INDONEWS.ID

  • Rabu, 17/05/2023 08:10 WIB
  • Gelar Rapat Forkopimda, Pj Bupati Maybrat Ungkap Kondisi Terkini Eksodus Timur Raya dan Aifat Selatan Raya

  • Oleh :
    • Rikard Djegadut
Gelar Rapat Forkopimda, Pj Bupati Maybrat Ungkap Kondisi Terkini Eksodus Timur Raya dan Aifat Selatan Raya

Jakarta, INDONEWS.ID - Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Maybrat melaksanakan rapat Forkopimda membahas terkait pemulangan eksodus di wilayah Aifat Timur Raya dan Aifat Selatan Raya, Selasa (16/5/2023).

Rapat dipimpin langsung Pj. Bupati Maybrat Dr. Bernhard E. Rondonuwu, S.Sos, M.Si dan dihadiri Komandan Korem 181/PVT Kolonel Inf. Juniras Lumban Toruan, S.Sos,. M.Si dan LO Polda Papua Barat Daya Kombes Pol. Budi Utomo S.I.

Baca juga : Pj Bupati Maybrat Dukung Penuh Proses Studi Masterplan Kementerian PUPR untuk Revitalisasi Danau Ayamaru

Selain itu, tampak hadir Kapolres Maybrat AKBP Gleen Rooi Molle, S.I.K, Dandim 1809 Maybrat Letkol Inf Yohanes Andi Wibowo, Danyon Zipur 20/PPA Letkol CZI tri Wibowo Angga Astono, Dansatgas Yonif 133/YS Letkol Inf Andhika Ganessakti, Dansatgas Yonif 623/ BWU Letkol Inf Dhuwi Hendrajaja, SSos, Danyon B Brimob Pelopor Sorong / Kompol. Jandry Sairlela, S.I.K., M.M;

Sekda Maybrat Ferdinandus Taa, SH, M.Si, Asisten I Sekda Maybrat Dra. Yohana Iek, M.Si, Asisten II Sekda Maybrat Engelbertus Turot, SP, M.Si, Asisten III Sekda Maybrat Manase Kareth, SE, Ketua Kalsis Aifat Pdt Sepianus Assem, S.Th dan para pimpinan OPD dan kepala Distrik serta Kepala Kampung di wilayah aifat timur raya.

Baca juga : Terima Barang Milik Negara dengan Direktorat Jenderal Perumahan Kemen PUPR

“Semua kegiatan yang kita laksanakan terkait pemulangan eksodus butuh proses. Jangan sampai ada kesalahan untuk kita semua. Pemulangan eksodus di wilayah Aifat Timur Raya dan Aifat Selatan Raya sebagian besar sudah berjalan,” ungkap Bernhard.

Ia mengatakan, Menteri Polhukam, Menteri Pupr dan lainnya juga mendukung program pemulangan para eksodus. Ia pun mengajak semua berjuang bersama untuk masyarakat khususnya di Aifat Timur dan Aifat Selatan agar mereka semua bisa kembali ke kampung halamannya seperti dulu.

Baca juga : Pj Bupati Maybrat Hadiri Musrenbangnas 2024

"Saya sudah sampai di Ayata. Puji Tuhan sudah aman di sana. Saya tekankan kepala distrik dan kepala kampung untuk tinggal di sana. Kalau tidak mau tinggal di sana berarti siap saya ganti,” ujar Bernhard.

Kepada Kepala kampung yang tidak mau tinggal di kampungnya, sambung Bernhard tidak akan diberikan rekomendasi dana kampung.

“Saya juga mau tahun ajaran baru besok sudah ada aktifitas belajar mengajar di wilayah Aifat Timur Raya dan Aifat Selatan Raya. Pemda Maybrat akan segera menjalankan aktifitas pemerintahan dan pembangunan di kampung Wilayah Aifat Timur dan Aifat Selatan,” paparnya.

Menurut Bernhard, Pemkab Maybrat juga memberikan jaminan selama 6 bulan kepada eksodus yang sudah kembali ke kampungnya. Namun, ia juga menegaskan tidak akan membantu eksodus yang tinggal di luar kampungnya.

Saya sudah mendapatkan surat dari Wamendagri untuk pemulangan eksodus dilaksanakan sampai dengan bulan Oktober. Saya sudah melakukan upaya-upaya melalui semua bidang termasuk bertemu Ketua Sinode. Saya juga bertemu dengan Keuskupan,” paparnya.

Selain itu, Pemkab Maybrat juga sudah bersurat dan bertemu dengan Komnas Ham, serta mengajukan jalan Susumuk-Moskona sebagai jalan prioritas utama atau jalan trans Papua agar segera diperhatikan oleh pemerintah pusat.

"Kalau semua yang hadir ini kita tidak berkerja sama, pasti tidak akan jalan. Terkait pembiayaan satgas, saya tegaskan kembali ini menggunakan dana APBN bukan APBD,” tandasnya.

Sementara itu, perwakilan gereja mengatakan pihaknya mendukung penuh pemulangan para eksodus ini. Gereja akan mendukung penuh upaya yang dilakukan Pembak Maybrat.

Artikel Terkait
Pj Bupati Maybrat Dukung Penuh Proses Studi Masterplan Kementerian PUPR untuk Revitalisasi Danau Ayamaru
Terima Barang Milik Negara dengan Direktorat Jenderal Perumahan Kemen PUPR
Pj Bupati Maybrat Hadiri Musrenbangnas 2024
Artikel Terkini
Pastikan Arus Barang Kembali Lancar, Menko Airlangga Tinjau Langsung Pengeluaran Barang dan Minta Instansi di Pelabuhan Tanjung Priok Bekerja 24 Jam
Umumkan Rencana Kedatangan Paus Fransiskus, Menteri Agama Dukung Penuh Pengurus LP3KN
Mendagri Tito Lantik Sekretaris BNPP Zudan Arif Fakrulloh Jadi Pj Gubernur Sulsel
Perayaan puncak HUT DEKRANAS
Kemendagri Tekankan Peran Penting Sekretaris DPRD Jaga Hubungan Harmonis Legislatif dengan Kepala Daerah
Tentang Kami | Kontak | Pedoman Siber | Redaksi | Iklan
legolas