Nasional

Mendagri Tito Lantik Sekretaris BNPP Zudan Arif Fakrulloh Jadi Pj Gubernur Sulsel

Oleh : very - Sabtu, 18/05/2024 10:15 WIB

Prof. Dr. Zudan Arif Fakrulloh, SH, MH resmi dilantik sebagai Penjabat (Pj) Gubernur Sulawesi Selatan (Sulsel) oleh Menteri Dalam Negeri (Mendagri) Tito Karnavian di Ruang Sasana Bakti Praja Kemendagri pada, Jumat (17/5/2024). (Foto: Humas BNPP)

Jakarta, INDONEWS.ID - Sekretaris Badan Nasional Pengelola Perbatasan (BNPP) Prof. Dr. Zudan Arif Fakrulloh, SH, MH resmi dilantik sebagai Penjabat (Pj) Gubernur Sulawesi Selatan (Sulsel) oleh Menteri Dalam Negeri (Mendagri) Tito Karnavian di Ruang Sasana Bakti Praja Kemendagri pada, Jumat (17/5/2024).

Sebelumnya Prof Zudan, menjabat sebagai Pj Gubernur Sulawesi Barat (Sulbar) dan telah berakhir masa jabatannya pada tanggal 12 Mei 2024. Kini, Zudan ditetapkan sebagai Pj Gubernur Sulsel menggantikan Bahtiar Baharuddin.

Pelantikan ini berdasarkan Keputusan Presiden Republik Indonesia No. 60/P Tahun 2024, tentang Pemberhentian dan Pengangkatan Pj Gubernur. Bersamaan dengan itu dilantik oleh Mendagri Tito kelima pejabat lainnya, diantaranya Pj. Gubernur Maluku Utara, Pj. Gubernur Banten, Pj. Gubernur Gorontalo, dan Pj. Gubernur Sulbar.

Mendagri Tito menyampaikan, bahwa kepercayaan yang diberikan kepada Prof Zudan untuk kembali menjabat sebagai Pj. Gubernur berdasar atas pengalamannya dalam memimpin.

"Pak Zudan ini yang ketiga kali, dulu Gorontalo, kemudian Sulawesi Barat, dan baru saja berganti ke Sulawesi Selatan," ujar Mendagri Tito seperti dikutip dari siaran pers Humas BNPP.

Ia menambahkan, bahwa semakin banyak memiliki pengalaman di daerah maka akan mengetahui apa saja yang terjadi di daerah sehingga dapat membuat kebijakan yang tepat dengan kondisi daerah tersebut.

Semenatara itu, Zudan mengungkapkan rasa terima kasih atas kepercayaan Presiden dan Mendagri yang telah memberikan penugasan untuk melaksanakan tugas sebagai Penjabat Gubernur Sulsel.

"Mudah-mudahan kita semua, saya bersama kawan-kawan bisa melaksanakan amanah ini dengan sebaik-baiknya, seoptimal mungkin," pungkas Zudan. ***

 

Artikel Terkait