INDONEWS.ID

  • Sabtu, 18/02/2023 19:22 WIB
  • MSI Dorong Sub-Sektor Ekonomi Krearif Melalui Karya Lukisan di Balai Budaya Jakarta

  • Oleh :
    • luska
MSI Dorong Sub-Sektor Ekonomi Krearif Melalui Karya Lukisan di Balai Budaya Jakarta

Jakarta, INDONEWS.ID - Kepedulian Mitra Seni Indonesia pada pengembangan seni budaya Indonesia dibuktikan kembali dengan dukungannya pada  Segitiga Art Community yang   menyelenggarakan  Pameran Seni Rupa di Balai Budaya Jakarta. Semua ini tentu dalam rangka mengangkat karya pelukis Indonesia. Pameran kali ini ini  menggelar 45 lukisan karya Para Pelukis berbagai daerah di Indonesia, diantaranya 5 Pelukis dari Mitra Seni Indonesi. Pameran dengan  tema “Bahasa Rupa” tersebut dibuka Ketua Umum Mitra Seni Indonesia, Sari Ramdani Basri Sabtu (18/2/2003)  

Ketua Umum Mitra Seni Indonesia (MSI) Sari Ramdani Basri, dalam sambutannya menyampaikan  apresiasi yang tinggi serta dukungannya  kepada Segitiga Art Community yang telah mengajak  para Pelukis memamerkan hasil karyanya. Segitiga Art Community merupakan komunitas seni yang bergerak dalam pelestarian seni dan budaya sekaligus wadah bagi penggiat seni rupa berupaya mendorong para  perupa/pelukis untuk berkreatifitas dan berkarya.

Baca juga : Kementerian PPPA Beri Apresiasi Para Tokoh Perempuan Penerima Penghargaan Seni dan Budaya MSI

Disisi lain menurut Sari Ramdani, kegiatan ini juga dapat  memberikan dampak ekonomi, sebagai  salah satu pendorong sub sektor ekonomi kreatif di Indonesia, dengan menghasilkan berbagai bentuk karya lukisan.

Lebih lanjut Ketua Umum MSI Sari Ramdani  menjelaskan tema yang diangkat oleh Segitiga Art Community kali ini yaitu “BAHASA RUPA” sangatlah sesuai dengan arti yang dituangkan yaitu sebagai model Komunikasi Visual. Dimulai dari pemilihan tempat Pameran yaitu di Balai Budaya hingga karya-karya yang dipamerkan, seluruhnya merupakan satu kesatuan. Gedung Balai Budaya yang berdiri pada tahun 1957 ini, diperuntukan bagi penyelenggaraan kegiatan kebudayaan, seni dan aktivitas lainnya yaitu tempat pertemuan antar seniman yang sudah hampir dilupakan. Disini pula diantaranya, karya-karya seniman Affandi, Sudjoyono, Moctar Lubis , Taufik Ismail pernah dipamerkan, malah Pelukis Nashar juga pernah bermukim disini. Segitiga Art Community sebagai penyelenggara mencoba untuk menghidupkan kembali aktifitas seni di gedung prestigius ini.

Baca juga : MSI Gelar Seni Budaya Memeriahkan Forum Konfederasi Organisasi Wanita ASEAN (ACWO Forum dan Expo)

Menurut Ketua Umum Sari Ramdani, Mitra Seni Indonesia, sebagai wadah pencinta, penggerak, pemerhati dan pelaku seni di Indonesia melalui Program-program Residensi bagi seniman diantaranya kelompok Pelukis Jelekong di Jawa Barat yaitu dengan memberikan   kesempatan kepada para Seniman Lukis desa Jelekong  selama 3 bulan  mendapatkan tambahan ilmu serta bimbingan guna memperdalam seni rupa kontemporer dari  Seniman Maestro Sunaryo pada tahun 2017. Hal ini telah membuahkan hasil dengan tumbuhnya pelukis-pelukis baru di Desa tersebut dan telah membantu membangkitkan sektor ekonomi  lainnya, seperti seni pertunjukan daerah, kuliner,  dan lainnya. Bahkan menurut Sari Ramdani desa tersebut saat ini, sebelum masa Pandemi dan melalui sosmed dari pelaku-pelaku seni nya banyak mendatangkan turis domestik maupun asing, yang singgah disana untuk belajar melukis.
Dikemukakannya, beberapa dari Pelukis Jelekong yang ikut dalam program residensi tersebut berhasil mengembangkan diri dengan melahirkan karya-karya spektakuler, kreatif dan bahkan mendapat penghargaan .

