INDONEWS.ID

  • Senin, 28/08/2023 16:09 WIB
  • Terus Majukan Indonesia, Nasabah PNM Capai 14,6 Juta, Tersebar di 4.000 Kecamatan

  • Oleh :
    • Rikard Djegadut
Terus Majukan Indonesia, Nasabah PNM Capai 14,6 Juta, Tersebar di 4.000 Kecamatan

Jakarta, INDONEWS.ID - Kemeriahan HUT RI ke 78 tahun masih bergulir melalui semangat UMKM sebagai tulang punggung perekonomian Indonesia, tidak terkecuali Permodalan Nasional Madani (PNM) sebagai perpanjangan tangan pemerintah untuk permodalan kepada pelaku UMK dan UMKM.

Semarak ini terlihat dari rangkaian kegiatan webinar bersama 40.000 nasabah dan kegiatan di 14 titik Kampung Madani binaan PNM seperti Lampung, Kabanjahe, Balikpapan, dan lain-lain, dengan melaksanakan beberapa rangkaian kegiatan mulai dari tanggal 16-23 Agustus 2023.

PNM terus berkomitmen dalam mensejahterakan perempuan dan masyarakat Indonesia melalui modal finansial dan juga sosial. Mencapai angka 14,6 juta nasabah, PNM juga melakukan pendampingan untuk mengembangkan usaha para pelaku UMKM.

Baca juga : PNM Peduli, Gerak Cepat Bantu Bencana Banjir Bandang dan Lahar Dingin Sumatera Barat

Bentuk pendampingan ini juga beragam, mulai dari klasterisasi usaha, sosialisasi terkait literasi keuangan dan digitalisasi, bahkan pertemuan kelompok mingguan yang tidak hanya untuk penagihan, tetapi pendampingan kepada nasabah.

“Nasabah kami itu unik karena tersebar di 4.000 lebih kecamatan se-Indonesia, bahkan kebanyakan ada di pelosok Indonesia, walaupun begitu semangat dan rasa nasionalisme mereka sangat tinggi,” kata Direktur Utama PNM Arief Mulyadi.

Baca juga : PNM Sosialisasikan Program Mekaar Pada Tokoh Masyarakat dan Pemuka Agama Serang

Rangkaian kegiatan ini dimulai dengan sosialisasi tentang memajukan perempuan di Indonesia. Berbagai narasumber juga diikutsertakan untuk mengajak ibu nasabah lebih cerdas dan maju

Lalu diikuti perlombaan di Kampung Madani dengan 1.500 lebih nasabah dan anak-anak Ruang Pintar yang sudah tersebar 100 lebih kelas untuk anak nasabah mengikuti pembelajaran daring. 

Baca juga : KH Uyung Efendi, Ketua MUI Baros Beri Pesan Sejuk Di Sosialisasi PNM Mekaar

“Kegiatan seperti ini yang semakin membakar semangat ibu-ibu nasabah kami dan menjadi pengingat bahwa mereka ini luar biasa. Menjadi bagian dari penggerak ekonomi bangsa dan juga kerja keras mereka dalam mensejahterakan keluarganya,” tambah Arief.

Tidak hanya itu, kegiatan ini juga menyediakan cek kesehatan gratis bagi nasabah dan keluarganya. 

PNM terus berkomitmen majukan UMKM di Indonesia. Sedikit demi sedikit upayakan masyarakat Indonesia agar bangkit dari kemiskinan. Majukan UMKM, majukan Indonesia.

PT Permodalan Nasional Madani (PNM) melakukan penanaman 22.000 pohon mangrove di 3 kota yaitu Makassar, Banjarmasin dan Mataram, PNM berusaha memberi inspirasi untuk membantu kondisi lingkungan yang lebih baik.

Pemilihan tiga kota tersebut juga bukan tanpa alasan, melainkan karena jumlah nasabah PNM Mekaar yang cukup besar. Saat ini di Makassar sendiri jumlahnya sebesar 4.800 nasabah dengan outstanding mencapai Rp 15,7 miliar.

“Sedangkan di NTB PNM telah membina 27.696 nasabah PNM Mekaar secara berkelompok,” papar Direktur Utama PNM, Arief Mulyadi dikutip Kamis (24/8/2023).

Dia menjelaskan, lokasi penanaman pohon mangrove tepatnya dilakukan di pesisir Pantai Cemare Kecamatan Lembar Kabupaten Lombok Barat Nusa Tenggara Barat, Pesisir Pantai Untia Makassar dan Desa Sungai Bakau Kelurahan Kurau Kabupaten Tanah Laut Kalimantan Selatan.

Salah satu permasalahan lingkungan yang kerap terjadi adalah minimnya penghijauan, abrasi, polusi hingga risiko bencana di pesisir. Arief meyakini bahwa sekecil apapun kontribusi manusia kepada lingkungan tentu akan memberi manfaat bagi kehidupan.

“Mangrove ini luar biasa manfaatnya, selain dari aspek lingkungan juga memberi manfaat lain bagi manusia. Apalagi saat ini kualitas udara memburuk akibat polusi. Ini jadi ikhtiar kami memberikan multiple effect untuk lingkungan, ekonomi juga kesehatan,” papar Arief.

Artikel Terkait
PNM Peduli, Gerak Cepat Bantu Bencana Banjir Bandang dan Lahar Dingin Sumatera Barat
PNM Sosialisasikan Program Mekaar Pada Tokoh Masyarakat dan Pemuka Agama Serang
KH Uyung Efendi, Ketua MUI Baros Beri Pesan Sejuk Di Sosialisasi PNM Mekaar
Artikel Terkini
PTPN IV Regional 4 Jambi, Bantu Beras Warga Solok
Pastikan Arus Barang Kembali Lancar, Menko Airlangga Tinjau Langsung Pengeluaran Barang dan Minta Instansi di Pelabuhan Tanjung Priok Bekerja 24 Jam
Umumkan Rencana Kedatangan Paus Fransiskus, Menteri Agama Dukung Penuh Pengurus LP3KN
Mendagri Tito Lantik Sekretaris BNPP Zudan Arif Fakrulloh Jadi Pj Gubernur Sulsel
Perayaan puncak HUT DEKRANAS
Tentang Kami | Kontak | Pedoman Siber | Redaksi | Iklan
legolas