INDONEWS.ID

  • Selasa, 23/08/2022 19:29 WIB
  • Perayaan HUT ke-77 Kemerdekaan Republik Indonesia Berlangsung Meriah di Moskow

  • Oleh :
    • luska
Perayaan HUT ke-77 Kemerdekaan Republik Indonesia Berlangsung Meriah di Moskow

Moskow, INDONEWS.ID - Setelah hampir 2 tahun vakum akibat pandemi Covid-19, perayaan hari ulang tahun (HUT) Kemerdekaan Republik Indonesia (RI) kembali diselenggarakan KBRI Moskow dengan semangat kemeriahan pada tahun 2022 ini. Pelaksanaan seluruh rangkaian kegiatan perayaan HUT ke-77 Kemerdekaan RI di Federasi Rusia mengusung tema yang diusung secara nasional yaitu “Pulih Lebih Cepat, Bangkit Lebih Kuat”.

Pertandingan Olahraga Selama Sebulan Penuh

Baca juga : Musik Gamelan Menggema di Eurasian Music Festival 2023 di Taman Kota Moskow

Rangkaian kegiatan perayaan HUT ke-77 Kemerdekaan RI di Federasi Rusia diawali dengan pertandingan olahraga yang dimulai pada tanggal 6 Juli 2022 dan berlangsung selama selama sebulan penuh. Seluruh pertandingan olahraga dalam rangka perayaan HUT ke-77 Kemerdekaan RI diselenggarakan di ibukota Moskow. Cabang-cabang olahraga yang dipertandingkan antara lain: tenis meja, bola voli, bulutangkis, dan sepakbola mini (mini soccer).

Pertandingan olahraga dalam rangka perayaan HUT ke-77 Kemerdekaan RI ini tidak hanya diikuti oleh berbagai komponen Warga Negara Indonesia (WNI) dan Diaspora Indonesia di kota Moskow, tetapi juga oleh warga Rusia dan Warga Negara Asing (WNA) lainnya. Beberapa diantaranya bahkan keluar sebagai pemenang pertama, antara lain: Laos (mini soccer wanita), Myanmar (mini soccer pria) dan Viet Nam (bulutangkis pria dan bulutangkis wanita).

Baca juga : Pameran Batik dan Pagelaran Budaya Indonesia Meriahkan Ulang Tahun Kota Vologda Rusia

Upacara Peringatan Detik-Detik Proklamasi di KBRI Moskow

Puncak kegiatan perayaan HUT ke-77 Kemerdekaan RI berlangsung pada tanggal 17 Agustus 2022 dan diawali dengan pelaksanaan Upacara Pengibaran Bendera Merah Putih dalam rangka Peringatan Detik-Detik Proklamasi.

Baca juga : Seni Budaya Jawa Tampil di Tchaikovsky Comservatory, Moskow

Upacara bendera berlangsung di pelataran halaman gedung KBRI Moskow dan dipimpin oleh Inspektur Upacara, Duta Besar Luar Biasa dan Berkuasa Penuh RI untuk Federasi Rusia merangkap Republik Belarus, Jose Tavares. Pelaksanaan upacara berlangsung dengan menerapkan protokol kesehatan, sesuai dengan arahan Pusat mempertimbangkan situasi pandemi yang masih memerlukan kehati-hatian.

Penyelenggaraan upacara bendera disemarakkan dengan warna-warni pakaian nasional dan baju adat dari berbagai daerah di Indonesia, yang menjadi dress code dari seluruh peserta upacara yang hadir.

Dubes Jose Tavares yang mengenakan pakaian adat khas Rote-Sabu, NTT, dalam amanat upacara menyatakan bahwa perayaan HUT ke-77 Kemerdekaan RI pada tahun 2022 masih diselenggarakan dalam situasi yang “tidak biasa” dikarenakan pandemi Covid-19 yang belum sepenuhnya berlalu, dinamika situasi geopolitik dan instabilitias perekonomian global. “Kondisi yang saat ini dihadapi dunia global merupakan situasi yang penuh tantangan, antara lain: krisis pangan, krisis energi dan krisis keuangan,” pungkas Dubes Tavares.

Dubes Tavares lebih lanjut menyampaikan bahwa situasi yang “tidak biasa” tersebut kiranya tidak membuat seluruh elemen komponen bangsa menjadi gentar untuk mewujudkan agenda besar dan cita-cita besar bangsa menuju Indonesia Maju. Secara khusus, Dubes Tavares menggarisbawahi 4 (empat) kekuatan yang dimiliki Indonesia untuk terus mengupayakan tercapainya Indonesia Maju, yaitu: kuatnya kerja sama seluruh elemen masyarakat dan lembaga negara dalam menghadapi pandemi, sumber daya alam melimpah yang dikelola secara bijak, bonus demografi yang didominasi generasi muda usia produktif dan daya beli masyarakat yang terus meningkat adalah motor penggerak perekonomian nasional dalam menghadapi kompetisi global.

