INDONEWS.ID

  • Kamis, 08/09/2022 09:59 WIB
  • Peran Besar PNM dalam Pemulihan Ekonomi Nasional

  • Oleh :
    • Rikard Djegadut
Peran Besar PNM dalam Pemulihan Ekonomi Nasional
Dua Menteri Jokowi Ini Saksikan Langsung Kegiatan Pelatihan Nasabah PNM Mekaar Cepu, Blora

Jakarta, INDONEWS.ID -  PT Permodalan Nasional Madani atau PNM, sebuah perusahaan pembiayaan pelat merah memiliki peran besar dalam menggerakan sektor usaha mikro dan kecil (UMK), sehingga perekonomian nasional pulih usai dihantam badai pandemi covid-19.  

Demikian dikatakan Anggota Komisi VI DPR RI, Ananta Wahana ketika menyampaikan laporannya saat kegiatan Pemasyarakatan Konsultasi Bisnis Bagi Wirausaha Kementerian Koperasi dan UMK Deputi Bidang Kewirausahaan di Horison Grand Serpong, Kota Tangerang, Banten, Rabu (7/9/22).

Baca juga : Tumbuh Untuk Menginspirasi: PNM Berikan Pelatihan Literasi Keuangan Digital Serta Kegiatan Tanggung Jawab Sosial

Dalam kegiatan yang diikuti ratusan petugas PNM Tangerang Raya itu, Ananta menyebut dalam periode panjang pandemi, kekuatan ekonomi informal yaitu UMKM menjadi bantalan ekonomi nasional dan pada periode sekarang terjadi pergeseran besar-besaran dari sektor formal ke informal.

Di sinilah, lanjutnya, peran penting PNM dalam memberikan solusi bantuan modal bagi usaha rakyat kecil, dengan bunga sangat ringan hingga menjangkau pelosok-pelosok, telah memperkuat sektor UMKm dan memperkokoh ketahanan ekonomi secara nasional.

Baca juga : PNM Mekaar Beri Reward Ketua Kelompok Unggulan Studi Banding Olahan Jamu Tradisional

“Seperti biasanya, sektor informal menjadi senjata pertahanannya. Pergeseran besar-besaran dari sektor formal ke informal. Dan PNM telah mendorong sektor UMK tumbuh luar biasa menjadi bantalan ekonomi nasional,” ungkap Ananta.

Menurut Ananta, dampak pandemi Covid-19 secara global, yang juga terjadi di Indonesia sejak awal 2020 telah meluluhlantakan semua sendi kehidupan.

Baca juga : PNM Berikan Ruang Bakat dan Silaturahmi Karyawan Lewat Event SEHATI

Namun, pandemi di Indonesia dampaknya tidak seburuk yang terjadi seperti di banyak belahan dunia lain, karena ada semangat gotong royong holopis kuntul baris yang tumbuh di masyarakat.

Selanjutnya, Anggota DPR RI Dapil Banten III itu menyampaikan, bahwa terlepas dari hal di atas, tetap berakibat tambahnya jumlah masyarakat miskin.

Di Tangerang Raya, khususnya Kota Tangerang Selatan pada 2019 jumlah masyarakat miskin dari 36 ribu menjadi 45 ribu jiwa di 2021. Kota Tangerang dari 98 ribu menjadi 135 ribu jiwa, dan Kabupaten Tangerang dari 193 ribu menjadi 273 ribu jiwa di tahun yang sama.

“Memang, ekonomi perlahan mulai pulih seiring dengan berjalannya kembali kegiatan ekonomi. Namun, saat ini terdapat ancaman baru karena terjadi krisis pangan dan energi global. Pemerintah pun telah menaikan harga BBM bersubsidi sekitar 30 persen yang berpotensi akan berakibat inflasi 6 persen,” ujarnya.

“Kondisi di atas, membuat mitra-mitra Komisi VI DPR RI berpikir keras untuk ikut berperan serta memecahkan persoalan itu,” imbuhnya.

Misalnya, diantaranya holding ultra mikro (PNM, Pegadaian dan BRI) dan juga Kementerian Koperasi UMK akan sangat penting peran sertanya.

Sementara itu, Pimpinan PNM Cabang Tangerang, Andrea Prasetya menjelaskan, bahwa hingga saat ini secara nasional jaringan kantor layanan PNM berjumlah 3.673 kantor di 34 provinsi, 422 kabupaten/kota, dan 5.640 kecamatan.

Untuk PNM Cabang Tangerang, kata Andrea, saat ini untuk Kabupaten Tangerang memiliki jumlah pendamping nasabah 720 orang, jumlah kelompok 7.339, dan jumlah nasabah 156.206 orang.

Untuk Kota Tangerang jumlah pendamping sebanyak 167 orang, jumlah kelompok 2.037, dan jumlah nasabah 39.851 orang.

“Dan terakhir Kota Tangsel yaitu ada 115 pendamping dengan jumlah kelompok 1.485, sementara nasabahnya 24.48 orang,” ungkapnya.*

Artikel Terkait
Tumbuh Untuk Menginspirasi: PNM Berikan Pelatihan Literasi Keuangan Digital Serta Kegiatan Tanggung Jawab Sosial
PNM Mekaar Beri Reward Ketua Kelompok Unggulan Studi Banding Olahan Jamu Tradisional
PNM Berikan Ruang Bakat dan Silaturahmi Karyawan Lewat Event SEHATI
Artikel Terkini
Prof Dr H Yulius SH MH Ketua Kamar TUN Mahkamah Agung Diwawancara Ekslusif Majalah MATRA
Dorong Ekonomi Nasional Lebih Transformatif, Menko Airlangga Jalin Kerja Sama Global
PLBN Motamasin Terima Kunjungan Konsulat Timor Leste, Bahas Isu Keimigrasian Antarnegara
Menteri Harus Mampu Membaca Tanda-tanda Zaman untuk Menggerakan Semangat Indonesia
MRP Desak Presiden Jokowi Pastikan Cakada 2024 Se-Tanah Papua Diisi Orang Asli Papua (OAP)
Tentang Kami | Kontak | Pedoman Siber | Redaksi | Iklan
legolas