INDONEWS.ID

  • Selasa, 02/05/2023 16:11 WIB
  • KTT ke-42 ASEAN 2023, Prioritaskan Penguatan Pilar Sosial Budaya Kawasan

  • Oleh :
    • very
KTT ke-42 ASEAN 2023, Prioritaskan Penguatan Pilar Sosial Budaya Kawasan
Juru Bicara Kementerian Luar Negeri, Teuku Faizasyah. (Foto: Humas Kemenlu)

 

Jakarta, INDONEWS.ID - Penguatan kerja sama pelindungan pekerja migran, arsitektur kesehatan kawasan, serta peningkatan pembangunan kawasan perdesaan, menjadi prioritas deliverables Indonesia pada KTT ke-42 ASEAN 2023 yang akan diselenggarakan di Labuan Bajo, Manggarai Barat, Nusa Tenggara Timur pada 9-11 Mei 2023.

Demikian disampaikan Juru Bicara Kementerian Luar Negeri, Teuku Faizasyah, Senin (2/5/2023) di Jakarta.

Baca juga : Hari Ini Presiden RI Pimpin Lima Pertemuan Hari Pertama KTT ke-42 ASEAN 2023

“Isu prioritas tersebut, selain mengedepankan Pilar Epicentrum of Growth dalam Keketuaan Indonesia 2023, juga turut menguatkan Pilar Sosial Budaya ASEAN secara umum,” katanya seperti dikutip dari siaran pers.

Staf Khusus Hubungan Luar Negeri Menteri Koordinator Bidang Pembangunan Manusia dan Kebudayaan (PMK), Kusnanto Anggoro, saat memimpin pertemuan Pejabat Tinggi Pilar Sosial Budaya (SOCA) ke-34, April 2023 lalu, telah mengungkapkan jika seluruh negara anggota ASEAN menyambut baik dan sepakat untuk mendorong percepatan proses deliverables Indonesia di Pilar Sosial Budaya ASEAN.

Baca juga : KTT ke-42 ASEAN Diawali Pertemuan Pejabat Senior

Dalam pertemuan SOCA ke-34, isu pengarusutamaan disabilitas dan peningkatan peran pemuda juga mendapatkan perhatian tersendiri. “Pertemuan mengapresiasi terselenggaranya ASEAN Youth Dialogue 2023 di Jakarta dan mengharapkan inisiatif terus dikembangkan, serta mencatat rencana penyelenggaraan Dialog Tingkat Tinggi terkait Isu Disabilitas,” ujar Kusnanto.

Pada kesempatan itu, Indonesia turut mengangkat dukungan pembekalan Timor Leste untuk menjadi anggota ASEAN ke depannya, melalui program magang ASN Timor Leste di kementerian/lembaga di Indonesia sebagai bentuk komitmen Indonesia untuk meningkatkan kapasitas Timor Leste.

Baca juga : Indonesia Dorong Penguatan Menyeluruh Penanggulangan Perdagangan Orang di KTT ASEAN 2023

Pertemuan SOCA adalah pertemuan Pejabat Tinggi Pilar Sosial Budaya ASEAN yang bertemu dua kali dalam satu tahun untuk membahas berbagai isu lintas sektor. Tahun ini, Indonesia menjadi ketua pertemuan tersebut.

Pada 8 Mei 2023 di Bali akan diselenggarakan pertemuan tingkat Menteri Pilar Sosial Budaya ASEAN (ASCC Council) yang akan dipimpin Menteri Koordinator Bidang PMK RI selaku Ketua ASCC Council 2023. ***

Artikel Terkait
Hari Ini Presiden RI Pimpin Lima Pertemuan Hari Pertama KTT ke-42 ASEAN 2023
KTT ke-42 ASEAN Diawali Pertemuan Pejabat Senior
Indonesia Dorong Penguatan Menyeluruh Penanggulangan Perdagangan Orang di KTT ASEAN 2023
Artikel Terkini
Simak Rekam Jejak dan Konsepnya! Dosen Senior IPDN "Turun Gunung" Bertarung Jadi Cabup Mamasa 2024-2029
Jet Tempur Sukhoi SU-30 MK2, Pesawat Hercules C-130 Dan Boeing 737-200 Pukau Ribuan pada Makassar International Eight Festival And Forum
Lilik Mardianto Rayakan Ulang Tahun Perkawinan dengan Sumbang Pompa Air untuk Masyarakat Waingapu Sumba Timur
Pos Kewar Satgas Yonif 742/SWY Bersama Puskesmas Weluli Berikan Asupan Gizi Kepada Anak Stunting di Perbatasan RI-RDTL
Santi Ayu Graito Kordinir UMKM hingga Berkembang
Tentang Kami | Kontak | Pedoman Siber | Redaksi | Iklan
vps.indonews.id