INDONEWS.ID

  • Senin, 30/01/2023 05:55 WIB
  • Alumnus Monash University: Kita Harus Belajar Dari Negara-negara Maju yang Membangun Desa

  • Oleh :
    • Rikard Djegadut
Alumnus Monash University: Kita Harus Belajar Dari Negara-negara Maju yang Membangun Desa

Jakarta, INDONEWS.ID - Tuntutan ribuan kepala desa yg melakukan aksi demo di Gedung DPR yg meminta perpanjangan masa jabatan dari enam tahun menjadi sembilan tahun, tampaknya menimbulkan pro-kontra di kalangan publik secara luas.

Seperti yg dikatakan oleh penggagas UU Desa Budiman Sudjatmiko, “saya memahami dinamika pembangunan di desa. Tampaknya memang masa enam tahun itu tidak cukup bagi pemimpin desa dalam mewujudkan pembangunan dalam meningkatkan pelayanan dan kesejahteraan warga desa,” kata Budiman, politisi PDI-P dalam sebuah diskusi bertajuk “periodisasi jabatan kepala desa dan keberlanjutan pembangunan di desa” di Hotel Grand Wish, Lebak Bulus, Jakarta Selatan.

Baca juga : Mendagri Resmi Lantik 5 Penjabat Gubernur, Ada Alumni SMAN 3 Teladan Jakarta

Menurut Budiman, masa jabatan enam tahun bagi kepala desa dirasakan kurang, apalagi buat kepala desa yang visioner. “Itu sebabnya saya mendukung aspirasi perpanjangan masa jabatan sembilan tahun tetapi dibatasi hanya boleh dua periode,” katanya lagi. Ia merujuk dalam UU No. 6/2014 Tentang Desa yang berlaku saat ini adalah masa jabatan kepala desa enam tahun namun boleh dipilih kembali sampai tiga periode.

Betapa penting memang pembangunan di desa. Asri Hadi MA, dosen senior IPDN memberikan ilustrasi pembangunan di beberapa negara maju berbasis dari desa. Contohnya di Jerman, Korea Selatan, Jepang dan Cina.

Baca juga : Rayakan HUT Indonews.id ke-8, Pemred Asri Hadi Ajak Pembaca Setia Bantu Penderita Kanker di Indonesia, Begini Caranya!

“Kita harus belajar dari negara-negara itu” kata Asri Hadi alumni Sosiologi UI yang melanjutkan studinya di Monash University, Melbourne, Australia.

Menurutnya, Jerman misalnya bahwa kisah suksesnya pembangunan desa di Jerman bermula pada tahun 1850-an, yaitu membangun koperasi modern dari sektor pertanian. Kini perekonomian Jerman menduduki peringkat No. 4 Dunia.*

Baca juga : Pj Bupati Maybrat Hadiri Upacara Penutupan Program TNI Manunggal Membangun Desa (TMMD)
Artikel Terkait
Mendagri Resmi Lantik 5 Penjabat Gubernur, Ada Alumni SMAN 3 Teladan Jakarta
Rayakan HUT Indonews.id ke-8, Pemred Asri Hadi Ajak Pembaca Setia Bantu Penderita Kanker di Indonesia, Begini Caranya!
Pj Bupati Maybrat Hadiri Upacara Penutupan Program TNI Manunggal Membangun Desa (TMMD)
Artikel Terkini
Pastikan Arus Barang Kembali Lancar, Menko Airlangga Tinjau Langsung Pengeluaran Barang dan Minta Instansi di Pelabuhan Tanjung Priok Bekerja 24 Jam
Umumkan Rencana Kedatangan Paus Fransiskus, Menteri Agama Dukung Penuh Pengurus LP3KN
Mendagri Tito Lantik Sekretaris BNPP Zudan Arif Fakrulloh Jadi Pj Gubernur Sulsel
Perayaan puncak HUT DEKRANAS
Kemendagri Tekankan Peran Penting Sekretaris DPRD Jaga Hubungan Harmonis Legislatif dengan Kepala Daerah
Tentang Kami | Kontak | Pedoman Siber | Redaksi | Iklan
legolas