INDONEWS.ID

  • Rabu, 01/11/2023 16:23 WIB
  • Makan Bajamba, Isteri Bupati Tanah Datar Dukung Pengenalan Budaya Minang ke Masyarakat

  • Oleh :
    • rio apricianditho
Makan Bajamba, Isteri Bupati Tanah Datar Dukung Pengenalan Budaya Minang ke Masyarakat

Jakarta, INDONEWS.ID - Kita memang kaya bukan hanya punya kekayaan alam berlimpah tapi juga kekayaan budaya, salah satunya budaya Minangkabau. Cahaya Hati Limpapeh mempersembahkan 'makan Bajamba', budaya makan bersama tanpa memandang status sosial. Duduk sama rendah, berdiri sama tinggi, akar budaya Minang yang terkandung dalam makan Bajamba.

Karena itu isteri Bupati Tanah Datar, Sumatera Barat, Lise Eka Putera mendukung penuh pengenalan budaya minang bagi masyarakat Sumatera Barat pada khususnya dan masyarakat luas. Ia pun turut hadir dalam prosesi makan Bajamba, di Rumah Marocco, Menteng, Jakarta.

Baca juga : Realese Single Album Kelima, Ry Hyori ingin `Bintang` Jadi Inspirasi banyak Orang

Menurutnya, saat generasi muda belum tentu paham dengan budaya nusantara, mereka lebih mengenal budaya asing. Saat Cahaya Hati Limpapeh mengundang dirinya hadir di Makan Majamba, pendampingi orang nomer satu di Tanah Datar datang ke Jakarta ikut makan bersama masyarakat perantau Minangkabau.

Selain itu, dirinya bangga dengan komunitas tersebut, karena terus mengenalkan budaya Minang ke masyarakat luas. Kehadiran dirinya juga ingin mengangkat perajin di daerahnya, dengan seringnya pengenalan budaya seperti yang digagas Cahaya Hati Limpapeh, hasil kerajinan pelaku UMKM di daerahnya dikenal masyarakat.

Baca juga : Puteri Indonesia DKI 2 Perjuangkan Isu Kekerasan Seksual melalui Advokasi "Light 2 Hope"

"Budaya itu selain melestarikan tradisi juga mengenalkan kerajinan tangan, seperti kain, pernak pernik, perhiasan yang dikenakan para pelaku budaya. Budaya Minang itu sudah mendunia, termasuk kain khas Minang yang punya ciri dengan benang mas-nya", ujarnya.

Dengan adanya Makan Bajamba, ia berharap, budaya Minang makin dikenal masyarakat dan bukan hanya dikenal tapi juga diterapkan masyarakat sehingga adat istiadat Minang tak lekang digerus zaman. Dan juga berharap pada generasi muda lebih mengenal budaya sendiri daripada budaya luar.

Baca juga : Komunitas Bikers Bina Marga `Pioneer Pistons` Kumpul di Warung Solo
Artikel Terkait
Realese Single Album Kelima, Ry Hyori ingin `Bintang` Jadi Inspirasi banyak Orang
Puteri Indonesia DKI 2 Perjuangkan Isu Kekerasan Seksual melalui Advokasi "Light 2 Hope"
Komunitas Bikers Bina Marga `Pioneer Pistons` Kumpul di Warung Solo
Artikel Terkini
Menko Airlangga: Hingga Juni 2024, KEK Berhasil Catatkan Realisasi Investasi Rp205,2 triliun dan Serap 132.227 Tenaga Kerja
Penghargaan Ke 5 Dari Seven Media Asia: Pemimpin Inspiratif Terbaik 2024
Plt. Sekjen Kemendagri Dorong 13 Provinsi Percepat Implementasi Program Bedah Jantung Terbuka
Mendagri Pacu Pemda di Jawa Barat Tingkatkan Pendapatan dan Optimalkan Penggunaan Anggaran
Indonesia dapat menjadi pemimpin dunia industri energi terbarukan
Tentang Kami | Kontak | Pedoman Siber | Redaksi | Iklan
vps.indonews.id