INDONEWS.ID

  • Rabu, 27/07/2022 18:29 WIB
  • Malam Budaya Indonesia KBRI Maputo Sukses

  • Oleh :
    • luska
Malam Budaya Indonesia KBRI Maputo Sukses

Maputo, INDONEWS.ID - Pagelaran Malam Budaya Indonesia KBRI Maputo Sukses Memukau Gubernur Provinsi Gaza, Xai-Xai, Mozambique.

Bertempat di Ilulifemo Chongoene Resort yang terletak di kota Xai-Xai, Provinsi Gaza, Mozambique. KBRI Maputo kembali boyong Angklung dan Tarian Nusantara ke hadapan 85 tamu undangan yang dihadiri oleh Gubernur Gaza Madam Margarida Esperança Mapandzene serta para Kadin setempat, petinggi partai dan pengusaha lokal pada acara jamuan yang bertajuk (Indonesian Cultural Night) malam budaya Indonesia di distrik Chongoene, kota Xai-Xai, Provinsi Gaza di Utara Mozambique (16/7/22). 

Baca juga : Dukung Ekonomi Kreatif di Mozambique, KBRI Maputo perkenalkan teknik membatik

Duta Besar RI Maputo, dalam sambutannya mengemukakan bahwa dengan diselenggarakannya acara malam budaya Indonesia d i distrik Chongoene, kota Xai-Xai, Provinsi Gaza, Mozambique, akan lebih memperkenalkan kebudayaan Indonesia kepada para tamu undangan. Terlebih, dengan sudah 30 tahun hubungan diplomatik Indonesia-Mozambique telah berjalan, maka sudah waktunya bagi kedua negara untuk lebih dapat meningkatkan hubungan melalui people to people dan business to business contacs, terutama dalam mencermati potensi nilai perdagangan dan ekonomi bilateral kedua negara yang masih perlu ditingkatkan khususnya dengan telah diberlakukannya Preferential Trade Agreement (PTA) Indonesia dan Mozambique pada tahun 2021. Melengkapi hal itu, melalui pertunjukan seni dan budaya juga diharapkan akan dapat memperdalam pemahaman budaya kedua negara guna mendekatkan hubungan antar masyarakatnya. 

Dalam jamuan makan dan sesi diskusi berlangsung, para tamu undangan yang hadir dihibur melalui pertunjukan tarian Nusantara seperti: Tarian Kembang Kipas dari Betawi, Jali-Jali dari Betawi dan Tarian Papua yang ditampilkan oleh para remaja Mozambique hasil kerjasama dengan Pusat Budaya Indonesia KBRI Maputo. Para hadirin pun juga diajak untuk mengenal dan belajar memainkan lagu-lagu Indonesia dan Mozambique menggunakan instrumen alat kesenian tradisional Angklung yang dipandu staf KBRI Maputo. Diharapkan dengan mengenal alat kesenian tradisional Angklung tersebut, kiranya dapat menjadi penanda bagi mereka untuk dapat terus mengingat akan Indonesia sehingga ingin mengenal lebih jauh dan sebaliknya. Guna memeriahkan acara, turut ditampilkan juga video Wonderful Indonesia dalam rangka memperkenalkan Indonesia yang terdiri dari Jakarta, Aceh, Kalimantan serta Papua yang memukau dan mempesona para tamu undangan yang hadir. 

Baca juga : KBRI Maputo Kembali Perkenalkan Angklung Toel di Mozambique

Acara diakhiri dengan penyerahan cinderamata berupa kain tradisional batik oleh Duta Besar RI Maputo kepada Gubernur Gaza sebagai tanda kenangan dan bentuk simbolis yang memiliki kemiripan dengan kain khas Mozambik, Capolana. (Lka)

Baca juga : KBRI Maputo Promosikan Sate Lilit Bali di Kota Matola, 6 April 2021
Artikel Terkait
Dukung Ekonomi Kreatif di Mozambique, KBRI Maputo perkenalkan teknik membatik
KBRI Maputo Kembali Perkenalkan Angklung Toel di Mozambique
KBRI Maputo Promosikan Sate Lilit Bali di Kota Matola, 6 April 2021
Artikel Terkini
Simak Rekam Jejak dan Konsepnya! Dosen Senior IPDN "Turun Gunung" Bertarung Jadi Cabup Mamasa 2024-2029
Jet Tempur Sukhoi SU-30 MK2, Pesawat Hercules C-130 Dan Boeing 737-200 Pukau Ribuan pada Makassar International Eight Festival And Forum
Lilik Mardianto Rayakan Ulang Tahun Perkawinan dengan Sumbang Pompa Air untuk Masyarakat Waingapu Sumba Timur
Pos Kewar Satgas Yonif 742/SWY Bersama Puskesmas Weluli Berikan Asupan Gizi Kepada Anak Stunting di Perbatasan RI-RDTL
Santi Ayu Graito Kordinir UMKM hingga Berkembang
Tentang Kami | Kontak | Pedoman Siber | Redaksi | Iklan
vps.indonews.id