INDONEWS.ID

  • Selasa, 15/08/2023 10:29 WIB
  • Siapa yang akan menjadi Presiden, selaku penerus kelanjutan Pembangunan Nasional dan Kebijakan Ekonomi Makro yang telah dirintis oleh Presiden Joko Widodo?

  • Oleh :
    • luska
Siapa yang akan menjadi Presiden, selaku penerus kelanjutan Pembangunan Nasional dan Kebijakan Ekonomi Makro yang telah dirintis oleh Presiden Joko Widodo?

Oleh: Atmonobudi Soebagio

Ketika bangsa Indonesia telah menyaksikan sendiri hasil pembangunan nasional, yang diawali dengan 10 tahun pembangunan infrastruktur transportasi darat, laut dan udara, serta infrastruktur pendukung pertanian yg telah dirintis oleh Presiden Joko Widodo, maka kontinuitas pembangunan tersebut _wajib dilanjutkan_ oleh Presiden terpilih di Pilpres 2024.

Mengapa kata “wajib” tersebut perlu digarisbawahi?

Mayoritas  rakyat Indonesia sangat puas dengan kinerja Pak Jokowi dan kabinetnya. Dan pengakuan tsb dibuktikan oleh hasil survei Tingkat Kepuasan Publik thd Kinerja Pak Joko Widodo yg mencapai 82%.

Namun, pembangunan infrastruktur maupun kebijakan ekonomi yg telah dilakukan oleh Pak Jokowi dkk belum selesai, dan masih perlu dilanjutkan di dalam program kerja 10 tahun ke depan. 

Perlu dipahami bersama, bhw 
_Pembangunan perlu dilanjutkan, jika Indonesia ingin beralih menjadi Negara Maju dan mencapai Indonesia Emas._ 

Terkait dengan Kesepakatan Global di COP26, Indonesia juga bertekad untuk mencapai target _Zero Emission di tahun 2060._

_Pertanyaan pun muncul di kalangan rakyat atau bangsa Indonesia._

Apakah presiden terpilih yad akan _melanjutkan program pembangunan_ yg belum tuntas? 
Atau, justru _melakukan perubahan_ atas sasaran dari pembangunan sebelumnya?

Jika tekad utk menuntaskan pembangunan hasil rintisan Presiden Joko Widodo yg _akan dilanjutkan_, maka _tugas Presiden dan Wakil Presiden terpilih akan cukup berat._ Mengapa?

Pada periode2 sebelumnya, Wapres lebih sebagai pendamping Presiden, yaitu melaksanakan tugas2  yg bersifat mewakili Presiden.

Tapi kali ini, tugas dan peran Wakil Presiden terpilih harus merupakan sosok yg _mampu kerja keras dan sama sibuknya dg Presiden._  Hal yang sama juga menyangkut kualitas para menteri yg duduk di Kabinet Baru._

Sebaliknya, jika orientasi Presiden terpilih memiliki visi _melakukan perubahan_ atas arah kebijakan pembangunan dan ekonomi makro yg telah dirintis oleh Pak Jokowi, maka semua yg telah dirintis oleh Presiden Joko Widodo harus direlakan utk mengalami keterlantaran.

Dari penjelasan di atas, jelaslah bhw  Pemilu 2024 menjadi Pemilu yang menentukan _ada tidaknya kelanjutan Program Pembangunan Nasional yg telah dirintis oleh Presiden Joko Widodo._

oOo

Artikel Terkait
Artikel Terkini
Warung NKRI Digital, Cara BNPT Kolaborasikan Pencegahan Radikalisme dan Terorisme di Era Digitalisasi
Bahas Revitalisasi Data, Pj Bupati Maybrat Rapat Bersama tim Badan Pusat Statistik Setempat
Mendagri Atensi Keamanan Data Pemilih pada Penyelenggaraan Pilkada Serentak 2024
Kemendagri Serahkan DP4 kepada KPU sebagai Bahan Penyusunan DPT Pilkada Serentak 2024
Terima Peta Jalan Aksesi Keanggotaan OECD, Indonesia Perkuat Komitmen Konstitusional Berpartisipasi Aktif dalam Tatanan Dunia
Tentang Kami | Kontak | Pedoman Siber | Redaksi | Iklan
legolas