INDONEWS.ID

  • Sabtu, 24/06/2023 09:41 WIB
  • Dirawat di RS Mayapada, Politisi Gerinda Meninggal Dunia

  • Oleh :
    • Rikard Djegadut
Dirawat di RS Mayapada, Politisi Gerinda Meninggal Dunia

Jakarta, INDONEWS.ID - Politisi Partai Gerindra, Desmond Junaidi Mahesa meninggal dunia di RS Mayapada pada Sabtu 24 Juni 2023. Kabar meninggalnya mantan aktivis `98 tersebut dibenarkan oleh anggota Komisi VI DPR RI Andre Rosiade.

Andre mengatakan bahwa Desmond mengembuskan napas terakhirnya di Rumah Sakit (RS) Mayapada, Jakarta pada Sabtu pagi. Jenazah Desmond rencananya disemayamkan di rumah duka di Jalan Saco 1, Ragunan, Pasar Minggu, Jakarta Selatan.

Andre menambahkan, setelah disemayamkan, jenazah Desmond akan dimakamkan di Al Azhar Karawang.

"Iya (Desmond meninggal)," kata Andre saat dihubungi Kompas.com, Sabtu (24/6/2032).

Sebelum menjadi politikus, Desmond aktif di beberapa organisasi kemasyarakatan dan lembaga bantuan hukum. Dia merupakan pendiri dari Konsorsium Pebaharuan Agraria (KPA) tahun 1994, juga pernah menjadi Presidium Nasional WALHI tahun 1995/1996.

Pernah juga menjadi Direktur YLBH Nusantara Bandung tahun 1996/1997, Direkur YLBH Nusantara 1997/1998, dan Ketua YLBH Banjarmasin tahun 1997/1998.

"Namanya mulai dikenal publik sejak menjadi salah satu korban penculikan aktivis pro demokrasi pada tahun 1997/1998. Saat itu dirinya tercatat sebagai salah satu aktivis dan mahasiswa yang berjuang menegakkan keadilan dan demokrasi pada masa pemerintahan Orde Baru yang dipimpin Soeharto," tulis Gerindra di situsnya.

Desmond masuk Partai Gerindra dan menjadi anggota DPR RI tiga periode sejak tahun 2009 hingga sekarang. Tahun ini, dia menjabat sebagai Wakil Ketua Komisi III DPR RI.

Pada Pemilu 20019, dia menjadi anggota DPR mewakili daerah pemilihan (dapil) Banten II yang mengantongi 103.837 suara dan menjadi Juara Dapil pada Pemilu Legislatif 2019.

Di Gerindra, Desmond kini menjadi Wakil Ketua Dewapn Pembina Partai. Nama dan sosoknya dikenal publik lewat kabar-kabar politik dan legislasi.

Sebelumnya, Desmond meninggal dunia, dia sempat dirawat di Rumah Sakit (RS) Mayapada, Lebak Bulus, Jakarta Selatan.

Hal ini disampaikan oleh Ketua Harian DPP Partai Gerindra, Sufmi Dasco Ahmad, yang saat ini masih berada di Makkah untuk menunaikan ibadah haji. Dasco mendapat kabar dari istri Desmond.

"Memang Desmond dari kemarin masuk Rumah Sakit Mayapada. Dan, hari ini pukul empat subuh telah meninggal dunia. Saya kebetulan di Makkah mendapat telepon dari istrinya yang mengabarkan berita duka cita ini," kata Dasco.

Artikel Terkait
Artikel Terkini
Engelbertus Turot Asisten II Setda Kabupaten Maybrat Bantu Percepat Proses Akreditasi Puskesmas di Maybrat
Kabupaten Maybrat Rayakan HUT Ikatan Bidan Indonesia ke 73
Tingkatkan Layanan Bidang Kesehatan, Pj Gubernur Agus Fatoni Teken MoU Jejaring Pengampuan Layanan Prioritas Rumah Sakit
Perkuat Semangat Persaudaraan Antara Siswa, SMP Notre Dame Gelar Paskah Bersama dan Peringatan Hardiknas 2024
PNM Mekaar Beri Reward Ketua Kelompok Unggulan Studi Banding Olahan Jamu Tradisional
Tentang Kami | Kontak | Pedoman Siber | Redaksi | Iklan
legolas