INDONEWS.ID

  • Jum'at, 10/03/2023 07:05 WIB
  • Bupati Tanah Datar Dukung Kerjasama UPT SMPN 4 X Koto Dengan Perguruan Silat Taduang Bangkeh Batipuh

  • Oleh :
    • luska
Bupati Tanah Datar Dukung Kerjasama UPT SMPN 4 X Koto Dengan Perguruan Silat Taduang Bangkeh Batipuh

Tanahdatar, INDONEWS.ID -- Bupati Tanah Datar Eka Putra   menyampaikan aspresiasi atas upaya yang dilakukan peguruan silat Taduang Bangkeh Batipuah yang melakukan kerjasama dengan SMPN 4 X Koto  dalam upaya  melestarikan silat  disekolah tersebut

Hal itu disampaikan Eka Putra waktu menyaksikan kerjasama perguruan Silat Taduang Bangkeh Batipuh yang berpusat di Jorong Ladang Laweh Nagari Batipuh Baruh dengan UPT SMPN 4 X  Koto 
 
Penandatanganan kerjasama tersebut dilakukan  Plt Kepala UPT SMP No 4  X Koto Osmanidar  dengan ketua Perguruan silat Taduang Bangkeh Batipuh Mustafa Akmal Datuk Sidi Ali dan Kabid SLTP dinas Pendidikan Kebudayaan Devira Purnama dan Ketua Komite Sekolah Hendra Dt Perpatih  serta disaksikan langsung oleh Bupati Tanah Datar Eka Putra, Camat X Koto Adiwarman  Wali Nagari Jaho Jonnaidi Dt Tumbijo dan wali Nagari Tambangan Afrinal Dt Talanai  dan seluruh guru dan siswa SMPN 4 X Koto serta Pelatih Perguruan Silat Taduang Bangkeh diruangan pertemuan sekolah tersebut

Baca juga : Bupati Tanah Datar Serahkan Santunan BPJS Ketenagakerjaan

Sebelum penandatangan kerjasama tersebut juga dilakukan atraksi silat anak Perguruan Silat Taduang Bangkeh dan suguhan siriah dalam carano yang dibawakan osis SMPN 4 X Koto

Menurut Bupati. Terobosan yang dilakukan Perguruan silat taduang bangkeh perlu dicontoh oleh sekolah lain dalam memajukan dan perguruan silat didaerahnya karena Kita tahu bahwa silat itu berkaitan erat dengan budaya Minangkabau dan belajar silat, tidak hanya semata berlatih fisik.dan  melalui silat juga mengajarkan seseorang untuk rendah hati, tenang, bijaksana, dan sikap yang menghargai orang lain.

Baca juga : Bupati Tanah Datar berikan aspresiasi Loka Karya dan Panen Karya Guru Penggerak

Artinya jika pembinaan ini dilakukan tentu akan mendorong dan memotivasi anak anak didik kita dalam mempejalari silat tradisi yang kita miliki
dan silat harus terus dilestarikan karena merupakan salah satu kearifan lokal yang kita miliki
   
Pihaknya mendorong pimpinan dan majlis guru SMP Negeri 4 X Koto, melakukan berbagai kreativitas, sehingga problem minimnya jumlah siswa dapat diatasi.

“Tingkatkan intensitas kerjasama dengan berbagai pihak. Kami optimis, kerjasama dengan Perguruan Silat Taduang Bangkeh Batipuh ini, bagian dari kreativitas dalam rangka mengembangkan sekolah kita,” dan semua potensi yang dimiliki anak didik, merupakan dari usaha mempromosikan sekolah kepada masyarakat. Bila potensi anak tergali maksimal, sebut bupati, maka mereka akan mampu menghadirkan berbagai prestasi yang pada akhirnya akan mengharumkan nama sekolah.

Baca juga : Bupati Tanah Datar Temui Dirjen Bina Marga Kementerian PUPR RI

Kalau nama sekolah sudah harum dan sarat prestasi, tegas bupati, maka persoalan kekurangan siswa dengan sendirinya akan dapat diatasi.

“Guru harus mampu mengarahkan siswa agar mereka memiliki cita-cita yang kokoh, bila itu dilakukan maka akan menarik calon siswa lainnya. Bila anak Jaho dan tambangan yang masuk SMPN 4 X koto, saya akan bantu pakaian seragam dan baju Pramuka gratis,” sebut bupati.

