INDONEWS.ID

  • Sabtu, 06/08/2022 19:00 WIB
  • Menteri Agraria dan Tata Ruang/Kepala Badan Pertanahan Nasional Audiensi dengan Ikatan Ahli Perencanaan (IAP) Indonesia

  • Oleh :
    • luska
Menteri Agraria dan Tata Ruang/Kepala Badan Pertanahan Nasional Audiensi dengan Ikatan Ahli Perencanaan (IAP) Indonesia

Jakarta, INDONEWS.ID - Menteri Agraria dan Tata Ruang/Kepala Badan Pertanahan Nasional (ATR/BPN), Hadi Tjahjanto menerima audiensi Ikatan Ahli Perencanaan (IAP) Indonesia di Ruang Rapat Menteri, Kantor Kementerian ATR/BPN, Jakarta, Jumat (05/08/2022). Pertemuan ini membahas terkait percepatan dan peningkatan kualitas layanan tata ruang dan pertanahan. 

Hadi Tjahjanto mendukung kerja sama dengan pihak profesional dalam rangka mempercepat penyusunan Rencana Detail Tata Ruang (RDTR) sebagai dasar _Online Single Submission_ (OSS), yang merupakan upaya pemerintah untuk memberikan kemudahan dalam berinvestasi. Menurutnya, IAP juga dapat bersinergi dengan kebijakan pemerintah daerah untuk bisa mengatur kota secara lebih baik. 

Baca juga : IKANOT UNDIP Kukuhkan Kepengurusan periode 2023-2027, Menteri Agraria Hadi Tjahjanto: Terima Kasih, 80 Persen Pekerjaan Saya Terbantu

IAP juga diharapkan dapat mendorong peningkatan nilai tambah lahan melalui Rencana Tata Ruang agar masyarakat bisa memperoleh nilai optimum dari perencanaannya. Menteri ATR/Kepala BPN mengatakan bahwa hal ini sejalan dengan keinginan Presiden Joko Widodo untuk menyejahterakan masyarakat dalam setiap pembangunan yang dilakukan pemerintah, terutama Ibu Kota Negara (IKN) Nusantara.

Selanjutnya, dalam rangka pembangunan IKN, IAP terus memberikan masukan substantif agar proses pembangunan IKN mengikuti kaidah dan standar perencanaan yang handal. Dalam hal ini termasuk menyarankan tahap awal untuk memperkuat _clear and clean_ status lahan IKN dan menyiapkan RDTR IKN sebagai basis OSS. 

Hadir dalam audiensi ini, Ketua Umum IAP Indonesia, Andy Simarmata beserta jajaran; Direktur Jenderal Tata Ruang Kementerian ATR/BPN, Gabriel Triwibawa; Kepala Biro Hubungan Masyarakat Kementerian ATR/BPN, Yulia Jaya Nirmawati; dan Juru Bicara Kementerian ATR/BPN, T. Hari Prihatono. (Lka)

 

Artikel Terkait
IKANOT UNDIP Kukuhkan Kepengurusan periode 2023-2027, Menteri Agraria Hadi Tjahjanto: Terima Kasih, 80 Persen Pekerjaan Saya Terbantu
Artikel Terkini
Pj Bupati Maybrat Jajaki Kerjasama dengan Asdep Pengembangan Logistik Nasional
Bupati Tanah Datar Temui Dirjen Bina Marga Kementerian PUPR RI
Sidang Ketiga Gugatan 11 Triliun, Kemenkeu dan Bank Indonesia Hadir Tanpa Kelengkapan Administrasi
UU DKJ, Masa Depan Jakarta Sebagai Pusat Perdagangan Global
Kementerian PANRB Segera Gelar Pemantauan Keberlanjutan dan Replikasi Inovasi Pelayanan Publik
Tentang Kami | Kontak | Pedoman Siber | Redaksi | Iklan
legolas