Nasional

KBRI Maputo Kembali Perkenalkan Angklung Toel di Mozambique

Oleh : luska - Minggu, 28/11/2021 10:49 WIB

Maputo, INDONEWS.ID - Setelah sukses memperkenalkan musik angklung toel pada acara  Mini Trade Expo dan pagelaran budaya Indonesia di salah satu Mall terbesar di ibu kota Mozambique, Maputo, yaitu, Baia Mall, pada tanggal 13-14 November lalu, KBRI Maputo kembali memboyong musik Angklung Toel untuk diperkenalkan di  kota Matola pada pagelaran budaya Indonesia di salah satu mall terbesar di kota Matola, yaitu Novare Mall, selama dua hari dari tanggal 27-28 November 2021. Selain memperkenalkan musik Angklung toel untuk membawakan lagu lagu Mozambique dan Indonesia, acara pagelaran budaya Indonesia tersebut menampilkan tari jali jali dan tari Papua yang ditarikan oleh remaja puteri Mozambique yang telah berlatih tarian tradisional Indonesia di Pusat Budaya Indonesia KBRI Maputo. Tidak ketinggalan pada acara tersebut, sejumlah produk ekspor Indonesia dari 15 perusahaan Indonesia serta baju baju batik tradisional Indonesia diperkenalkan untuk menarik minat masyarakat Mozambique membeli produk ekspor Indonesia.

Duta Besar Indonesia untuk negara Mozambique merangkap Malawi yang berkedudukan di Maputo,  Herry Sudradjat, menyampaikan bahwa  kegiatan promosi kebudayaan dan produk ekspor Indonesia merupakan terobosan lanjutan dari langkah-langkah diplomasi budaya dan ekonomi yang terus secara konsisten dijalankan oleh KBRI Maputo sejak Dubes Herry Sudradjat mulai bertugas pada akhir tahun 2020. Diharapkan melalui kegiatan promosi kebudayaan dan produk ekspor Indonesia ini akan semakin meningkatkan citra Indonesia maupun wawasan masyarakat Mozambik terhadap budaya Indonesia serta produk ekspor Indonesia. 
Kegiatan yang telah berlangsung selama dua hari tersebut telah berhasil menarik ratusan pengunjung setiap harinya, khususnya saat ditampilkan pagelaran musik Angklung Toel dan tarian tradisional Indonesia di panggung yang khusus dibangun di plasa tengah Novare Mall, kota Matola.

Beberapa pengunjung yang baru pertama kali menyaksikan tari Jali-Jali merasa kagum. Apalagi dibawakan oleh para penari Mozambican yang mempelajarinya via on-lime dgn guru tari profesional di Indonesia.

Novare Mall merupakan mal terbesar di kota Matola yang merupakan salah kota besar di Mozambik yang bertetangga dengan Ibukota negara, Maputo, dengan pengunjung pada akhir pekan biasanya 9 ribu orang dan pada akhir bulan November hingga Desember merupakan musim ramai bisa mencapai 12 ribu orang.  Sementara Kota Matola sendiri dengan populasi 1 juta jiwa lebih, merupakan kota yang tumbuh dan menuju kemajuan ekonomi yang pesat di Mozambique. (Lka)

TAGS : KBRI Maputo

Artikel Terkait