INDONEWS.ID

  • Kamis, 05/10/2023 12:24 WIB
  • Di HUT TNI, Jokowi: Berikan Pemahaman kepada Warga, Beda Pilihan Itu Wajar

  • Oleh :
    • Rikard Djegadut
Di HUT TNI, Jokowi: Berikan Pemahaman kepada Warga, Beda Pilihan Itu Wajar

Jakarta, INDONEWS.ID - Presiden Joko Widodo memerintahkan TNI netral dalam Pemilu 2024. Hal itu ia sampaikan dalam upacara peringatan HUT ke-78 TNI.

Jokowi mengingatkan TNI agar bekerja dengan berpegangan kepada Sapta Marga dan sumpah prajurit. Dia juga ingin TNI bekerja sama dengan kepolisian dalam mengawal tahun politik.

Baca juga : Ceritakan Kreativitas Nasabah PNM Mekaar, Jokowi Puji Kerupuk "Mama Muda"

"Tetap jaga sinergitas dengan Polri dan tetap jaga netralitas TNI," kata Jokowi dalam upacara di Monumen Nasional, Jakarta, Kamis (5/10).

Jokowi pun memerintahkan TNI menjaga kedamaian saat pilpres. Para tentara diminta memadamkan percikan sekecil apa pun di masyarakat selama tahun politik.

"Berikan pemahaman kepada masyarakat bahwa beda pilihan itu wajar, menang dan kalah itu juga wajar," ujarnya.

Perintah netral untuk TNI juga telah disampaikan Panglima TNI Laksamana Yudo Margono beberapa waktu lalu. Dia mengingatkan TNI untuk tidak mengkhianati sumpah hanya demi kepentingan pribadi dan kekuasaan.
Dia juga meminta prajurit mengingatkan keluarganya. Yudo tak mau keluarga TNI ikut ribut karena pesta politik tahun depan.

"Biasanya ada ibu-ibu yang ngelek-ngelek (menjelek-jelekkan) calon lain, terus ngelek-ngelek parpol lain. Ini enggak usah, sampaikan ini kepada keluarga, jangan sampai karena istri maupun anak berbuat seperti itu, suaminya yang justru kena teguran, hukuman bahkan kena mutasi," kata Yudo di Mabes TNI, Jakarta Timur, Selasa (12/9).

Peringatan Hari Ulang Tahun ke-78 TNI pada tahun ini mengusung tema "TNI Patriot NKRI, Pengawal Demokrasi untuk Indonesia Maju".

Tema ini diangkat karena dalam waktu dekat akan dilaksanakan pemilihan presiden dan wakil presiden, pemilihan anggota legislatif serta pilkada serentak di 548 daerah.*

Baca juga : Presiden Jokowi Bertemu Ribuan Nasabah Mekaar di Makassar
Artikel Terkait
Ceritakan Kreativitas Nasabah PNM Mekaar, Jokowi Puji Kerupuk "Mama Muda"
Presiden Jokowi Bertemu Ribuan Nasabah Mekaar di Makassar
Presiden Jokowi Dorong Penguatan Integrasi Ekonomi, Percepatan Transisi Energi dan Transformasi Digital dalam KTT Khusus ASEAN-Australia
Artikel Terkini
Bamsoet: Sudahi Konflik, Mari Dukung Pemerintahan Prabowo-Gibran
PNM Excellence Award Bukti Nyata Apresiasi PNM Untuk Karyawan dan Unit Kerja Terbaik
Karya Sastra Puisi Indonesia dan Kazakhstan
KI Pusat Mantapkan Sinergi dengan Media dalam Mengawal Informasi Publik
Direktur GKI Beri Materi Kewirausahaan untuk Pelajar SMKS Bina Mandiri Labuan Bajo
Tentang Kami | Kontak | Pedoman Siber | Redaksi | Iklan
legolas