INDONEWS.ID

  • Minggu, 16/07/2023 16:34 WIB
  • Festival Seni dan Budaya, dapat Apresiasi Anggota Wantimpres dan Staf Khusus Menteri

  • Oleh :
    • rio apricianditho
Festival Seni dan Budaya, dapat Apresiasi Anggota Wantimpres dan Staf Khusus Menteri

Jakarta, INDONEWS.ID - Mitra Seni Indonesia (MSI) menggelar festival seni dan bazar, menampilkan keaneka ragaman seni budaya Nusantara serta produk UMKM dalam rangka memeriahkan Hari Ulang Tahun Jakarta ke 496 dan Hari Anak Nasional dan juga hari keluarga MSI. Festival ini mendapat apresiasi dari berbagai kalangan, seperti anggota Dewan Pertimbangan Presiden serta Staf Khusus Menteri.

Hal itu dikatakan Sitti Solvia Basri humas MSI, menurutnya MSI menggelar festival ini selama 4 hari, hari pertama festival dibuka Kepala Dinas Kebudayaan DKI Jakarta. Sementara hari keempat atau penutupan, panitia menyelenggarakan aneka seni yang berkaitan dengan Hari Anak Nasional serta hari keluarga MSI.

Baca juga : Sosok Pendidik di Balik "Senyawa Seni Sastra dan Budaya dalam CelupanNya"

"Kami mengajak yayasan Syndrome Down Indonesia memeriahkan festival ini, mereka menampilkan seni yang dibawakan oleh anak-anak penderita down syndrome. Selain itu ada peragaan busana yang dikenakan ibu dan anak atau oma dan cucunya", ucapnya.

Dijelaskan, selama 4 hari penyelenggaran banyak kreasi seni yang ditampilkan para peserta, ada peragaan busana karya anggota MSI, lalu tarian tradisional dari berbagai daerah. Adanya bazar bagi pengunjung, para pelaku bazar ini merupakan UMKM yang juga merupakan anggota MSI.

Baca juga : Budaya dipadukan UMKM, Andrinof: Harus Didukung Semua Pihak

Menurutnya, festival seni dan budaya mendapat apreasiasi dari Sidarto Danusubroto anggota Wantimpres yang berpesan, budaya sangat penting untuk persatuan bangsa, karena budaya harus terus disosialisasikan ke generasi muda agar mereka semakin cinta dengan tanah air.

Pengenalan budaya nasional pada generasi muda diharapkan mampu menghilangkan pengaruh budaya asing. Dan diharapkan generadi muda bisa ikut melestarikan budaya sendiri melalui festival seni dan budaya yang diselenggarakan MSI.

Baca juga : Pagelaran Budaya, Puteri Bung Hatta: Kita Harus Lestarikan jangan Sampai seperti Amerika Latin

Sitti juga menyampaikan apresiasi Samuel Watinena staff khusus Menteri Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak. Bahwa festival yang digelar MSI merupakan bagian dari melestarikan budaya sendiri, terutama bagi kaum ibu dan anak-anak.

Ketika ditemui Sitti tengah memandu pegelaran busana, peragaan tersebut mempererat hubungan ibu dan anak serta oma dan cucunya lewat busana kreasi mereka sendiri dengan sentuhan etnik dari berbagai daerah.

Ditengah kesibukannya, ia berharap, dengan adanya festival seni ini, generasi muda tak melupakan budaya sendiri meski pengaruh budaya asing masuk ke Indonesia. Dan festival ini sekaligus melestarikan seni dan budaya Indonesia melalui bazar, banyak kreasi seni dari berbagai daerah, semoga kreasi seni para peserta bazar bisa menjadikan seni dan budaya kita diminati kaum muda.

Artikel Terkait
Sosok Pendidik di Balik "Senyawa Seni Sastra dan Budaya dalam CelupanNya"
Budaya dipadukan UMKM, Andrinof: Harus Didukung Semua Pihak
Pagelaran Budaya, Puteri Bung Hatta: Kita Harus Lestarikan jangan Sampai seperti Amerika Latin
Artikel Terkini
Akibat Banjir Bandang Di Tanah Datar, 8 warga Tewas dan 12 Orang Masih dinyatakan hilang
Pj Gubernur Agus Fatoni Lepas Keberangkatan 445 Jemaah Calon Haji Kloter Pertama Embarkasi Palembang
Pos Mahen Satgas Yonif 742/SWY Ajari Murid SDN Baudaok Cara Mengolah Sampah Plastik
Indonesia-Kazakhstan untuk Rampungkan Perjanjian Promosi dan Perlindungan Investasi
Prof Dr H Yulius SH MH Ketua Kamar TUN Mahkamah Agung Diwawancara Ekslusif Majalah MATRA
Tentang Kami | Kontak | Pedoman Siber | Redaksi | Iklan
legolas