berbagai pihak. 

“Kelitbangan daerah menjadi bagian penting dalam lahirnya kebijakan strategis pemerintahan. Sebab itu, mari kita optimalkan, Bapak dan Ibu. Data dan informasi yang sifatnya strategis untuk rekomendasi pada pimpinan kita, mari kita kawal benar-benar. Agar pimpinan kita dapat mengambil kebijakan dengan cepat dan tepat dalam rangka mempercepat terwujudnya kesejahteraan negara kita,” terang Eko dalam Rapat Koordinasi Pembinaan Hubungan Pusat dan Daerah dalam Strategi Kebijakan Dalam Negeri di Gedung PKK Provinsi Sulawesi Barat, 2 Juni 2022. 

Baca juga : Kemendagri Tekankan Sinergisitas Antar-Pemda Mengoptimalkan Pemungutan Pajak Daerah dan Opsen Pajak Daerah

Dalam rangka mengoptimalkan peran dan kinerja badan litbang daerah tersebut, Eko menyarankan untuk turut menyertakan peran akademisi dan media massa. “Kita harus bekerjasama dengan akademisi. Kita optimalkan peran akademisi, baik dengan riset-risetnya, penelitiannya, dan sebagainya. Ataupun dengan pihak-pihak ketiga, bahkan dengan mass media dan masyarakat luas,” tambah Eko. 

Mengamini hal tersebut, Penjabat (Pj) Gubernur Sulawesi Barat, Akmal Malik, menyebutnya sebagai strategi kebijakan yang sistematis dan simetris. Ia pun mengharapkan pertemuan ini dapat menjadi ruang untuk memperdalam mekanisme kerja yang demikian. “Saya juga meminta Pak Kaban (Kepala BSKDN), nanti _brainstorming_ dengan teman-teman dari kabupaten yang ada di Sulbar. Apakah teman-teman di kabupaten sudah mengikuti pendekatan simetris sebagaimana yang sama-sama harapkan ataukah belum,” ucap Akmal. 

Baca juga : Kemendagri Ajak Pemda Wujudkan Visi Indonesia Emas 2045

Lebih lanjut, Akmal juga mengucapkan terimakasih pada rombongan BSKDN Kementerian Dalam Negeri yang telah berkunjung ke Provinsi Sulawesi Barat. “Kedatangan Bapak dan Ibu juga bentuk promosi Provinsi Sulbar. Karena kami berkeinginan untuk terus memperkenalkan provinsi ini,” tambahnya dalam sambutan. 

Rapat koordinasi pembinaan ini dilanjutkan dengan diskusi terkait transformasi kelitbangan daerah dan beragam indeks pengukuran kinerja pemerintah daerah yang telah disusun BSKDN Kemendagri. Sekretaris BSKDN dan jajaran Kepala Pusat Litbang BSKDN hadir secara langsung sebagai pemateri diskusi. (Lka)

Baca juga : Mendagri Atensi Keamanan Data Pemilih pada Penyelenggaraan Pilkada Serentak 2024
Artikel Terkait
Kemendagri Tekankan Sinergisitas Antar-Pemda Mengoptimalkan Pemungutan Pajak Daerah dan Opsen Pajak Daerah
Kemendagri Ajak Pemda Wujudkan Visi Indonesia Emas 2045
Mendagri Atensi Keamanan Data Pemilih pada Penyelenggaraan Pilkada Serentak 2024
Artikel Terkini
Kisah AO PNM Mekaar, Keluar Zona Nyaman untuk Beri Kenyamanan Keluarga
Paskah 2024, ASN DKI Jakarta Berwisata Bersama 500 Anak Panti Asuhan
Banjir Rendam Satu Desa di Subulussalam, Aceh
Dansatgas Yonif 742/SWY Kunjungi Salah Satu SD Darurat di Perbatasan RI-RDTL
Kawal Pemerintahan Baru, Tokoh Lintas Agama: Jika Ada Kurang-kurangnya Kita Perbaiki
Tentang Kami | Kontak | Pedoman Siber | Redaksi | Iklan
legolas