INDONEWS.ID

  • Senin, 29/08/2022 18:39 WIB
  • Pelaksanaan Pilkades Serentak Kabupaten Tanjung Jabung Barat

  • Oleh :
    • luska
Pelaksanaan Pilkades Serentak Kabupaten Tanjung Jabung Barat

Jakarta, INDONEWS.ID - Kabupaten Tanjung Jabung Barat Provinsi Jambi melaksanakan pilkades serentak pada 43 desa di 13 kecamatan dan diikuti oleh 141 calon kepala desa, 130 calon kepala desa laki-laki dan 11 calon kepala desa perempuan, dengan jumlah DPT sebanyak 51.802 pemilih yang tersebar di 155 TPS. 

Pelaksanaan Pemilihan Kepala Desa serentak di Kabupaten Tanjung Jabung Barat sudah menyesuaikan regulasi melalui Peraturan Daerah Nomor 3 Tahun 2022 tentang Perubahan Kedua Atas Peraturan Daerah Nomor 4 Tahun 2015 tentang Pemilihan Kepala Desa yang di dalamnya telah mengatur mengenai penerapan protokol kesehatan dan pembatasan DPT maksimal 500 orang per TPS. Sementara, keadaan yang terkendali dalam penanganan Covid-19 di Kabupaten Tanjung Jabung Barat sudah dinyatakan dalam Surat Bupati Tanjung Jabung Barat Nomor 141/1664/BAPD/PMD/2022 tanggal 16 Agustus 2022 hal Laporan Kesiapan Pemilihan Kepala Desa Serentak Kab. Tanjung Jabung Barat Tahun 2022.

Baca juga : Sudah Dibatalkan MK, Partai Buruh Akan Gugat Aturan Pencalonan Pilkada

Kementerian Dalam Negeri melalui Direktorat Jenderal Bina Pemerintahan Desa melakukan pemantauan secara virtual untuk melihat praktek langsung dari penerapan protokol kesehatan selama pilkades serentak di Kabupaten Tanjung Jabung Barat. Secara umum, berdasarkan laporan dari tim pemantau daerah di TPS desa sampel bahwa proses pemungutan suara sudah sesuai dengan Peraturan Menteri Dalam Negeri Nomor 72 Tahun 2020 dimana pada TPS tersebut sudah menyediakan sarana cuci tangan, thermo gun, sarung tangan sekali pakai hingga penyemprotan disinfektan secara berkala.

Direktur Jenderal Bina Pemerintahan Desa, Yusharto Huntoyungo memberikan arahan agar Pemerintah Kabupaten Tanjung Jabung Barat untuk tidak lengah dan tetap waspada serta menerapkan protokol kesehatan yang ketat terutama dalam kegiatan yang melibatkan orang banyak. Yusharto berharap agar pelaksanaan pilkades di Kabupaten Tanjung Jabung Barat sukses tanpa ekses dan menghasilkan para kepala desa yang amanah, bertanggung jawab, dan mampu mensejahterakan warga masyarakat di desanya. (Lka)
 

Baca juga : Terus Bermanuver Menuju Pilkada NTT, Cagub Ardy Mbalembout dan Irjen Jonny Asadoma Gelar Pertemuan Tertutup di Jakarta
Artikel Terkait
Sudah Dibatalkan MK, Partai Buruh Akan Gugat Aturan Pencalonan Pilkada
Terus Bermanuver Menuju Pilkada NTT, Cagub Ardy Mbalembout dan Irjen Jonny Asadoma Gelar Pertemuan Tertutup di Jakarta
Buka Musrenbang Provinsi Papua Barat, Wamendagri Ingatkan Pentingnya Sukseskan Pilkada Serentak
Artikel Terkini
Kak Wulan Bikin Petani Mawar Nganjuk Punya Harapan Baru
PNM Peduli, Gerak Cepat Bantu Bencana Banjir Bandang dan Lahar Dingin Sumatera Barat
Pj Bupati Maybrat Sambut Kedatangan Tim Badan Nasional Penanggulangan Bencana
Tips Memilih Jasa Pengurusan Visa
Rekomendasi Jasa Penerjemah Tersumpah Terbaik di Jabodetabek
Tentang Kami | Kontak | Pedoman Siber | Redaksi | Iklan
legolas