INDONEWS.ID

  • Rabu, 28/06/2023 08:07 WIB
  • Pameran Batik dan Pagelaran Budaya Indonesia Meriahkan Ulang Tahun Kota Vologda Rusia

  • Oleh :
    • luska
Pameran Batik dan Pagelaran Budaya Indonesia Meriahkan Ulang Tahun Kota Vologda Rusia

Moskow, INDONEWS.ID - Sebanyak 20 helai kain batik, wayang golek dan kerajinan tangan Indonesia menghiasi ruangan di Vologda Regional Art Gallery pada pembukaan pameran “Two Countries: Loyalty to Traditions” di Kota Vologda, Rusia (25/07). Batik Indonesia tersebut dipamerkan bersama-sama lukisan karya pelukis Rusia Darya Karacheva, Artur Mirzoyan, Alexander, Mark dan Olga Smirnov, hingga 16 Juli 2023.

Pameran “Two Countries: Loyalty to Traditions” yang pembukaannya bersamaan dengan HUT ke-876 Kota Vologda, merupakan kolaborasi KBRI Moskow, Pemerintah Kota Vologda, Friendship Society with Indonesia, Russian Association for International Cooperation, Art Project Through the Eyes of an Artist, dan museum Susloparov House.

Baca juga : Musik Gamelan Menggema di Eurasian Music Festival 2023 di Taman Kota Moskow

“Terima kasih KBRI Moskow atas kesediaan melaksanakan pameran batik di Vologda, ini menjadi hadiah ulang tahun yang indah untuk Kota Vologda” ujar Wali Kota Vologda, Sergey Voropanov. Ia berharap pameran batik ini dapat menjadi pintu kerja sama antara Indonesia dengan Daerah Vologda di masa mendatang.

Mewakili Duta Besar, Wakil Kepala Perwakilan RI di Moskow, Berlian Helmy menyampaikan ucapan selamat HUT untuk Kota Vologda dan memberikan penjelasan tentang batik kepada para peserta.

Baca juga : Seni Budaya Jawa Tampil di Tchaikovsky Comservatory, Moskow

“Karena filosofinya yang mendalam dan keunikan cara pembuatannya, pada 2 Oktober 2009 UNESCO telah menetapkan batik sebagai Warisan Kemanusiaan untuk Budaya Non-Benda” ungkap Berlian.

Pembukaan pameran batik juga dimeriahkan penampilan seni budaya Indonesia yang dibawakan 2 penari Kirana Nusantara Dance dengan tarian “Mojang Priangan” dan tembang Jawa dengan alat musik Rebab oleh Tri Koyo dari sanggar gamelan Dadali binaan KBRI Moskow. Selain itu kelompok tari Rusia juga menyuguhkan 2 nomor tarian Rusia yang dinamis.

Baca juga : Pendar Keragaman Budaya Indonesia oleh Mahasiswa Indonesia di Kazan

Acara pembukaan dihadiri 60 orang, termasuk pejabat dan jajaran Pemerintah Kota dan Provinsi Vologda, Duta Besar Sri lanka untuk Rusia, perwakilan pemerintah Belarus, media dan masyarakat kota Vologda lainnya yang secara umum memberikan apresiasi tinggi atas pameran batik dan pagelaran budaya Indonesia.

Vologda adalah kota berpenduduk 318.000 jiwa dengan luas wilayah 116km2 yang berjarak 480km dari Kota Moskow. Vologda merupakan kota sejarah, budaya, dengan ekonomi yang ditopang industri pengolahan dan pembangkit listrik.

 

 

Artikel Terkait
Musik Gamelan Menggema di Eurasian Music Festival 2023 di Taman Kota Moskow
Seni Budaya Jawa Tampil di Tchaikovsky Comservatory, Moskow
Pendar Keragaman Budaya Indonesia oleh Mahasiswa Indonesia di Kazan
Artikel Terkini
Hikmahanto Sebut Fatwa ICJ Tidak Berdampak pada Israel
Kemenperin Apresiasi Kolaborasi Perusahaan Bus untuk Tingkatan Nilai Tambah
Pos Fohuk Satgas Yonif 742/SWY Berikan Penyuluhan Tentang Bela Negara Kepada Warga Perbatasan
Menperin: Pembentukan Satgas Impor Ilegal Dukung Industri Manufaktur Indonesia
Minimalisir Dampak Kerugian Ekonomi, Menko Airlangga Tekankan Pentingnya Antisipasi Bencana Secara Efektif dan Berkesinambungan
Tentang Kami | Kontak | Pedoman Siber | Redaksi | Iklan
vps.indonews.id