INDONEWS.ID

  • Rabu, 03/08/2022 20:12 WIB
  • Dubes Heri dan Anggota Dewan Rachmat Gobel Perkuat Peluang Kerja Sama Pertanian dan Tenaga kerja di Kota Hokota, Jepang

  • Oleh :
    • Rikard Djegadut
Dubes Heri dan Anggota Dewan Rachmat Gobel Perkuat Peluang Kerja Sama Pertanian dan Tenaga kerja di Kota Hokota, Jepang
Duta Besar Republik Indonesia (Dubes RI) untuk Jepang Heri Akhmadi dan Wakil Ketua DPR RI Koordinator Bidang Industri dan Pembangunan (Korinbang) Rachmat Gobel melakukan kunjungan kerja ke kota Hokota, Prefektur Ibaraki pada Rabu, 3 Agustus 2022.

Jakarta, INDONEWS.ID - Duta Besar Republik Indonesia (Dubes RI) untuk Jepang Heri Akhmadi dan Wakil Ketua DPR RI Koordinator Bidang Industri dan Pembangunan (Korinbang) Rachmat Gobel melakukan kunjungan kerja ke kota Hokota, Prefektur Ibaraki pada Rabu, 3 Agustus 2022. Kunjungan kerja ini dilakukan untuk memperkuat kerja sama di bidang pertanian dan tenaga kerja.

Dubes Heri Akhmadi dalam pertemuan itu menggarisbawahi potensi besar yang dimiliki Indonesia dan Hokota di bidang kerja sama pertanian, terutama alih teknologi dari Jepang untuk dapat menghasilkan produk pertanian yang memiliki kualitas setara dengan Jepang.

Baca juga : Dubes Heri Akhmadi Dorong Peran Akademisi dan Universitas di Jepang Perkuat Kerja Sama Indonesia dan Jepang

“Saya mengundang Bapak Walikota untuk berkunjung ke Indonesia dan melihat prospek kerja sama pertanian secara langsung. Kerja sama konkret di bidang pertanian sebagai sektor prioritas juga dapat menjadi salah satu highlight pada peringatan hubungan diplomatik Indonesia - Jepang pada 2023 mendatang,” ujar Dubes Heri yang dalam kunjungan ini didampingi oleh Ni Kadek Yuni Ernawati, Sekretaris Kedua Fungsi Ekonomi KBRI Tokyo.

Sementara itu, Wakil Ketua DPR RI Rachmat Gobel menekankan pentingnya kolaborasi antara Hokota dan Indonesia untuk bersama mengembangkan pertanian dengan teknologi tinggi sebagai salah satu strategi untuk menghadapi krisis pangan dan perubahan iklim.

Baca juga : Dubes Heri Akhmadi Apresiasi Tiga Pesepeda Indonesia Peserta Japanese Odyssey 2023

Walikota Hokota Kishida Kazuo dalam pertemuan itu menjelaskan, keberhasilan Hokota dalam memproduksi sayur dan buah-buahan dengan kualitas tinggi tidak lepas dari usaha keras para petani yang dilakukan sejak 60 tahun yang lalu.

Di akhir pertemuan dilakukan pertukaran cindera mata berupa produk pertanian unggulan kedua pihak yaitu kopi dari daerah Lampung dan buah melon Hokota.

Baca juga : Dubes Heri Akhmadi dan Menteri PUPR Tinjau Tahap Akhir Pembangunan Gedung KBRI Tokyo

Kota Hokota merupakan penghasil produk sayur dan buah-buahan nomor satu di Jepang dengan kualitas premium. Produksi utama di antaranya berupa stroberi, melon, wortel, ubi jalar.*

Artikel Terkait
Dubes Heri Akhmadi Dorong Peran Akademisi dan Universitas di Jepang Perkuat Kerja Sama Indonesia dan Jepang
Dubes Heri Akhmadi Apresiasi Tiga Pesepeda Indonesia Peserta Japanese Odyssey 2023
Dubes Heri Akhmadi dan Menteri PUPR Tinjau Tahap Akhir Pembangunan Gedung KBRI Tokyo
Artikel Terkini
Buka SPM Awards 2024, Wamendagri Dorong Pemda Berikan Pelayanan Optimal bagi Masyarakat
Mendagri Minta Pemda Lakukan Terobosan Peningkatan Pendapatan Asli Daerah
Tingkatkan Penjualan dengan Chatbot WhatsApp CRM dari Kommo: Bisnis Monoton? Perbaiki dan Berikan Inovasi Baru Melalui Komunikasi!
DR Rizal Sukma Terpilih menjadi Anggota Board of Advisers International IDEA
Panglima TNI Hadiri Rapat Koordinasi Teknis Kesehatan TNI Tahun 2024
Tentang Kami | Kontak | Pedoman Siber | Redaksi | Iklan
legolas