Ketua Umum Mitra Seni Indonesia Sari Ramdani berharap melalui kegiatan bersama dan inovatif antar perkumpulan sejenis akan mendorong pengembangan seni budaya dan mampu memberikan dampak positif melalui sub sektor ekonomi kreatif.

Baca juga : Irjen Kemendagri Tomsi Tohir Tekankan Pentingnya Perkuat APIP dan APH di Daerah

Sari Ramdani berharap, Segitiga Art  Community dapat terus aktif berkegiatan sebagai wadah para pekerja seni, perupa, pelukis untuk bersilaturahmi dalam bentuk pameran, diskusi, sarasehan dan aktifitas seni bersama dalam rangka lestari dan kembangkan karya-karya Indonesia hingga mancanegara. 

Ketua Panitia Penyelenggara Pameran  Seni Rupa Segitiga Art Community, Muhammad Fathoni Widodo, menyampaikan bahwa Pameran Lukisan yang diikuti puluhan Pelukis dari berbagai daerah di Indonesia diantaranya Manado, Yogyakarta, Bondowoso , Jakarta, Bogor, Tangerang dan Bekasi serta pelukis Mitra Seni Indonesia ini menggelar berbagai karya menarik diantaranya : Biji Kopi Dunia merupakan lukisan acrylic karya pelukis Ahmad Ridwan  Tanjung ; The Virgin karya Beda Sudirman pelukis Yogyakarta yang menggunakan cat minyak, sementara Bina Novida dengan karyanya berjudul Hening  melukis dengan menggunakan cat minyak;  serta karya2 pelukis Mitra Seni Indonesia yang sangat menarik, antara lain Biru Indonesiaku karya Endang H Joenoes. Pameran ini akan berlangsung tanggal 18 Februari hingga 25 Februari mulai pukul 10.00 hingga pukul 20.00.
Pameran Seni Ripa ini diselenggarakan dalam rangka memperingati  Hari Bahasa Ibu Internasional yang jatuh pada 21 Februari, tambah Fathoni. 

Kita semua berharap Pameran Seni Rupa Segitiga Art Community ini dapat mengangkat para Pelukis peserta Pameran tersebut untuk lebih dikenal dan dicintai masyarakat sebagai karya anak bangsa. (Lka) 

Artikel Terkait
Kementerian PPPA Beri Apresiasi Para Tokoh Perempuan Penerima Penghargaan Seni dan Budaya MSI
MSI Gelar Seni Budaya Memeriahkan Forum Konfederasi Organisasi Wanita ASEAN (ACWO Forum dan Expo)
Irjen Kemendagri Tomsi Tohir Tekankan Pentingnya Perkuat APIP dan APH di Daerah
Artikel Terkini
Dewan Pakar BPIP: Akademisi Bisa Buka Wacana Keselarasan Sistem Pilpres dengan Sila ke-4 Pancasila
Baznas RI Berikan Penghargaan Kepada Bupati Tanah Datar
HUT Basarnas ke 52, Kerja Keras, Cerdas, Ikhlas, dan Tuntas
Aksara Bricks, Cluster Gaya Eropa di Pasar Minggu
Ancaman Propaganda Pro-Khilafah: Dari Kajian Tertutup Hingga Pop-Culture
Tentang Kami | Kontak | Pedoman Siber | Redaksi | Iklan
legolas