INDONEWS.ID

  • Rabu, 05/04/2023 17:01 WIB
  • Kepala BSKDN Apresiasi Aplikasi WebGIS Kepong Bakol, Harap Pemanfaatannya Terus Ditingkatkan

  • Oleh :
    • luska
Kepala BSKDN Apresiasi Aplikasi WebGIS Kepong Bakol, Harap Pemanfaatannya Terus Ditingkatkan

Kubu Raya, INDONEWS.ID - Kepala Badan Strategi Kebijakan Dalam Negeri (BSKDN) Kementerian Dalam Negeri (Kemendagri) Yusharto Huntoyungo mengapresiasi aplikasi WebGIS Kepong Bakol milik Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Kubu Raya Provinsi Kalimantan Barat (Kalbar). 

Dalam kunjungannya tersebut, Yusharto meminta Pemkab Kubu Raya terus meningkatkan pemanfaatan apalikasi WebGIS Kepong Bakol sebagai media berbagi pakai data dan informasi geospasial tematik yang mudah diakses dan diintegrasikan sesuai kebutuhan. Dia menambahkan, fungsi WebGIS Kepong Bakol juga untuk menavigasi proses perencanaan dan pengambilan kebijakan di daerah, khususnya terkait dengan pembangunan rumah tangga. 

Baca juga : Kerja Sama dengan Koso Nippon, BSKDN Kemendagri Harap Daerah Terapkan Review Program

Dalam arahannya, Yusharto mengungkapkan, dirinya sangat berharap melalui aplikasi WebGIS Kepong Bakol masyarakat dapat lebih terinformasi dengan berbagai bentuk layanan yang bisa didapatkan."Apa yang sudah dibangun sebagai database di masing-masing dinas itu disatukan (dalam aplikasi), sehingga  akan membentuk ekosistem produsen data yang setidak-tidaknya masyarakat itu terinformasi tentang layanan yang bisa diberikan," ungkap Yusharto di Ruang Sekretariat Satu Data Kabupaten Kubu Raya pada Rabu, 5 April 2023. 

Dengan demikian, Yusharto berharap ke depannya WebGIS dapat menjadi inovasi produsen data yang dapat dikembangkan untuk melahirkan beragam inovasi lainnya. "Sehingga kita bisa mencatat bukan hanya inovasi ini, tetapi inovasi Bapak (Kepala Bappeda Litbang Kubu Raya) akan melahirkan inovasi-inovasi berikutnya membentuk satu ekosistem yang basisnya adalah data spasial yang sudah disediakan oleh Bappeda (Badan Perencanaan Pembangunan Daerah) yang _warehousing_-nya terjamin dilakukan bulanan," jelasnya. 

Baca juga : Kunjungi Papua Tengah, BSKDN Kemendagri Tegaskan Pentingnya Inovasi Dilihat dari Sudut Pandang Penerima Manfaat

Untuk meningkatkan manfaat, Yusharto mengimbau Pemkab Kubu Raya menindaklanjuti pengembangan WebGIS Kepong Bakol dengan melibatkan Organisasi Perangkat Daerah (OPD) di wilayahnya.  "Jangan sampai hanya sampai di sini, kita harus diskusi dengan masing-masing dinas untuk memetakan apa inovasi berikutnya yang bisa mereka cetuskan dengan adanya data yang sudah begitu bagus," tambahnya. 

Dalam kesempatan tersebut, Yusharto menyampaikan keinginannya untuk menjadikan WebGIS Kepong Bakol sebagai isu strategis kajian di BSKDN. Dia juga mengapresiasi dan menghargai langkah yang sudah dilakukan Pemkab Kubu Raya dalam proses mengembangkan aplikasi tersebut. 

Baca juga : Identifikasi Daerah Pilot Project, BSKDN Kemendagri Dukung Pertumbuhan Iklim Inovasi di Daerah 3T

"Kita bisa jadikan ini sebagai isu strategis kajian kita (BSKDN). Kami juga menghargai dan mengapresiasi langkah yang sudah dilakukan sampai saat ini dalam proses pengembangan, mencoba mengumpulkan data dengan benar, lalu coba menetapkan bisnis proses yang akan ditempuh untuk melakukan _warehousing_ data, ya setelah itu kan masuk ke proses pengambilan keputusan, melakukan analisa-analisa dan proses lainnya," pungkasnya. (Lka)

Artikel Terkait
Kerja Sama dengan Koso Nippon, BSKDN Kemendagri Harap Daerah Terapkan Review Program
Kunjungi Papua Tengah, BSKDN Kemendagri Tegaskan Pentingnya Inovasi Dilihat dari Sudut Pandang Penerima Manfaat
Identifikasi Daerah Pilot Project, BSKDN Kemendagri Dukung Pertumbuhan Iklim Inovasi di Daerah 3T
Artikel Terkini
Warung NKRI Digital, Cara BNPT Kolaborasikan Pencegahan Radikalisme dan Terorisme di Era Digitalisasi
Bahas Revitalisasi Data, Pj Bupati Maybrat Rapat Bersama tim Badan Pusat Statistik Setempat
Mendagri Atensi Keamanan Data Pemilih pada Penyelenggaraan Pilkada Serentak 2024
Kemendagri Serahkan DP4 kepada KPU sebagai Bahan Penyusunan DPT Pilkada Serentak 2024
Terima Peta Jalan Aksesi Keanggotaan OECD, Indonesia Perkuat Komitmen Konstitusional Berpartisipasi Aktif dalam Tatanan Dunia
Tentang Kami | Kontak | Pedoman Siber | Redaksi | Iklan
legolas