INDONEWS.ID

  • Rabu, 17/08/2022 21:23 WIB
  • Semangat Gotong Royong Menjadi Daya Ungkit Percepatan Pemulihan Negeri

  • Oleh :
    • very
Semangat Gotong Royong Menjadi Daya Ungkit Percepatan Pemulihan Negeri
Presiden Jokowi. (Foto: Presideninfo)

Jakarta, INDONEWS.ID - Rektor Universitas Gadjah Mada Ova Emilia menilai Presidensi G20 Tahun 2022 menjadi bukti Indonesia mampu mengawali semangat pulih lebih cepat dan bangkit lebih kuat sesuai tema HUT Ke-77 Kemerdekaan RI.

"Presidensi G20 Tahun 2022 setidaknya menjadi bukti, bagaimana Indonesia mengawali semangat untuk pulih lebih cepat dan bangkit lebih kuat," kata Ova saat memberikan sambutan dalam upacara memperingati HUT Ke-77 Kemerdekaan RI di halaman Balairung UGM, Yogyakarta, Rabu.

Menurut Ova, kekuatan dan ketangguhan untuk bangkit dengan semangat gotong royong yang melambangkan semangat persatuan dan sinergi antarlini menjadi daya ungkit percepatan pemulihan negeri.

Bangkit serta pulih lebih cepat, kata Ova, ditunjukkan Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset, dan Teknologi dalam menjalin kolaborasi global, bergotong royong memulihkan, serta membangkitkan sistem pendidikan sehingga menjadi angin segar bagi ekosistem pembelajaran di Indonesia.

"Kurikulum Merdeka dan platform Merdeka Mengajar, program mahasiswa magang atau belajar di luar kampus, perluasan program beasiswa, serta dukungan pendanaan bagi seniman dan pelaku budaya menjadi perca-perca terobosan 21 episode Merdeka Belajar," katanya seperti dikutip Antaranews.com.

Sesuai pidato Mendikbudristek dalam sambutannya untuk memperingati Kemerdekaan Republik Indonesia ke-77, katanya, semua anak Indonesia harus bisa merasakan kemerdekaan sebenarnya, yakni kemerdekaan untuk bisa belajar dengan bahagia.

Ova mengatakan, semua mahasiswa harus berkarya tanpa hambatan dan berlari menuju masa depan dengan penuh keberanian sebagai pelajar Pancasila.

Baca juga : Yayasan Tunggadewi: Bangga dengan Semangat Gotong Royong Masyarakat Membantu Pemerintah Melawan Virus Corona

Sebelumnya, Presiden Joko Widodo menyinggung soal tingginya kepercayaan internasional terhadap Indonesia. Hal ini terlihat dari berbagai pencapaian, seperti Indonesia dipercaya oleh PBB sebagai Champions dari Global Crisis Responses Group untuk penanganan global.

"Kepercayaan internasional terhadap Indonesia meningkat tajam. Tahun ini kita menjadi Presidensi G20, organisasi 20 negara ekonomi terbesar di dunia," ujar Joko Widodo dalam Sidang Tahunan MPR dan Sidang Bersama DPR dan DPD 2022 di Gedung Parlemen, Jakarta, Selasa (16/8).

Tahun depan, Indonesia juga ditunjuk sebagai tuan rumah ASEAN Summit 2023 di Labuan Bajo, Nusa Tenggara Timur (NTT). "Artinya, kita berada di puncak kepemimpinan global dan memperoleh kesempatan besar untuk membangun kerja sama internasional," kata Presiden. ***

 

Baca juga : Di Hari Kebangkitan Nasional, Dirut PNM: Semangat Gotong Royong Belum Renta
Artikel Terkait
Yayasan Tunggadewi: Bangga dengan Semangat Gotong Royong Masyarakat Membantu Pemerintah Melawan Virus Corona
Di Hari Kebangkitan Nasional, Dirut PNM: Semangat Gotong Royong Belum Renta
Artikel Terkini
Tidak Simpang Siur, Pemerintah Diminta Jelaskan Penerapan KRIS Secara Komprehensif
Menko Airlangga dan Dubes Lee Sang Deok Bahas Penguatan Kerja Sama Hingga Rencana Kunjungan Kerja ke Korea Selatan
PTPN IV Regional 4 Sebar 900 Paket Sembako di Sumbar dan Jambi
Pj Bupati Maybrat Lakukan Kunjungan ke SMPN 2 Aifat
Sari Ater Bangun Cable Car Perkuat Daya Tarik Wisatawan
Tentang Kami | Kontak | Pedoman Siber | Redaksi | Iklan
legolas