INDONEWS.ID

  • Kamis, 31/08/2023 14:58 WIB
  • Peringati Hari UMKM Nasional, PNM Ajak Nasabah Cerdas Kelola Keuangan

  • Oleh :
    • Rikard Djegadut
Peringati Hari UMKM Nasional, PNM Ajak Nasabah Cerdas Kelola Keuangan

Jakarta, INDONEWS.ID - PT Permodalan Nasional Madani atau yang lebih dikenal dengan PNM terus berupaya meningkatkan kecerdasan keuangan kepada Mitra Binaannya. 

Upaya peningkatan kapasitas usaha yang dilakukan melalui tajuk Pelatihan Literasi Keuangan dan Sosialisasi PaDi UMKM untuk Mitra Binaan PUMK PNM Cabang Tangerang, itu dimaksudkan untuk mendorong UMKM agar terus bisa bersaing dan maju. 

Pelatihan yang digelar di Horison Grand Serpong Hotel pada Sabtu (12/8) itu diikuti oleh lebih dari 60 peserta yang berasal dari Mitra Binaan perorangan maupun Kelompok Binaan PNM Cabang Tangerang.

Pemimpin Cabang Tangerang yang diwakili Ninik Istichomah selaku Manager Bisnis ULaMM dalam sambutannya mengatakan bahwa  sekalipun Program Pendanaan Usaha Micro dan Kecil (PUMK) kini sudah tidak ada lagi tetapi PNM masih tetap konsen untuk terus memberikan perhatian secara khusus kepada mitra binaannya. 

”Kami tetap terus memberikan perhatian kepada Mitra Binaan maupun Nasabah PNM, agar terus maju dan berkembang usahanya,” ujar Ninik.

Pada pelatihan tersebut hadir sebagai narasumber Nurina, CEO Bengkel Startup. Dalam pemaparannya ia menekankan pentingnya para pelaku UMKM agar memahami secara mendalam lingkup Literasi Keuangan. 

Baca juga : Kisah AO PNM Mekaar, Keluar Zona Nyaman untuk Beri Kenyamanan Keluarga

Diungkapkannya, saat ini banyak para pelaku usaha yang belum memisahkan antara keuangan usaha dengan keuangan rumah tangga. 

“Ini biasa dilakukan oleh Ibu-Ibu rumah tangga,” kata dosen dari beberapa perguruan tinggi swasta terkemuka di Jakarta itu. 

“Banyak Ibu-Ibu yang belum bisa membedakan antara keinginan dengan kebutuhan ketika ada penawaran kemudahan berbelanja tanpa memperhatikan keuangan keluarga” tambah Nurina yang juga Kepala Pusat Studi Kewirausahaan & Inkubasi Bisnis UPI YAI itu.

Lebih lanjut ditegaskan Nurina, bahwa saat ini banyak orang terjebak pinjaman online serta hutang-hutang yang sebenarnya tidak perlu namun karena dibalut dengan aneka macam kemudahan yang ditawarkan para kreditur yang pada akhirnya mengacaukan keuangan rumah tangga. 

Nurina yang juga Fasilitator Gapura Digital itu memberikan trik dan tips untuk menghindari kebocoran anggaran rumah tangga yakni dengan menerapkan kebijakan uang ketat dan membiasakan melakukan pencatatan cash flow keuangan agar tidak boncos dikemudian hari. 

Dalam hal investasi, Nurina juga mewanti-maanti kepada para peserta pelatihan yang umumnya Pelaku UMKM untuk berhati-hati serta senantiasa melakukan cek dan ricek terkait legalitas usaha tertentu serta memperhatikan kewajaran pengembalian atau return investasi yang ditawarkan. 

Pada kesempatan yang sama Hanifah Ayu Lestari, dari Squad Pre Transaction Pasar Digital (PaDi) Badan Usaha Milik Negara (BUMN), pada sesi pemaparannya mengungkapkan bahwa PaDi UMKM adalah platform digital yang diprakarsai oleh Kementerian BUMN sebagai sarana mempertemukan para pelaku UMKM dengan Badan Usaha Milik Negara selaku pihak yang memerlukan barang dan jasa. 

Disamping itu ujar Ayu, selain sebagai sarana bertemunya antara penyedia barang dan jasa PaDi UMKM juga merupakan sarana memperoleh pembinaan dan pembiayaan dari sejumlah BUMN sector pembiayaan.

Baca juga : PNM Terus Bekali Nasabah dengan Teknologi Digital
Artikel Terkait
Kisah AO PNM Mekaar, Keluar Zona Nyaman untuk Beri Kenyamanan Keluarga
PNM Terus Bekali Nasabah dengan Teknologi Digital
PNM Excellence Award Bukti Nyata Apresiasi PNM Untuk Karyawan dan Unit Kerja Terbaik
Artikel Terkini
Basarnas Lakukan Penandatangan Loca dengan Pusat Informasi Aeronautika Perum LPPNPI
Tips Memilih Jasa Penagihan Hutang yang Terbaik
Kabupaten Maybrat Salurkan Bantuan ke Pos Satgas Operasional Aman Nusa1 di Kampung Aisa
Pemberdayaan Perempuan Melakukan Deteksi Dini Kanker Payudara Melalui Pelatihan "Metode Sadari Dan Pembuatan Teh Herbal Antioksidan"
Marwan Cik Asan Ingatkan Pemerintah Waspadai Perlambatan Pertumbuhan Ekonomi 2024
Tentang Kami | Kontak | Pedoman Siber | Redaksi | Iklan
legolas