INDONEWS.ID

  • Rabu, 21/06/2023 20:01 WIB
  • Pushidrosal Berikan Brevet Kehormatan Kepada Mantan Presiden RI ke 5 Megawati Soekarno Putri

  • Oleh :
    • luska
Pushidrosal Berikan Brevet Kehormatan Kepada Mantan Presiden RI ke 5 Megawati Soekarno Putri

Jakarta, INDONEWS.ID - Pusat Hidro-Oseanografi TNI Angkatan Laut (Pushidrosal) memberikan brevet kehormatan kepada mantan presiden RI dan juga Ketua Dewan Pengarah Badan Riset dan Inovasi Nasional (BRIN) Megawati Soekarnoputri pada peringatan Hari Hidrografi Dunia Ke-102 di Gedung Balai Samudera, Jakarta, Rabu (21/6/2023).

Penyematan dilaksanakan oleh Wakil Kepala Staf TNI AL Laksamana Madya TNI Ahmadi Heri Purwono dan Komandan Pusat Hidro-Oseanografi TNI AL (Danpushidrosal) Laksamana Madya TNI Nurhidayat menyerahkan jaket dengan Brevet Hidro-Oseanografi Pushidrosal.

Baca juga : Ketua MPR RI dan Putra Sulung Megawati Soekarno Putri, Mohammad Rizki Pratama (Tatam) Dapat Gelar Dato` Sri Utama dari Sultan Kotapinang XIV

Pemberian brevet kehormatan tersebut tertuang dalam Surat Keputusan (SK) yang diteken oleh Kepala Staf TNI Angkatan Laut Laksamana TNI Muhammad Ali.

"Kepala Staf Angkatan Laut mempertimbangkan, memutuskan, dan menetapkan keputusan pemberian brevet kehormatan kepada Prof. Dr. (HC) Megawati Soekarnoputri, jabatan Ketua Dewan Pengarah Badan Riset dan Inovasi Nasional (BRIN)," demikian isi SK Kepala Staf TNI AL Nomor KEP/1517/VI/2023 dan Nomor KEP/1518/IV 2023.

Baca juga : Sinyal Umumkan Capres, Puan: Akan Ada Kejutan di HUT PDIP

Selain itu, Brevet Hidro-Oseanografi diberikan juga kepada pejabat negara, para ahli, dan tokoh-tokoh yang diyakini berjasa terhadap kemajuan Pushidrosal dan perkembangan hidrografi dan oseanografi di tingkat nasional dan internasional.

Presiden RI Kelima Megawati Soekarno Putri mengatakan kerja sama antara Badan Riset dan Inovasi Nasional (BRIN) dengan Pusat Hidro Oseanografi TNI AL (Pushidrosal) dalam melakukan penelitian Laut dalam Indonesia bisa berimbas positif ke sisi kelautan Indonesia.

"Saya percaya, bahwa melalui riset dan inovasi, serta kerja sama dengan seluruh stakeholders di dalam menggali semua potensi kelautan Indonesia, akan mempercepat jalan kemakmuran Indonesia," kata Megawati usai menerima Brevet tersebut.

Megawati menilai Pushidrosal mampu memetakan apa yang disebut laut dalam di Indonesia melalui ekspedisi Jala Citra I, II, dan III. 

"Kerja sama antara Badan Riset Inovasi Nasional dengan Pusat Oceanografi TNI AL (Pushidrosal) menjadi bukti. Pushidrosal telah berhasil memetakan Laut Dalam Indonesia melalui ekspedisi Jala Citra I, II, dan III. Hasil ekspedisi Jala Citra tersebut telah membawa Pushidrosal ke panggung dunia dengan diterimanya sebagai Anggota Tetap Hidro Oseanografi Dunia di bawah UNESCO," ujarnya.

Dalam kesempatan yang sama, Pushidrosal juga memberikan brevet kehormatan Hidro-Oseanografi kepada Asisten Perencanaan dan Anggaran (Asrena) Kasal Laksamana Muda (Laksda) TNI Iwan Isnurwanto, Direktur Jenderal Hukum dan Perjanjian Internasional Kementerian Luar Negeri RI Amrih Jinangkung, dan Dubes Luar Biasa dan Berkuasa Penuh (LBBP) RI untuk Yunani Bebeb AK Nugraha Djundjunan. (Lka)

Artikel Terkait
Ketua MPR RI dan Putra Sulung Megawati Soekarno Putri, Mohammad Rizki Pratama (Tatam) Dapat Gelar Dato` Sri Utama dari Sultan Kotapinang XIV
Sinyal Umumkan Capres, Puan: Akan Ada Kejutan di HUT PDIP
Artikel Terkini
TOZO Memperkenalkan Deretan Produk Inovatif Terbaru: TOZO Open Buds Sebagai Flagship
Perayaan Hari Ulang Tahun ke 15 Kabupaten Maybrat
SMP Islam Al Azhar BSD Raih juara 1 Tari Tradisional di Spanyol
Tanggapi Tuduhan Ade Pencuri, Lawyer Gaul: gak Cocok sama Faktanya
Terus Bermanuver Menuju Pilkada NTT, Cagub Ardy Mbalembout dan Irjen Jonny Asadoma Gelar Pertemuan Tertutup di Jakarta
Tentang Kami | Kontak | Pedoman Siber | Redaksi | Iklan
legolas