INDONEWS.ID

  • Kamis, 22/12/2022 13:39 WIB
  • Mengenal Birawan Abshar, Sosok Muda Inovatif yang Peduli Generasi Masa Depan Bangsa

  • Oleh :
    • Rikard Djegadut
Mengenal Birawan Abshar, Sosok Muda Inovatif yang Peduli Generasi Masa Depan Bangsa
Muhammad Birawan Aulia Abshar S.P.W.K

Jakarta, INDONEWS.ID - Muhammad Birawan Aulia Abshar S.P.W.K adalah sosok yang boleh dibilang masih sangat muda.

Namun bicara prestasi dan kontribusi bagi kemajuan bangsa, sosok kelahiran tahun 1996 ini sungguh tidak bisa dianggap enteng. Ia memiliki deretan prestasi yang membanggakan bagi ibu pertiwi.

Baca juga : Calon Ketum ILUNI FISIP UI, Budi Arie: Prinsipnya, Almamater Panggil Harus Siap

Dalam usianya yang baru memasuki usia 26 tahun, Birawan--sapaan akrabnya, sudah melahirkan sebuah inovasi penting bagi negeri, yakni mengubah limbah MCK dari aktivitas di perkantoran, mall, hotel dan lain-lain menjadi air bersih.

Pada limbah, Birawan menjelaskan, terdapat kandungan zat tertentu. Dengan teknologi yang diciptakannya bernama "Bacteri Starter", limbah ini kemudian diolah sehingga menjadi air bersih sesuai standar baku mutu air.

Air hasil olahan teknologi inovasinya ini, terang Birawan, selanjutnya dapat digunakan untuk flushing kran, menyiram tanaman, hingga kamar mandi dan lain-lain.

"Bahkan sebenarnya bisa diminum ya, karena memang secara uji lab tingkat PHnya sudah memenuhi syarat layak minum," kata Birawan kepada wartawan Indonews.id, Rikard Djegadut di Solo, Minggu (11/12/22) lalu ketika ikut mengawal Rio Sarwono pada pesta pernikahan putra Presiden Jokowi, Kaesang Pangarep-Erina Gudono.

Birawan mengaku, inovasi yang dikembangkannya ini masih sangat sedikit di Indonesia. Kompetitornya, lanjutnya, masih bisa dihitung jari. Selain itu, secara kualitas, inovasi perusahaannya adalah yng terbaik saat ini.

Pada 2019, tuturnya, pihaknya dipercaya untuk mengolah limbah MCK di Istana Merdeka. Selain itu, perusahaannya juga dipercaya mengerjakan TBBM Pertamina se-Pulau Jawa serta Puskesmas dan RS Darurat Covid-19 se-DKI Jakarta dan masih banyak lagi.

Selain saat ini menjabat sebagai Komisaris dan Direktur Utama di beberapa perusahaannya, Birawan juga aktif di berbagai organisasi baik politik maupun kemasyarakatan.

Pada 2018, alumnus SMAN 1 Surakarta itu menjadi pengurus Persaudaraan Setia Hati Terate (PSHT) Rayon Surakarta, sebuah organisasi olahraga yang diinisiasi oleh Ki Hadjar Hardjo Oetomo pada tahun 1922.

Selama setahun pada 2019 hingga 2020, alumnus Universitas Sebelas Maret bidang Perencanaan Wilayah dan Kota itu dipercaya menjadi Wakil Ketua SAR NU Solo.

Namanya sempat santer di kalangan masyarakat Solo dan sekitarnya ketika Ketum PKB, Muhaimin Iskandar menunjuknya menjadi Ketua DPC PKB Solo pada 2021 lalu. Hal ini membuatnya menyandang gelar sebagai Ketua DPC PKB Termuda di seluruh Tanah Air. Pada saat itu, usianya masih 25 tahun.

Saat ini, warga Jl Kawung, No. 1, RT03/RW09 Premulung, Sondakan, Laweyan ini merupakan kader Partai Nasdem dan menjabat sebagai Wakil Ketua DPD Nasdem Solo. 

Dorong Generasi Muda Berinovasi

Warga Laweyan Solo ini memiliki semangat dan mimpi yang besar bagi masa depan generasi muda Indonesia. Menurutnya, Indonesia dapat berkembang maju seperti negara-negara hebat lainnya di Asia seperti Jepang dan China.

Asalkan, katanya, generasi muda terus melakukan berbagai inovasi, seperti yang dilakukannya. Namun di satu sisi, pemerintah harus mampu menfasilitasi dan menampung kreativitas dan inovasi para generasi muda saat ini.

"Tidak harus berinovasi di bidang yang saya geluti, tapi di bidang lainnya. Masih banyak sekali bidang di luar sana yang membutuhkan sentuhan inovasi dan kreativitas kita," ungkapnya.

Terkait motivasinya ingin maju sebagai calon DPRD pada Pimilihan Legislatif (Pileg) pada 2024 mendatang, Birawan mengaku terpanggil untuk berkontribusi secara kelembagaan bagi masyarakat, utamanya masyarakat Laweyan dan sekitarnya.

"Saya ingin memberikan kontribusi kepada masyarakat, secara khusus masyarakat Laweyan dan sekitarnya. Saya terpanggil dan ingin mengedukasi masyarakat tentang pentingnya menjaga lingkungan, sanitasi," katanya.

Artikel Terkait
Calon Ketum ILUNI FISIP UI, Budi Arie: Prinsipnya, Almamater Panggil Harus Siap
Artikel Terkini
Mendagri Resmi Lantik 5 Penjabat Gubernur, Ada Alumni SMAN 3 Teladan Jakarta
Mendagri Resmi Lantik 5 Penjabat Gubernur
Kak Wulan Bikin Petani Mawar Nganjuk Punya Harapan Baru
PNM Peduli, Gerak Cepat Bantu Bencana Banjir Bandang dan Lahar Dingin Sumatera Barat
Satgas Pamtas Sektor Timur Yonif 742/SWY Laksanakan Patroli di Perbatasan darat RI-RDTL
Tentang Kami | Kontak | Pedoman Siber | Redaksi | Iklan
legolas