INDONEWS.ID

  • Senin, 12/12/2022 08:49 WIB
  • Mendagri: Acara Pernikahan Kaesang-Erina Dorong Perekonomian dan Lestarikan Budaya di Solo

  • Oleh :
    • luska
Mendagri: Acara Pernikahan Kaesang-Erina Dorong Perekonomian dan Lestarikan Budaya di Solo

Jakarta, INDONEWS.ID - Menteri Dalam Negeri (Mendagri) Muhammad Tito Karnavian memuji acara pernikahan putra bungsu Presiden Jokowi Kaesang Pangarep dengan Erina Gudono karena telah mendorong perekonomian di Solo dan sekitarnya. Dari sudut pandang Kementerian Dalam Negeri (Kemendagri), Mendagri mengatakan acara pernikahan Kaesang-Erina adalah gelaran yang dapat menciptakan geliat perekonomian baru di berbagai bidang, sehingga mampu meningkatkan Pendapatan Asli Daerah (PAD). 

“Saya tahu bahwa hotel-hotel penuh, kemudian juga pesawat penuh ya, restoran-restoran juga penuh. Ini otomatis UMKM seperti ini, ini juga laris, laku, itu menghidupkan ekonomi. Ini apresiasi saya untuk terutama untuk panitia dan Mas Gibran, ini akan memacu ekonomi di Solo,” katanya di Pura Mangkunegaran, Solo, Minggu (11/12/2022) malam.

Baca juga : Sebelas Anjing Ras K9 Ikut Terlibat Dalam Pengamanan Tasyakuran Kaesang dan Erina

Sebagaimana diketahui, Kaesang-Erina telah melangsungkan akad nikah di Royal Ambarrukmo Hotel, Yogyakarta, Sabtu (10/12/2022). Kemudian sebagai rangkaian acara, dilaksanakan tasyakuran dan resepsi pernikahan yang digelar di Pura Mangkunegaran Solo. Konsep yang diusung adalah festival budaya.

Mendagri dalam acara itu juga mengapresiasi pemilihan tempat tasyakuran yang tergolong sebagai warisan budaya. Acara yang diadakan di Pura Mangkunegaran menurutnya akan mengingatkan para tamu terhadap berbagai budaya. Selain itu Mendagri menyatakan, warisan budaya di banyak tempat di Indonesia harus dilestarikan bersama-sama.

Baca juga : Pak Babhin Jadi Kusir Kereta Kuda Pengantin Putra Presiden RI

“Apalagi malam ini ya, saya lihat tokoh-tokoh nasional. Kemudian bahkan ada tokoh yang dari ambasador-ambasador, ada yang dari luar negeri hadir. Ini membuat kita (saling bersilaturahmi), menjadi melting pot, tempat berkumpul, tempat berkumpul menjadi satu, silaturahmi. Kemudian juga membangun hubungan yang baik. Saya kira bagus sekali,” ungkapnya.

Di sisi lain, Mendagri mendoakan kedua mempelai menjadi keluarga yang sakinah, mawadah, warahmah, dan menjadi pasangan yang langgeng sampai akhir hayat. Selain itu juga selamat dunia akhirat dan segera mendapatkan momongan.

“Saya tentunya mendoakan kepada kedua mempelai, Mas Kaesang (dan) Mbak Erina nanti menjadi pasangan yang harmonis, sakinah mawadah, warahmah, dan saya doakan segera mendapatkan momongan ya, biar nanti Pak Jokowi tambah cucu lagi, Insya Allah,” harapnya. (Lka)

 

Artikel Terkait
Sebelas Anjing Ras K9 Ikut Terlibat Dalam Pengamanan Tasyakuran Kaesang dan Erina
Pak Babhin Jadi Kusir Kereta Kuda Pengantin Putra Presiden RI
Artikel Terkini
Hikmahanto Sebut Fatwa ICJ Tidak Berdampak pada Israel
Kemenperin Apresiasi Kolaborasi Perusahaan Bus untuk Tingkatan Nilai Tambah
Pos Fohuk Satgas Yonif 742/SWY Berikan Penyuluhan Tentang Bela Negara Kepada Warga Perbatasan
Menperin: Pembentukan Satgas Impor Ilegal Dukung Industri Manufaktur Indonesia
Minimalisir Dampak Kerugian Ekonomi, Menko Airlangga Tekankan Pentingnya Antisipasi Bencana Secara Efektif dan Berkesinambungan
Tentang Kami | Kontak | Pedoman Siber | Redaksi | Iklan
vps.indonews.id