INDONEWS.ID

  • Rabu, 10/05/2023 16:50 WIB
  • Gelar PKU Akbar, Pimpinan PNM Wonogiri: Wujud Nyata Pemberdayaan untuk UMKM

  • Oleh :
    • Rikard Djegadut
Gelar PKU Akbar, Pimpinan PNM Wonogiri: Wujud Nyata Pemberdayaan untuk UMKM

Jakarta, INDONEWS.ID - Pimpinan cabang PT PNM Wonogiri, Setiyo Prihartaeni pihaknya menggelar program pengembangan kapasitas usaha (PKU) akbar sebagai wujud nyata pemberdayaan kepada pelaku usaha ultra mikro, mikro, kecil dan menengah.

Diketahui, Permodalan Nasional Madani atau PNM Wonogiri menggelar program pengembangan kapasitas usaha (PKU) Akbar di GOR Giri Mandala Wonogiri, Selasa (9/5). Kegiatan tersebut diikuti 1.000 peserta.

Baca juga : PNM Wonogiri Gelar PKU Akbar Dorong Usaha Ultra Mikro Naik Kelas

“Ada pendampingan dan pelatihan yang kita lakukan intens dalam setahun. PNM terus membuka diri untuk berkolaborasi dengan pihak external dan pemerintah daerah. Dengan sinergi dan kolaborasi ini diharapkan bisa terus mendorong percepatan pertumbuhan UMKM supaya bisa segera naik kelas,” beber Setiyo Prihartaeni.

Hal tersebut juga merupakan ikhtiar dari PT PNM Wonogiri dalam memberikan kontribusi untuk meningkatkan kesejahteraan masyarakat, khususnya masyarakat ultra mikro. Setiyo menerangkan, dalam PKU Akbar itu, dilakukan sejumlah pelatihan dan pendampingan. Mulai dari edukasi terkait keuangan, digital hingga pengembangan bisnis.

Baca juga : Gencar Berdayakan Masyarakat, PNM Resmikan Kampung Madani di Desa Gunturharjo, Wonogiri

“Harapannya, ini nanti bisa bermanfaat, khususnya bagi pelaku usaha ultra mikro dalam mengembangkan bisnisnya” terang dia.

Ada dua produk unggulan dari PT PNM, yakni ULaMM (Unit Layanan Usaha Mikro) untuk perorangan yang bergerak di usaha mikro, kecil dan menengah.

Satu produk unggulan lainnya adalah Mekaar (Membina Ekonomi Keluarga Sejahtera). Ini dikhususkan untuk ibu-ibu pra sejahtera dengan sistem kelompok dan tanpa jaminan.

“Yang hadir dalam acara ini juga mayoritas ibu-ibu Mekaar. Ibu-ibu tangguh dan gigih serta menjadi penopang ekonomi keluarga,” kata Setiyo Prihartaeni.

Tidak salah jika Presiden Joko Widodo dan Menteri BUMN Erick Thohir menyebut ibu-ibu Mekaar sabagai pejuang ekonomi keluarga dan pejuang ekonomi warga karena turut memberdayakan lingkungan sekitar.

Termasuk menjadi garda terdepan yang menjaga roda ekonomi di lapis terbawah terus bergulir, baik sebelum dan sesudah pandemi. “Ekonomi di lapisan masyarakat ultra mikro terus bergulir berkat ibu-ibu ini,” ucapnya.

Setiyo secara khusus juga berterima kasih kepada Pemkab Wonogiri dan pihak eksternal yang ikut menyukseskan PKU Akbar. PT PNM Wonogiri berkomitmen bersama semua pihak mendorong percepatan perkembangan UMKM khususnya usaha ultra mikro untuk segera naik kelas.

Termasuk bekerja sama dengan BRI dan Pegadaian untuk memberikan layanan yang lengkap dan terintegrasi dalam Holding Ultramikro. Juga menggandeng OJK dalam memberikan edukasi kepada masyarakat untuk lebih jeli saat berinvestasi, mencari pinjaman dan lainnya.

 

Artikel Terkait
PNM Wonogiri Gelar PKU Akbar Dorong Usaha Ultra Mikro Naik Kelas
Gencar Berdayakan Masyarakat, PNM Resmikan Kampung Madani di Desa Gunturharjo, Wonogiri
Artikel Terkini
Direktur GKI Beri Materi Kewirausahaan untuk Pelajar SMKS Bina Mandiri Labuan Bajo
Menjadi Tulang Punggung Pengembangan Usaha Ultra Mikro Indonesia, PNM Ikuti 57th APEC SMEWG
Tiga Orang Ditemukan Meninggal Akibat Tertimbun Longsor di Kabupaten Garut
Pimpin Proses Penyiapan dan Percepatan Keanggotaan Indonesia pada OECD, Presiden Joko Widodo Tunjuk Menko Perekonomian sebagai Ketua Tim Nasional OECD
Kemendagri Dukung Pelaksanaan Proyek Strategis Nasional Melalui Optimalisasi Kebijakan Fiskal Nasional
Tentang Kami | Kontak | Pedoman Siber | Redaksi | Iklan
legolas