INDONEWS.ID

  • Sabtu, 13/08/2022 07:25 WIB
  • Meriahkan Peringatan HUT RI ke-77, Batik Indonesia Dipamerkan di Kota Moskow

  • Oleh :
    • luska
Meriahkan Peringatan HUT RI ke-77, Batik Indonesia Dipamerkan di Kota Moskow

Moskow, INDONEWS.ID - Dalam rangka Peringatan HUT ke-77 Kemerdekaan Republik Indonesia, KBRI Moskow berkolaborasi dengan Galeri Davydkovo menggelar pameran Batik Indonesia bertajuk “Seni Batik Indonesia” yang berlangsung pada tanggal 10 Agustus hingga 4 September 2022.

Pelaksanaan pameran dibuka pada tanggal 10 Agustus 2022 oleh Duta Besar RI untuk Federasi Rusia merangkap Republik Belarus, Jose Tavares, dengan didampingi Direktur Galeri Davydkovo, Eva Maria Koka. Dalam sambutan pembukaan, Dubes Tavares, menjelaskan bahwa teknik dan seni membatik telah ada di Indonesia sejak abad ke-18 dan saat ini telah menjadi kekayaan budaya untuk dunia. “Dikarenakan teknik pembuatannya yang unik serta nilai budayanya yang tinggi, UNESCO pada 2 Oktober 2009 menetapkan batik sebagai warisan budaya lisan dan nonbenda asal Indonesia dan Pemerintah Indonesia menetapkan tanggal 2 Oktober sebagai Hari Batik Nasional,” pungkas Dubes Tavares.

Baca juga : Musik Gamelan Menggema di Eurasian Music Festival 2023 di Taman Kota Moskow

Mengakhiri sambutannya, Dubes Tavares menyampaikan harapan agar pelaksanaan pameran “Seni Batik Indonesia” di Galeri Davydkovo tidak hanya meningkatkan promosi budaya Indonesia di Rusia tetapi juga semakin mempererat hubungan people-to-people antara masyarakat kedua negara. Secara khusus, Dubes Tavares mendorong Friends of Indonesia di Rusia, khususnya pemerhati dan pecinta seni budaya Indonesia untuk mengenal lebih jauh tentang Batik Indonesia dan kekayaan seni yang terkandung di dalamnya dengan berkunjung ke Indonesia, khususnya daerah-daerah yang menjadi pusat perkembangan seni dan industri batik, antara lain: Daerah Istimewa Yogyakarta dan Jawa Tengah (Solo dan Pekalongan).

Kurator Galeri Davydkovo, Alyona Borshagovskaya menyatakan sangat kagum akan keindahan batik yang dipamerkan karena keceriaan warna dan motif yang menunjukan nilai budayanya yang tinggi. Di galeri ini juga terpelihara dengan baik banyak kain batik, wayang golek, wayang kulit, keris, dan benda budaya Indonesia lainnya milik sejumlah kolektor dan keluarga di Rusia. “Saya berharap semoga warisan budaya Indonesia ini dapat ikut melestarikan hubungan dan kesepahaman antara masyarakat Indonesia dan Rusia,” ujar Alyona, yang juga merupakan menantu dari almarhum Raden Intojo, seorang sastrawan asal Tulungagung dan pengajar di sejumlah universitas di Moskow, yang turut memamerkan koleksi kain Batik Indonesia warisan keluarga Intojo, bersama dengan koleksi batik dari Ibu Fitria Wibowo Tavares, istri Duta Besar RI untuk Federasi Rusia merangkap Republik Belarus.

Baca juga : Pameran Batik dan Pagelaran Budaya Indonesia Meriahkan Ulang Tahun Kota Vologda Rusia

Pameran menampilkan 34 kain Batik yang berasal dari berbagai daerah di Indonesia. Selain itu ditampilkan koleksi wayang Indonesia yang memakai pakaian dari kain Batik dan foto-foto mengenai sejarah dan proses membatik di Indonesia. Penampilan khusus Tari “Genjring” dari Jawa Barat oleh penari Indonesia dan Rusia dari sanggar tari binaan KBRI Moskow “Kirana Nusantara Dance Moscow” turut memeriahkan malam pembukaan pameran. Sebanyak 160 orang tamu undangan yang merupakan diaspora Indonesia, Indonesianis, Friends of Indonesia, perwakilan berbagai galeri seni di kota Moskow, dan media setempat menghadiri acara pembukaan.

Para hadirin yang hadir sangat terkesan dengan Batik Indonesia dan menyatakan pameran ini semakin membuka wawasan mengenai tingginya budaya Indonesia. “Mudah-mudahan suatu hari nanti saya dan keluarga bisa berkunjung ke Indonesia dan melihat sendiri bagaimana batik dibuat dan juga menyaksikan keindahan alam Indonesia,” ujar seorang undangan bernama Mikhail.

Baca juga : Seni Budaya Jawa Tampil di Tchaikovsky Comservatory, Moskow

Penyelenggaraan pameran merupakan program kolaborasi perdana yang dilaksanakan oleh galeri bersama dengan KBRI Moskow. Pembina galeri dan pemilik galeri sangat mengapresiasi kolaborasi yang dilaksanakan dan menyampaikan keinginan untuk bekerja sama lebih lanjut guna memperkenalkan seni budaya Indonesia kepada masyarakat Rusia. Galeri Davydkovo (sebelumnya bernama Galeri Abad ke-21) sendiri dibuka pada tahun 1986 dan memiliki reputasi yang baik di lingkungan profesional Moskow. Saat ini, Galeri Davydkovo merupakan salah satu pusat atraksi budaya bagi komunitas kreatif profesional dan masyarakat Moskow yang tertarik dengan peristiwa terkini di dunia seni kontemporer. (Lka)

Artikel Terkait
Musik Gamelan Menggema di Eurasian Music Festival 2023 di Taman Kota Moskow
Pameran Batik dan Pagelaran Budaya Indonesia Meriahkan Ulang Tahun Kota Vologda Rusia
Seni Budaya Jawa Tampil di Tchaikovsky Comservatory, Moskow
Artikel Terkini
Elit Demokrat Ardy Mbalembout Mengutuk Keras Aksi Penyerangan Mahasiswa Saat Berdoa di Tangsel
Penutupan Pabrik Sepatu Bata di Purwakarta Bagian dari Strategi Bisnis untuk Fokus pada Lini Penjualan
Presiden Jokowi Masih Kaji Calon Pansel KPK yang Sesuai Harapan Masyarakat
Tumbuh Untuk Menginspirasi: PNM Berikan Pelatihan Literasi Keuangan Digital Serta Kegiatan Tanggung Jawab Sosial
Strategi Sukses dalam Mengimplementasikan HRIS di Perusahaan
Tentang Kami | Kontak | Pedoman Siber | Redaksi | Iklan
legolas