INDONEWS.ID

  • Sabtu, 11/03/2023 14:04 WIB
  • Berkekuatan Hukum Tetap, Seorang Oknum Guru SMP di Tanjung Selor Belum Ditahan

  • Oleh :
    • very
Berkekuatan Hukum Tetap, Seorang Oknum Guru SMP di Tanjung Selor Belum Ditahan
Walau sudah berkekuatan hukum tetap, hingga kini pelaku yaitu Venny Kurnianan binti Riduansyah, belum ditahan. (Foto: Ist)

 

Tanjung Selor, INDONEWS.ID - Kasus jual beli tanah dan rumah yang merugikan masyarakat dengan kerugian mencapai miliaran rupiah dan berlangsung bertahun-tahun terjadi di Tanjung Selor, Kabupaten Bulungan, Kalimantan Utara.

Baca juga : Duka Mendalam di Maybrat: Pj Bupati Bernhard Rondonuwu Melayat Almarhum Wenan Frasiskus Kocu

Hingga kini pelaku yaitu Venny Kurnianan binti Riduansyah, belum ditahan walaupun sudah berkali-kali menjadi jadi tersangka akibat banyaknya laporan masyarakat ke kepolisian.

Akibat oknum yang berprofesi guru SMP itu belum ditahan, maka dia semakin bebas melakukan aksi dengan mencari korban baru untuk ditipu dengan modus menjual tanah milik orang atau rumah orang.

Baca juga : Pj Bupati Maybrat Pantau Langsung Pembangunan Rumah Dinas Bupati

Saksi yang juga salah satu korban, dr. Andarias Baso mengatakan telah banyak laporan ke Polres Bulungan.

“Namun entah mengapa yang dilaporkan yakni Venny Kurnianan binti Riduansyah tidak ada tanda penyesalan bahkan tetap bebas beraksi di luar melakukan perbuatan yang sama pada orang,” ujarnya melalui siaran pers.

Baca juga : Ekaristi Pentahbisan Imam Baru di Maybrat: Wujud Nyata Kasih dan Pelayanan

Andarias mengatakan, sebagian korban penipuan merasa tertipu kedua kalinya dengan disuruh mencabut gugatan/laporan dengan janji akan dibayar secara cicil.

“Tetapi semua hanya tipuan karena setelah gugatan dicabut tidak kunjung ada cicilan. Sebagian pula korban tidak melaporkan sebab salah paham yakni menganggap bahwa nanti jika dilaporkan maka kerugian tidak kembali,” katanya.

Andarias mengatakan, selama bertahun-tahun melakukan penipuan, baru satu orang korban yang melaporkan hingga keluar putusan dari pengadilan. Namun hal inipun tidak membuat okunum guru tersebut menyadari perbuatannya.

Oknum guru tersebut bersama penasehat hukumnya melakukan banding terhadap putusan pengadilan. Namun putusan di Pengadilan Tinggi tetap mendakwa oknum guru tersebut bersalah. Terdakwa tidak kehilangan akal karena lagi-lagi dia melakukan upaya hukum lain yakni kasasi ke MA.

“Putusan MA Nomor 1148 K/Pid/2022 yang dimohonkan terdakwa Venny Kurniana binti Riduansyah telah memutuskan Menolak permohonan kasasi dari Pemohon Kasasi/Terdakwa VENNY KURNIANA binti RIDUANSYAH tersebut,” ujarnya.

Walaupun telah berkekuatan hukum tetap, hingga saat ini belum dilakukan penahanan terhadap oknum guru tersebut. Padahal, sejak putusan Pengadilan Negeri Tanjung Selor Nomor 11/Pid.B/2022/PN Tjs tanggal 17 Mei 2022 dan Putusan Pengadilan Tinggi Kalimantan Timur di Samarinda Nomor 130/PID/2022/PT SMR tanggal 5 Juli 2022 sudah adap perintah untuk menahan terdakwa.

Terdakwa dan penasehat hukumnya, menurut Andarias, selalu mencari celah untuk mengulur waktu agar tidak dilakukan penahanan.

“Saat ini terdakwa melakukan upaya PK lagi untuk mengulur waktu, padahal dasar atau alasan pengajuan PK terdakwa surat yang cacat hukum atau surat kesepakatan yang cacat hukum,” ujarnya.

“Saya (dr. Andarias Baso) selaku saksi dan juga salah satu korban mengharapkan agar MA tidak menerima permintaan PK terdakwa,” pungkasnya. ***

Artikel Terkait
Duka Mendalam di Maybrat: Pj Bupati Bernhard Rondonuwu Melayat Almarhum Wenan Frasiskus Kocu
Pj Bupati Maybrat Pantau Langsung Pembangunan Rumah Dinas Bupati
Ekaristi Pentahbisan Imam Baru di Maybrat: Wujud Nyata Kasih dan Pelayanan
Artikel Terkini
Hikmahanto Sebut Fatwa ICJ Tidak Berdampak pada Israel
Kemenperin Apresiasi Kolaborasi Perusahaan Bus untuk Tingkatan Nilai Tambah
Pos Fohuk Satgas Yonif 742/SWY Berikan Penyuluhan Tentang Bela Negara Kepada Warga Perbatasan
Menperin: Pembentukan Satgas Impor Ilegal Dukung Industri Manufaktur Indonesia
Minimalisir Dampak Kerugian Ekonomi, Menko Airlangga Tekankan Pentingnya Antisipasi Bencana Secara Efektif dan Berkesinambungan
Tentang Kami | Kontak | Pedoman Siber | Redaksi | Iklan
vps.indonews.id