INDONEWS.ID

  • Jum'at, 10/03/2023 14:50 WIB
  • Keren! Heli Expo di Indonesia, Industri Aviasi Semakin Maju

  • Oleh :
    • luska
Keren! Heli Expo di Indonesia, Industri Aviasi Semakin Maju

Penulis : Rachmat Kartakusuma – Wawancara Direktur Heli Expo Asia 2023, T. Iskandar Muda

Sudah tidak dapat dipungkiri lagi, bahwa kedirgantaraan adalah masa depan umat manusia, karena kedirgantaraan adalah masa depan umat manusia, maka seyogyanya industrinya pun harus mengalami peningkatan dan kemajuan, khususnya di Indonesia. Namun sayang seribu sayang, beberapa tahun terakhir sebuah ajang pameran kedirgantaraan helikopter regional Asia Tenggara diselenggarakan di sebuah negara kecil yang sama sekali tidak mengoperasikan helikopter, Singapura.
Hal ini tentu menjadi sebuah polemik dalam benak kita, mengapa bisa sebuah negara yang ukurannya relatif kecil dan tidak mengoperasikan helikopter sama sekali, tapi mampu sukses menyelenggarakan ajang internasional yang memamerkan helikopter.

Sedangkan Indonesia, sebuah negara yang besar, memiliki banyak kepulauan terpecah-pecah. Sehingga dapat disimpulkan bahwa secara geografis, Indonesia memiliki potensi pasar terbesar untuk industri dirgantara termasuk helikopter. 

Namun, hal yang kurang baik, tentu akan menjadi baik suatu saat. Kali ini, bangsa kita sudah tidak perlu merasa rendah diri lagi dengan bangsa tetangga. Di Indonesia, segera diselenggarakan Heli Expo spesifik untuk helikopter sipil dan untuk pertama kalinya dalam sepanjang sejarah kedirgantaraan di Indonesia.

Acara tersebut dinamakan Hexia, sebuah ajang yang memamerkan helikopter sipil untuk mendukung pertumbuhan jumlah armada helikopter yang tersebar di seluruh wilayah Indonesia.

Hexia 2023 merupakan singkatan dari Heli Expo Asia 2023, akan diselenggarakan pertama kali di Indonesia pada Juni 2023. Acara ini akan menjadi wadah untuk memperkenalkan dan menggali lebih dalam tentang industri Vertical Take-Off Landing (VTOL) serta informasi terkini mengenai helikopter. Hexia juga akan menghadirkan pembicara ahli dari industri penerbangan dan pejabat dari kementerian atau badan pemerintahan terkait.

Menurut Iskandar Muda, CEO Hexia, kondisi geografis Indonesia adalah yang ideal untuk helikopter dan pangsa pasar yang masih luas untuk helikopter mendorong keputusan untuk menghadirkan kegiatan Heli Expo Asia ini di Indonesia. Indonesia sebagai negara kepulauan terbesar di dunia dengan kondisi geografis yang mendukung untuk industri helikopter.
Hexia 2023 akan diselenggarakan di Cengkareng Heliport, Tangerang, Banten yang memiliki infrastruktur siap untuk dilaksanakan kegiatan Helicopter Expo Asia di tahun 2023 ini. Cengkareng Heliport berada di sebelah Bandara Soekarno-Hatta yang melayani 43 juta penumpang per tahun, sehingga menjadi manfaat dari kegiatan Heli Expo Asia ini. Sebagai informasi tambahan, Cengkareng Heliport merupakan sebuah bandar udara helikopter komersil pertama di Indonesia dan terbesar saat ini.
Hexia akan menghadirkan armada yang sesuai dengan kondisi geografis Indonesia dan juga supporting product seperti peralatan pendukung dan peralatan keamanan yang mendukung industri vertical takeoff landing (VTOL).
Menurut Iskandar, helikopter dapat memberikan manfaat bagi masyarakat Indonesia sebagai moda transportasi alternatif yang menawarkan akses transportasi penumpang dan barang dengan cepat dan tidak membutuhkan landasan udara untuk melakukan take off landing. Selain itu, helikopter juga sering digunakan dalam misi kebencanaan, search and rescue (SAR), dan misi kemanusiaan karena kemampuan manuvernya yang dapat menjangkau tempat-tempat yang sulit dijangkau oleh moda transportasi lainnya di darat dan udara.
Mungkin timbul dalam benak pikiran kita, apa yang membedakan ajang ini, sehingga para operator penerbangan, atau pun pebisnis yang berada di kawasan Asia Tenggara harus datang ke acara ini. Perlu diketahui, bahwa kegiatan sejenis untuk event helikopter sipil telah dilakukan di beberapa negara seperti Amerika Serikat dan berbagai negara lainnya, yang membedakan kegiatan ini dengan kegiatan sejenis di negara lain, adalah keinginan kita untuk Indonesia sebagai negara berkembang untuk dapat mengakselerasi pengembangan dan kemajuan dari sisi industri helikopter, jadi kegiatan ini bukan hanya bicara tentang bisnis, namun akan tetapi kita berharap multiplier effect dari kegiatan ini juga akan mendorong industri dan usaha-usaha yang terkait di dalamnya untuk maju dan berkembang.

Artikel Terkait
Artikel Terkini
Visiting Professor Pandemi: Dunia Harus Siap
Kemendagri Sosialisasikan UU Nomor 3 Tahun 2024 tentang Desa
Mendagri Tegaskan Musrenbangnas sebagai Wadah Sinkronisasi Perencanaan Pembangunan Pemerintah Pusat dan Daerah
Masa Depan Pendidikan Era Digital, Tingkatkan Literasi dan Manfaatkan Teknologi
Wakil Kanselir Jerman Puji Pertumbuhan Ekonomi Indonesia Salah Satu Tertinggi di Kawasan Asia Tenggara
Tentang Kami | Kontak | Pedoman Siber | Redaksi | Iklan
legolas