INDONEWS.ID

  • Senin, 31/07/2023 09:15 WIB
  • Kolaborasi PNM dengan 8 Perguruan Tinggi Kembangkan sektor UMKM di Indonesia

  • Oleh :
    • Rikard Djegadut
Kolaborasi PNM dengan 8 Perguruan Tinggi Kembangkan sektor UMKM di Indonesia

Jakarta, INDONEWS.ID - Sebanyak 8 perguruan tinggi swasta (PTS) melakukan kolaborasi dengan PT Permodalan Nasional Madani (PNM). Kolaborasi ini bertujuan untuk pemberdayaan dan pengembangan sektor usaha kecil, micro dan menengah di Indonesia.

Delapan Perguruan Tinggi Swasta (PTS) melakukan kolaborasi yakni Universitas Persada Indonesia, STIMA IMMI, Institut Pariwisata Trisaksi, Universitas Sahid, STIE Indonesia, Universitas Satya Negara Indonesia, Institut Bisnis Nusantara, STIE Indonesia Banking School.

Baca juga : PNM Siap Berkontribusi Tingkatkan Ekonomi Keluarga Nelayan di Aceh

Delapan PTS ini melakukan kolaborasi strategis dalam upaya pemberdayaan Usaha Mikro, Kecil, dan Menengah (UMKM) yang telah di bina oleh Permodalan Nasional Mandiri (PNM).

Kolaborasi ini bertujuan untuk memberikan dukungan holistik dan berkelanjutan bagi UMKM dalam menghadapi tantangan ekonomi. Kegiatan yang berlangsung pada tanggal 28-29 Juli 2023 ini mengambil lokasi di sekitar Pantai Carita, Banten, Jawa Barat.

Baca juga : Cerita Nasabah PNM Unit Cempaka Banjarmasin: Tas Cantik Karyanya Pernah Dipesan 600 Pcs

Kolaborasi antara perguruan tinggi ini merupakan bentuk komitmen nyata untuk berkontribusi dalam mengembangkan sektor UMKM di Indonesia. Melalui pendekatan sinergis dan penggabungan keahlian masing-masing pihak, program ini akan memberikan dampak yang signifikan bagi pertumbuhan dan perkembangan UMKM.

Upaya pemberdayaan ini menyasar UMKM yang telah mendapatkan pembinaan dari Permodalan Nasional Mandiri (PNM), lembaga keuangan yang telah memiliki rekam jejak yang mengesankan dalam membantu UMKM berkembang.

Baca juga : Bos PNM Dorong Ekosistem Holding UMi Jaga Kesinambungan Usaha Nasabah

Kolaborasi ini menegaskan komitmen perguruan tinggi dalam membangun ekosistem yang inklusif dan berkelanjutan bagi UMKM di Indonesia. Bersama-sama, akan terus mendukung para pelaku UMKM untuk mencapai potensi penuh mereka dan menjadi tulang punggung yang kuat dalam pertumbuhan ekonomi negara.

Kegiatan yang diikuti oleh 41 dosen ini didampingi oleh Prof. Giyatmi (Universitas Sahid) dan Prof. Harries Madiistriyatno (STIMA IMMI). Selain itu kegiatan ini juga akan menghasilkan output dalam bentuk penulisan artikel yang akan diterbitkan dalam jurnal dan diikuti dengan penelitian. ***

Artikel Terkait
PNM Siap Berkontribusi Tingkatkan Ekonomi Keluarga Nelayan di Aceh
Cerita Nasabah PNM Unit Cempaka Banjarmasin: Tas Cantik Karyanya Pernah Dipesan 600 Pcs
Bos PNM Dorong Ekosistem Holding UMi Jaga Kesinambungan Usaha Nasabah
Artikel Terkini
Hikmahanto Sebut Fatwa ICJ Tidak Berdampak pada Israel
Kemenperin Apresiasi Kolaborasi Perusahaan Bus untuk Tingkatan Nilai Tambah
Pos Fohuk Satgas Yonif 742/SWY Berikan Penyuluhan Tentang Bela Negara Kepada Warga Perbatasan
Menperin: Pembentukan Satgas Impor Ilegal Dukung Industri Manufaktur Indonesia
Minimalisir Dampak Kerugian Ekonomi, Menko Airlangga Tekankan Pentingnya Antisipasi Bencana Secara Efektif dan Berkesinambungan
Tentang Kami | Kontak | Pedoman Siber | Redaksi | Iklan
vps.indonews.id