INDONEWS.ID

  • Kamis, 30/06/2022 09:06 WIB
  • Surveilan agar antibiotika dapat tetap digunakan di dunia

  • Oleh :
    • luska
Surveilan agar antibiotika dapat tetap digunakan di dunia

Penulis : Prof Tjandra Yoga Aditama (Direktur Pasca Sarjana Universitas YARSI, Mantan Direktur Penyakit Menular serta Mantan AMR Focal Point, WHO Asia Tenggara)

Resistensi terhadap antimikroba merupakan masalah besar dunia saat ini, dan bahkan disebutkan sebagai “silent epidemic”. Kalau tidak ada upaya memadai maka dunia dapat saja masuk ke era dimana antimikroba (termasuk antibiotika, anti jamur, anti virus, anti parasit dll.) menjadi tidak mempan lagi untuk mengobati infeksi di dunia, di negara G20 dan di Indonesia tentunya. Kalau ini sampai terjadi maka akan makin berdampak amat besar bagi kesehatan manusia karena penyakit menular akan makin merajalela tanpa terkendali karena tidak bisa disembuhkan.

Baca juga : Tanggal 29 Februari 2024: Hari "Penyakit Jarang" se-Dunia

Pada 29 Juni 2022 tadi malam saya mengikuti G20 AMR Pre-event Meeting yang mengambil topik tentang peran surveilan sebagai dasar  Utama (“backbone”) pencegahan dan pengendalian AMR (“antimicrobial resistance”). Pertemuan ini merupakan persiapan dari acara puncak berupa “G20 AMR Side Event Meeting” yang akan diselenggarakan pada 24 Agustus 2022 di Bali, sehari sesudah pertemuan ke tiga “G20 Health Working Group meeting”. Kita tahu bahwa sudah dilakukan pertemuan pertama “G20 Health Working Group meeting” yang diikuti dengan side event tuberkulosis dimana saya menjadi salah seorang pembicaranya dan pertemuan ke dua bersama dengan side event One Health dimana saya menjadi Co-Chair nya.

Pertemuan “G20 AMR Pre-event Meeting” 29 Juni ini terbagi dalam dua sessi. Pertama adalah bagaimana berbagai sektor secara spesifik melakukan surveilans AMR, AMU (“antimicrobial usage”) dan AMC (“antimicrobial resistance control”), dan bagaimana kemungkinan mengintegrasikannya. Yang presentasi adalah mewakili kegiatan surveilan pada manusia dan juga di rumah sakit, surveilan pada hewan, pada perikanan (“aquaculture”) dan pada lingkungan. Di akhir sessi dibahas tentang kemungkinan target apa yang dapat dijadikan surveilan bersama, baik dalam bentuk pathogen yang spesifik, fenotipe resisten, petanda molekuler dan atau grup antimikrobial tertentu.

Baca juga : 7 penyakit Pancaroba, Beberapa penyakit yang perlu diwaspadai selama musim pancaroba ini

Pada sessi ke dua di bahas tentang bagaimana mengintegrasikan surveilan dalam cakupan “One Health”, kesehatan-satu bersama, baik dalam bentuk AMR, AMU dan AMC. Pada sessi ke dua ini disampaikan pengalaman yang sudah dilakukan selama ini dalam bentuk  “Tricycle project”, “Regional networks ReLAVRA” di Amerika dan inisiatis baru di Asia dalam bentuk ASIARSNET. Kemudian dibahas tentang faktor apa saja yang perlu diperkuat dalam surveilan ini, baik dalam bentuk kapasitas diagnostik, epidemiologi dan juga IT. Juga bagaimana metode bersama,  mengintegrasikan pengumpulan data serta analisa dan pelaporannya. Kemudian dibahas secara spesifik bagaimana G20 dapat mendukung sisiten surveilan AMR dan jejaringnya.

Semoga dunia, negara G20 dan kita di Indonesia dapat melakukan kegiatan pengendalian AMR dengan tepat, dan menjadi salah satu prioritas program kesehatan masyarakat kita.

Baca juga : PDPI 50 Tahun

 

Artikel Terkait
Tanggal 29 Februari 2024: Hari "Penyakit Jarang" se-Dunia
7 penyakit Pancaroba, Beberapa penyakit yang perlu diwaspadai selama musim pancaroba ini
PDPI 50 Tahun
Artikel Terkini
Penyelundupan 560 Liter BBM Subsidi Digagalkan Pos Siliwan Satgas Yonif 742/SWY di Perbatasan RI-RDTL
Lepas Suhajar sebagai Sekjen Kemendagri, Mendagri Apresiasi Kinerja dan Loyalitas
Purna Tugas sebagai Sekjen Kemendagri, Suhajar Sampaikan Terima Kasih kepada Mendagri dan Jajaran
Pj Bupati Maybrat hadiri Acara Pengantar Tugas Sekjen Kemendagri
Mendagri Lantik Suhajar sebagai Wakil Rektor IPDN
Tentang Kami | Kontak | Pedoman Siber | Redaksi | Iklan
legolas