INDONEWS.ID

  • Rabu, 14/12/2022 13:57 WIB
  • Kepada Menko Airlangga, CMA/CGM Group Sampaikan Rencana Investasi Proyek Infrastruktur Kepelabuhanan di Indonesia

  • Oleh :
    • Rikard Djegadut
Kepada Menko Airlangga, CMA/CGM Group Sampaikan Rencana Investasi Proyek Infrastruktur Kepelabuhanan di Indonesia
ada acara ASEAN-EU Business Summit di Brussel, sebagai bagian dari rangkaian acara KTT Peringatan ASEAN – EU, Menteri Koordinator Bidang Perekonomian Airlangga Hartarto juga menerima Vice-President of Public Affairs dari CMA/ CGM Group Mr. Patrice Bergamini.

Jakarta, INDONEWS.ID - Pada acara ASEAN-EU Business Summit di Brussel, sebagai bagian dari rangkaian acara KTT Peringatan ASEAN – EU, Menteri Koordinator Bidang Perekonomian Airlangga Hartarto juga menerima Vice-President of Public Affairs dari CMA/ CGM Group Mr. Patrice Bergamini.

CMA/ CGM Group merupakan sebuah perusahaan pengapalan dan transportasi peti kemas asal Prancis  yang merupakan salah salah satu dari 4 besar perusahaan pengapalan di dunia (Bersama Maersk Line, MSC, dan COSCO Shipping Lines), yang mempunyai perwakilan di 160 negara melalui 400 kantor, 750 gudang, 130.000 karyawan, dan 566 armada kapal, serta melayani 420 dari 521 pelabuhan komersial dunia dengan mengoperasikan sebanyak 257 jalur pelayaran.

Baca juga : Terima Peta Jalan Aksesi Keanggotaan OECD, Indonesia Perkuat Komitmen Konstitusional Berpartisipasi Aktif dalam Tatanan Dunia

“Kami ingin menjajaki kemungkinan untuk melakukan kerja sama investasi dalam rencana pembangunan Pelabuhan New Tanjung Priok di Jakarta. Hal ini juga merupakan bentuk dukungan kami terhadap strategi Indo-Pasifik dengan berpartisipasi dalam berbagai proyek konkret khususnya infrastruktur kepelabuhanan di Indonesia,” tandas VP Bergamini.

VP Bergamini juga sampaikan bahwa CMA/CGM memiliki pengalaman yang panjang dalam hal ini. Saat ini CMA/CGM Group telah menjalin kerja sama yang intensif dengan beberapa negara seperti India, Australia, Afrika, dan beberapa negara di kawasan Teluk. Harapannya adalah CGM/ CMG Group dapat menjalin kerja sama yang lebih baik dan lebih besar dengan pihak Indonesia.

Baca juga : Menko Airlangga Bertemu Sekjen Cormann dan Tegaskan Komitmen Percepat Proses Keanggotaan Indonesia

Lebih lanjut, VP Bergamini juga menyampaikan concern terkait kemungkinan pemberian izin dari Pemerintah Indonesia untuk kapal yang berbendera bukan Indonesia supaya dapat membawa kargo internasional baik dari maupun menuju pelabuhan – pelabuhan yang ada di Indonesia.

“Sesuai ketentuan perundang-undangan, di Indonesia saat ini berlaku asas Cabotage yang mewajibkan penggunaan kapal berbendera Indonesia ketika beroperasi di perairan nasional Indonesia. Untuk itu, CMA/ CGM Group dipersilahkan untuk menjajaki potensi kerjasama lebih lanjut dengan perusahaan di Indonesia sesuai ketentuan yang ada,” tegas Menko Airlangga.

Baca juga : Menko Airlangga Sampaikan Sukses Indonesia Jaga Pertumbuhan Ekonomi, Stabilitas Politik, dan Lanjutkan Upaya Transisi Energi

Salah satu solusi alternatif yang dikemukakan oleh Menko Airlangga adalah mendorong CMA/CGM Group untuk melakukan investasi yang lebih besar di Indonesia, termasuk bermitra dengan perusahaan perkapalan/ logistik yang ada di Indonesia.

Menko Airlangga juga menjelaskan update dan proyeksi ekonomi Indonesia ke depan, yang menggambarkan optimisme dan resiliensi perekonomian Indonesia yang sangat baik, bersama negara-negara di Kawasan regional ASEAN. Sejalan dengan itu, VP Bergamini juga sependapat tahun depan ekonomi Indonesia cukup baik dan akan mendorong peningkatan perdagangan internasional dan pengangkutan kargo melalui laut.

Dalam pertemuan tersebut hadir bersama Menko Airlangga yakni Menteri Perindustrian, Agus Gumiwang Kartasasmita; Sesmenko Perekonomian, Susiwijono Moegiarso; Sekretaris Jenderal Kemenperin, Dody Widodo; dan Asisten Deputi Kerja Sama Ekonomi Eropa, Afrika dan Timur Tengah, Fajar Wirawan Harijo. Sementara Vice President Bergamini didampingi oleh Public Affairs consultant from Hill and Knowlton Strategies, Zad El Hage Sleiman.

Artikel Terkait
Terima Peta Jalan Aksesi Keanggotaan OECD, Indonesia Perkuat Komitmen Konstitusional Berpartisipasi Aktif dalam Tatanan Dunia
Menko Airlangga Bertemu Sekjen Cormann dan Tegaskan Komitmen Percepat Proses Keanggotaan Indonesia
Menko Airlangga Sampaikan Sukses Indonesia Jaga Pertumbuhan Ekonomi, Stabilitas Politik, dan Lanjutkan Upaya Transisi Energi
Artikel Terkini
Warung NKRI Digital, Cara BNPT Kolaborasikan Pencegahan Radikalisme dan Terorisme di Era Digitalisasi
Bahas Revitalisasi Data, Pj Bupati Maybrat Rapat Bersama tim Badan Pusat Statistik Setempat
Mendagri Atensi Keamanan Data Pemilih pada Penyelenggaraan Pilkada Serentak 2024
Kemendagri Serahkan DP4 kepada KPU sebagai Bahan Penyusunan DPT Pilkada Serentak 2024
Terima Peta Jalan Aksesi Keanggotaan OECD, Indonesia Perkuat Komitmen Konstitusional Berpartisipasi Aktif dalam Tatanan Dunia
Tentang Kami | Kontak | Pedoman Siber | Redaksi | Iklan
legolas