Dalam akhir amanatnya, Dubes Tavares meminta kepada seluruh masyarakat Indonesia di Federasi Rusia untuk memberikan konstribusinya, memiliki komitmen kuat, bekerja keras, berinovasi dan kreatif sesuai profesi kita masing-masing untuk mewujudkan agenda besar dan cita-cita menuju Indonesia Maju.

Sebanyak 100 orang peserta upacara yang terdiri atas: seluruh pejabat/staf KBRI Moskow beserta anggota keluarga, perwakilan WNI (mahasiswa, pekerja migran) dan Diaspora Indonesia khidmat mengikuti jalannya upacara yang berlangsung di bawah cuaca yang sejuk dan cerah.

Peserta yang hadir dan mengikuti upacara di KBRI Moskow sebagian besar berdomisili di kota Moskow. Namun demikian, turut hadir sejumlah WNI dan Diaspora Indonesia yang berdomisili di kota-kota lainnya di Rusia. Salah satunya adalah Pastor Baltasar Lukem SVD, seorang rohaniwan Indonesia yang berkarya di kota St. Petersburg, berjarak 700 kilometer dari ibukota Moskow. “Saya tidak mau melewatkan momen sakral Upacara Pengibaran Bendera Merah Putih dalam rangka Peringatan Detik-Detik Proklamasi di Rusia, yang sudah hampir 2 tahun ini tidak dapat saya ikuti dikarenakan situasi pandemic,” ujar Pastor Baltasar.

Rela Menempuh 16 Jam Naik Kereta Api untuk Hadiri Upacara Bendera di KBRI Moskow

Pelaksanaan Upacara Pengibaran Bendera Merah Putih dalam rangka Peringatan Detik-Detik Proklamasi juga menarik minat warga Rusia, Anastasia Fedotova, asal kota Saratov, yang terletak 1.054 kilometer dari ibukota Moskow.

Anastasia, merupakan seorang wartawan pada kantor berita Saratov24.TV dan saat ini juga merupakan pelajar program Bahasa Indonesia untuk Penutur Asing (BIPA) yang diselenggarakan oleh KBRI Moskow bekerja sama dengan Kemendikbudristek RI, rela menempuh 16 jam perjalanan naik kereta api dari kota kediamannya di Samara, untuk dapat mengikuti upacara di KBRI Moskow.

“Saya gembira sekali akhirnya berkesempatan untuk mengikuti dan mengetahui Upacara Bendera yang dilaksanakan dalam rangka Peringatan Kemerdekaan Republik Indonesia di Moskow. Sejak belajar BIPA pada tahun 2021, salah satu bucket list saya adalah menghadiri Upacara Bendera Kemerdekaan RI,” ujar Anastasia dengan mata berbinar.

Anastasia mengungkapkan bahwa ini merupakan kali pertamanya bisa bertemu secara langsung dengan banyak orang Indonesia dan dapat mempraktekkan pembelajaran Bahasa Indonesia yang telah diperolehnya selama ini. “Saya sudah jatuh cinta dengan Indonesia. Bonus saya sangat banyak hari ini, tidak hanya berkesempatan berbahasa Indonesia, tetapi juga bisa melihat banyak pakaian tradisional Indonesia yang cantik dan berfoto dengan Bapak Duta Besar,” pungkas Anastasia.

Konser Budaya dan Musik Indonesia menjadi Pamungkas Peringatan HUT ke-77 Kemerdekaan RI di Moskow.

Puncak acara peringatan HUT ke-77 Kemerdekaan RI di Moskow adalah pelaksanaan Konser Budaya dan Musik Indonesia yang berlangsung pada tanggal 17 Agustus 2022 di Taman Hermitage Kota Moskow. Konser yang berlangsung mulai pukul 15.30 – 20.00 waktu setempat berlangsung meriah. Tercatat sebanyak 500 orang yang terdiri atas, WNI, Diaspora Indonesia, tamu undangan khusus, korps diplomatik di Moskow, warga Rusia dan WNA lainnya hadir dan larut dalam kegembiraan konser dari awal hingga usai. (Lka)

 

 

Artikel Terkait
Musik Gamelan Menggema di Eurasian Music Festival 2023 di Taman Kota Moskow
Pameran Batik dan Pagelaran Budaya Indonesia Meriahkan Ulang Tahun Kota Vologda Rusia
Seni Budaya Jawa Tampil di Tchaikovsky Comservatory, Moskow
Artikel Terkini
Sudah Dibatalkan MK, Partai Buruh Akan Gugat Aturan Pencalonan Pilkada
Update Banjir Bandang di Agam, Korban Meninggal 19 Orang
KNKT Minta Semua Pihak Buat Rencana Perjalanan Wisata yang Baik dan Bijak
Akibat Banjir Bandang Di Tanah Datar, 8 warga Tewas dan 12 Orang Masih dinyatakan hilang
Pj Gubernur Agus Fatoni Lepas Keberangkatan 445 Jemaah Calon Haji Kloter Pertama Embarkasi Palembang
Tentang Kami | Kontak | Pedoman Siber | Redaksi | Iklan
legolas