INDONEWS.ID

  • Kamis, 27/04/2023 09:55 WIB
  • Bupati Tanah Datar Berikan Apresiasi Musyawarah Besar Nagari Padang Magek

  • Oleh :
    • luska
Bupati Tanah Datar Berikan Apresiasi Musyawarah Besar Nagari Padang Magek

Tanah Datar, INDONEWS.ID -- Bupati Tanah Datar Eka Putra memberikan aspresiasi terlaksananya Musyawarah Besar Nagari Padang Magek, karena dapat menyatukan potensi anak nagari dan perantau dalam mempercepat Pembangunan Nagari Padang Magek.

Hal itu disampaikan Eka Putra waktu membuka Mubes Nagari Padang Magekpada saat itu, Bupati Tanah Datar Periode 2005-2015 M. Shadiq Pasadigoe, Camat Rambatan Roza Melfita, niniak mamak, bundo kanduang dan tokoh masyarakat lainnya di Komplek Sekolah Dasar (SD) Negeri 11.

Baca juga : Bupati Tanahdatar buka Grand Opening Sakato Aesthetic

Menurut Bupati    peran aktif perantau di Mubes mencerminkan rasa cintanya kepada kampung halaman untuk membangun tempat kelahirannya.

"Kegiatan ini juga menunjukan kekompakan masyarakat baik di ranah maupun di rantau dalam membangun nagari.

Baca juga : Ketua Pengadilan Negeri Batusangkar Dirikan Dapur dan Pendistribusian untuk Korban Banjir Bandang Tanah Datar

Harapannya, kegiatan Mubes nagari Padang Magek dapat ditiru nagari lainnya di Luhak Nan Tuo ini," ujarnya.

Bupati Eka Putra juga berharap melalui Mubes akan muncul gagasan yang akan menghasilkan perencanaan program kerja nagari, untuk mewujudkan masyarakat sejahtera dan madani.

Baca juga : Empat Jenazah korban banjir Bandang Batang Anai Dishalatkan

"Sinkronisasi program pemerintah kabupaten dan pemerintah nagari perlu menjadi perhatian, semoga apa yang dihasilkan dari Mubes ini, memberikan dampak luar biasa bagi masyarakat Padang Magek khususnya dan Tanah Datar umumnya,

Sementara itu, Wali Nagari Padang Magek Syafril Jamal mengatakan  Mubes nagari Padang Magek diikuti sebanyak 120 masyarakat terdiri dari  perantau, ninik mamak, pemuda dan tokoh masyarakat lainnya.

"Kita libatkan seluruh lapisan masyarakat untuk  melahirkan ide dan gagasan, yang sejalan dengan temanya yakni nagari bersinergi dan bangkit bersama," ujarnya.

Ia pun menginformasikan bahwa Bedah Rumah yang dilakukan perantau nagari Padang Magek telah berjalan selama beberapa tahun belakangan ini. 

"Setiap tahunnya, Bedah Rumah dilakukan tokoh perantau, sekarang satu Jorong, satu Bedah Rumah. Kedepannya, satu Jorong, dua sampai lima Bedah Rumah, mari semua didoakan," ujarnya.

Dikesempatan yang sama, Ketua Ikatan Perantau Padang Magek (IKPM) Jabodetabek H. Maidasril mengatakan program -program yang digagas perantau tidak lepas dukungan Pemda Tanah Datar sehingga berjalan dengan lancar. 

Terkait program Bedah Rumah, ia menyebutkan bahwa perantau nagari Padang Magek berkomitmen melaksanakannya di setiap tahunnya, "Insha Allah, program ini terus terlaksana di setiap tahun, minimal ada satu unit rumah untuk diperbaiki secara keseluruhan,"

Dalam rangkaian kegiatan itu , Bupati Eka Putra melakukan  peletakan Batu Pertama pembangunan bedah rumah yang diinisiasi perantau, di Jorong Guguak Gadang, Nagari Padang Magek, Kecamatan Rambatan.(M.Datuk)

Artikel Terkait
Bupati Tanahdatar buka Grand Opening Sakato Aesthetic
Ketua Pengadilan Negeri Batusangkar Dirikan Dapur dan Pendistribusian untuk Korban Banjir Bandang Tanah Datar
Empat Jenazah korban banjir Bandang Batang Anai Dishalatkan
Artikel Terkini
HUT Minahasa Tenggara ke 17, Pj Bupati Maybrat Saksikan Festival Benlak 2024 dan Makan Malam Bersama di Ranumboloy Water Park
PJ Bupati Maybrat Hadiri Pentas Seni Festival Benlak 2024 HUT Minahasa Tenggara ke 17
Saksikan Pekan Gawai Dayak Kalbar, Ratusan Warga Malaysia Serbu PLBN Aruk
Buka WWF ke-10, Presiden Jokowi Berharap Bisa Ciptakan Kepastian Distribusi Air Bersih
Realisasikan Investasi di Indonesia, Menko Airlangga Harapkan Lotte Chemical Dapat Menjadi Stimulus Pembangunan Industri Petrokimia Hilir Lokal
Tentang Kami | Kontak | Pedoman Siber | Redaksi | Iklan
legolas