INDONEWS.ID

  • Selasa, 14/02/2023 22:29 WIB
  • Gelar Rakor, Pj Bupati Maybrat Perjuangkan Nasib Masyarakat Eksodus di Wilayah Aifat Selatan dan Timur, Papua

  • Oleh :
    • Rikard Djegadut
Gelar Rakor, Pj Bupati Maybrat Perjuangkan Nasib Masyarakat Eksodus di Wilayah Aifat Selatan dan Timur, Papua

Jakarta, INDONEWS.ID - Pj Bupati Maybrat beserta jajaran hadir pada Rapat Koordinasi membahas perkembangan situasi dan penanganan pengungsi Kabupaten Maybrat. Turut hadir dalam rapat ini Asisten Deputi Koordinasi Otonomi Khusus dan Asisten Deputi Pemajuan dan Perlindungan Hak Asasi Manusia Kemenkopolhukam, Deputi Bidang Koordinasi Pemerataan Pembangunan Wilayah dan Penanggulangan Bencana, yang diwakili oleh Asisten Deputi Mitigasi Bencana dan Konflik Sosial;

Perwakikan Sekretariat Wakil Presiden, Kementerian Dalam Negeri, Kementerian PPN/Bappenas, Kementerian PUPR, Kementerian Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak, Aster Panglima TNI, Aster Kodam Kasuari XVIII, Asops Kapolri dan Karo Ops Polda Papua Barat

Baca juga : The International Awards 2024, Pj Bupati Maybrat Dapat Penghargaan dari Seven Media Asia

Adapun Kegiatan ini berlangsung sebagai tindaklanjut Rakor Pembahasan Penanganan pengungsi di Kabupaten Maybrat yang diselenggarakan Kemenko PMK tanggal 20 januari 2023.
Kegiatan dipimpin dan dibuka langsung oleh Danu Prionggo selaku Asisten Deputi Pemajuan dan Perlindungan Hak Asasi Manusia.

Dalam kesempatan ini, Pj Bupati Maybrat Bernhard memaparkan kondisi pasca konflik sosial yang terjadi tahun 2019, kemudian intervensi yang telah dilakukan pemda seperti rapat, pendataan kebutuhan, serta rencana pemulangan masyarakat eksodus, serta dukungam yang diharapkan dari pemerintah pusat untuk mendukung masyarakat eksodus yang belum kembali.

Baca juga : Pj Bupati Maybrat Dukung Penuh Proses Studi Masterplan Kementerian PUPR untuk Revitalisasi Danau Ayamaru

Adapun respon dari peserta rapat yang hadir sangat baik, seperi dari Pihak TNI/Polri siap memberikan dukungan kemanan dan pengembalian masyarakat eksodus sehingga pembangunan di Kabupaten Maybrat dapat berjalan.

Sama halnya dengan respon dari Kementerian Sosial, Kementerian PUPR, Kementerian PPPA, Kementerian PPN yangbsiap memberikan dukungan baim dari hal rehabilitasi dan rekonstruksi masyarakat eksodus yang berada pada wilayah aifat selatan dan aifat timur raya.

Baca juga : MRP Desak Presiden Jokowi Pastikan Cakada 2024 Se-Tanah Papua Diisi Orang Asli Papua (OAP)

Selanjutnya Danu Prionggo mengharapkan jika berhasil pengembalian pengungsi di Kabupaten Maybrat dapat menjadi Role Model bagi daerah lainnya. Terakhir Pj Bupati Maybrat menyampaikan rasa syukur untuk respon yang baik dari para peserta rapat dimana hal ini merupakan wujud dalam mendukung oenyelenggarana pemerintahan, pembangunan dan kemasyarakatan di Kabupaten Maybrat.*

Artikel Terkait
The International Awards 2024, Pj Bupati Maybrat Dapat Penghargaan dari Seven Media Asia
Pj Bupati Maybrat Dukung Penuh Proses Studi Masterplan Kementerian PUPR untuk Revitalisasi Danau Ayamaru
MRP Desak Presiden Jokowi Pastikan Cakada 2024 Se-Tanah Papua Diisi Orang Asli Papua (OAP)
Artikel Terkini
Beragam Momentum Perayaan Hari Ulang Tahun ke-66 Tahun Pemred Asri Hadi
Didik J Rachbini: Salim Said Maestro Intelektual yang Paling Detail dan Mendalam
Penyumbang Devisa Negara, Pemerintah Harus Belajar dari Drama Korea
Bupati Tanahdatar buka Grand Opening Sakato Aesthetic
Strategi Implementasi "Buku Teks Utama Pendidikan Pancasila", Menyemai Nilai Kebangsaan di Tengah Tantangan Zaman
Tentang Kami | Kontak | Pedoman Siber | Redaksi | Iklan
legolas