INDONEWS.ID

  • Senin, 06/02/2023 19:07 WIB
  • Warga Jepang Puji Rasa Kopi Indonesia di Program Rumah Budaya Indonesia

  • Oleh :
    • Rikard Djegadut
Warga Jepang Puji Rasa Kopi Indonesia di Program Rumah Budaya Indonesia

Jakarta, INDONEWS.ID - Wakil Duta Besar Republik Indonesia selaku Kuasa Usaha Ad Interim (KUAI) Kedutaan Besar Republik Indonesia (KBRI) Tokyo John Tjahjanto Boestami membuka Program Rumah Budaya Indonesia (RBI) KBRI Tokyo bertema “Kopi Indonesia” di Balai Indonesia, pada Sabtu 4 Februari 2023. Program RBI yang bekerja sama dengan Japan Indonesia Association (JAPINDA) ini untuk pertama kalinya digelar secara luring sejak pandemi Covid-19 melanda dunia. RBI merupakan media promosi budaya Indonesia dan soft diplomacy KBRI Tokyo kepada masyarakat Jepang.

KUAI KBRI Tokyo John Boestami dalam sambutannya menekankan pentingnya pemahaman budaya antar warga dua negara sebagai landasan kehidupan berbangsa dan bernegara.

Baca juga : Warga Jepang Nikmati Keindahan Seni Budaya Bali di Ajang Enoshima Bali Sunset 2023

“Baik Indonesia maupun Jepang sebagai negara kepulauan memiliki kekayaan dan keragaman budaya yang merupakan daya tarik tersendiri di mata dunia. Suatu bangsa akan menjadi besar jika nilai-nilai kebudayaan telah mengakar dalam kehidupan masyarakat. Oleh karena itu Program RBI ini sangat strategis bagi Indonesia dan Jepang,” ujar John Tjahjanto Boestami yang hadir didampingi Atase Pendidikan dan Kebudayaan Yusli Wardiatno, Diplomat Muda Fungsi Penerangan Sosial Budaya KBRI Tokyo Jurman Saputra Nazar dan Kepala Sekolah RI Tokyo Ari Driyaningsih.

Lebih dari 100 orang warga Jepang yang hadir di acara RBI KBRI Tokyo ini nampak antusias menikmati suguhan berbagai rasa kopi Indonesia yang disediakan panitia untuk para tamu. Diantara kopi yang disajikan adalah kopi Aroma Bandung, Gunung Puntang, Papua, Gayo dan kopi Mandailing. Para hadirin juga diberi produk coklat asal Indonesia dan Soto Betawi.

Sambil menikmati kopi dengan Roti Kecik Ganep asal Solo sebagai pelengkap, para pengunjung mendengarkan sejarah kopi mulai dari wilayah penghasil dan pengolahan kopi Indonesia dari seorang diaspora Indonesia, Imelda Coutrier. Warga Jepang yang hadir juga berkesempatan berlatih Tari Pagelu dari Toraja bersama guru tari, Tini Kodrat dan mencoba mengenakan beragam pakaian adat dari berbagai daerah untuk diabadikan di stan foto yang disediakan.

Baca juga : Warga Jepang Antusias Bahas Songket Minangkabau dalam Gelar Wicara KBRI Tokyo dan Hideo Tokyo
Artikel Terkait
Warga Jepang Nikmati Keindahan Seni Budaya Bali di Ajang Enoshima Bali Sunset 2023
Warga Jepang Antusias Bahas Songket Minangkabau dalam Gelar Wicara KBRI Tokyo dan Hideo Tokyo
Tari Bali, Angklung, dan Rindik Pukau Ratusan Warga Jepang dalam Indonesia Cultural Day in Toride, Jepang
Artikel Terkini
Menko Airlangga: Hingga Juni 2024, KEK Berhasil Catatkan Realisasi Investasi Rp205,2 triliun dan Serap 132.227 Tenaga Kerja
Penghargaan Ke 5 Dari Seven Media Asia: Pemimpin Inspiratif Terbaik 2024
Plt. Sekjen Kemendagri Dorong 13 Provinsi Percepat Implementasi Program Bedah Jantung Terbuka
Mendagri Pacu Pemda di Jawa Barat Tingkatkan Pendapatan dan Optimalkan Penggunaan Anggaran
Indonesia dapat menjadi pemimpin dunia industri energi terbarukan
Tentang Kami | Kontak | Pedoman Siber | Redaksi | Iklan
vps.indonews.id