Kepala Sekolah Osmaidar melaporkan kondisi sekolah minimnya jumlah siswa dan perlu dicarikan solusinya oleh semua pihak, khususnya kalangan sekolah, walinagari, dan jajaran terkait lainnya. 

pihaknya sudah menjalin kerjasama dengan walinagari, walijorong, dan unsur terkait lainnya termasuk 
“Kerjasama dengan Perguruan Silat Taduang Bangkeh ini merupakan langkah penting, dalam rangka memacu prestasi dan memancing minat anak-anak tamatan SD di Jaho dan Tambangan melanjutkan sekolah ke sini,” jelasnya.

Namun disegi  fasilitas sekolah yang dipimpinnya sudah sangat mencukupi, karena sarana lokal belajar tersedia. Bahkan, sekolah juga memiliki asrama yang representatif dan bisa difungsikan sebagai sekolah unggulan.

Dengan adanya kerjasama ini, katanya, maka pihak sekolah akan menjadikan silat sebagai program unggulan untuk ekstrakurikuler. 

 “Prestasi yang pernah diraih dulu kembali akan kita kejar,” dan untuk menuju sekolah unggul dan berprestasi kami.mohon dukungam Bupati Tanah Datar sehingga dengan fasilitas sarana yang kita miliki mampu mendukung peningkatan prestasi siswa kita nantinys

 Ketua Komite UPT  SMP No 4 X Koto Hendra Dt Perpatih mendukung   kerjasama ini sebagai upaya disekolahnya untuk melakukan  upaya pelestarian, pembinaan dan pengembangan  budaya pencak silat Minangkabau agar siswanya  mengenal dan mencintai seni pencak silat dengan , karena  dengan adanya kegiatan ini dapat memotivasi anak-anak dan generasi muda untuk ketertarikannya terhadap seni budaya pencak silat tradisi Minangkabau 

Ketua Perguruan Silat Taduang Bangkeh Mustafa Akmal Dt. Sidi Ali mengatakan, Nota Kesepakatan yang ditandatangani bersama Kepala SMPN 4 X Koto merupakan kelanjutan dari kerjasama yang sudah direalisasikan sebelumnya.
Karena sebelum pandemik berbagai prestasi berhasil diperoleh sekolah ini disamping juara 2 di Tanah Datar dan juga berbagai.prestasi diperoleh termasuk ditingkat sumbar

Mustafa mengatakan, dengan dilanjutkan kerjasama pembinaan ekstra kurikuler di bidang silat, akan bisa menjadi bagian besar dari langkah bersama untuk mengukir prestasi, sekaligus memicu minat anak dan orangtua melanjutkan pendidikannya ke sekolah itu.
Kemudiam juga menyampaikan aspresiasi atas kehadiran Bupati Tanah Datar dalam melakukan penandatangan kerjasama ini karena juga akan.memberi.motivasi kepada guru dan siswa dan pelatih untuk bisa meningkatkan prestasi sekolah ini untuk berlajar silat karena sudah merupakan pendidikan ekstra kurikuler disekolah ini  (M.DT)

Artikel Terkait
Bupati Tanah Datar Serahkan Santunan BPJS Ketenagakerjaan
Bupati Tanah Datar berikan aspresiasi Loka Karya dan Panen Karya Guru Penggerak
Bupati Tanah Datar Temui Dirjen Bina Marga Kementerian PUPR RI
Artikel Terkini
Basarnas Lakukan Penandatangan Loca dengan Pusat Informasi Aeronautika Perum LPPNPI
Tips Memilih Jasa Penagihan Hutang yang Terbaik
Kabupaten Maybrat Salurkan Bantuan ke Pos Satgas Operasional Aman Nusa1 di Kampung Aisa
Pemberdayaan Perempuan Melakukan Deteksi Dini Kanker Payudara Melalui Pelatihan "Metode Sadari Dan Pembuatan Teh Herbal Antioksidan"
Marwan Cik Asan Ingatkan Pemerintah Waspadai Perlambatan Pertumbuhan Ekonomi 2024
Tentang Kami | Kontak | Pedoman Siber | Redaksi | Iklan
legolas