INDONEWS.ID

  • Rabu, 22/11/2023 15:44 WIB
  • PNM Deli Serdang Gelar Edukasi Kesehatan bagi Ratusan Nasabah Mekaar

  • Oleh :
    • Rikard Djegadut
PNM Deli Serdang Gelar Edukasi Kesehatan bagi Ratusan Nasabah Mekaar

Jakarta, INDONEWS.ID - Permodalan Nasional Madani (PNM) bekerja sama dengan Water.org dan USAID Indonesia Urban Resilent Water, Sanitation, and Hygiene (IUWASH Tangguh), mengundang ratusan nasabah Mekaar Deli Serdang untuk mengikuti program peningkatan kapasitas usaha nasabah PNM Mekar, Selasa (21/11/2023). Kegiatan ini bertajuk "Perilaku Hidup Bersih dan Sehat (PHBS) di Tatanan Rumah Tangga bagi Nasabah Mekaar di Deli Serdang".

Selain untuk memberi edukasi tentang betapa pentingnya isu kesehatan di lingkungan rumah tangga, program ini juga berorientasi dalam membantu usaha mikro para ibu rumah tangga yang menjadi nasabah Mekaar.

Baca juga : Tumbuh Untuk Menginspirasi: PNM Berikan Pelatihan Literasi Keuangan Digital Serta Kegiatan Tanggung Jawab Sosial

"Ibu-ibu yang datang merupakan nasabah binaan kami yang tersebar di beberapa unit yang ada di Deli Serdang. Mereka juga selaku pelaku usaha mikro yang kami harapkan mereka di sini dapat membantu perekonomian keluarganya dalam rangka edukasi perilaku higienis kepada ibu-ibu rumah tangga," kata Muhammad Yusbar, Pemimpin PNM cabang Medan.

Yusbar menjelaskan jika program yang berisi edukasi ini bertujuan agar nasabah PNM bisa memahami dan sadar akan pentingnya pola hidup bersih dan hidup sehat agar terhindar dari ancaman-ancaman penyakit bagi keluarganya.

Baca juga : PNM Mekaar Beri Reward Ketua Kelompok Unggulan Studi Banding Olahan Jamu Tradisional

"Pemahaman nasabah Mekaar PNM terhadap perilaku higienis dan sanitasi sangat penting, karena perilaku higienis dan sanitasi yang buruk tidak hanya menimbulkan masalah terkait penyakit berbasis lingkungan saja melainkan juga berdampak pada usaha yang dilakukan sehari-hari. Bila kondisi itu terus terjadi tidak menutup kemungkinan akan terjadinya penurunan pendapatan sehingga akan berimbas pada penurunan status ekonomi," tutur Yusbar.

Ia juga menjelaskan jika sebagai keluarga, nasabah Mekaar yang hadir diharapkan dapat memahami dan mengaplikasikan pengetahuan yang diterima pada kegiatan ini, agar pola hidup bersih dan sehat bisa menjadi kebiasaan dalam hidup sehari-hari di keluarga dan sejalan dengan program pemerintah. 

Baca juga : PNM Berikan Ruang Bakat dan Silaturahmi Karyawan Lewat Event SEHATI

"Kegiatan hari ini merupakan bagian dari komitmen PT Permodalan Nasional Madani (PNM) untuk terus memberdayakan melalui tiga modal kepada nasabah yaitu modal finansial, modal intelektual, dan modal sosial, sehingga diharapkan kedepannya nasabah-nasabah PNM dapat sejahtera aspek kehidupannya, termasuk dari segi kesehatan," katanya.

Edukasi seputar kesehatan begitu digaungkan dalam program yang diselenggarakan PNM kali ini. Seperti mengajarkan cara mencuci tangan, proses sanitasi, dan lain-lain. Timur Tumanggor menjelaskan jika program berbasis kesehatan ini sangat berguna bagi seluruh pelaku usaha. Sebab, kesehatan merupakan salah satu faktor yang paling penting .

"Mudah-mudahan bisa meningkatkan ekonomi, terlebih mengatasi penyakit dan membiasakan perilaku hidup bersih," kata Timur.

Ia mengatakan bahwa pemerintahan kabupaten Deli Serdang merasa terbantu dalam menjalani tugas, pokok, fungsi, dan kerja sama yang bukan hanya pemerintah saja, tapi seluruh komponen termasuk masyarakat.

"Ini merupakan program pemerintah pusat untuk diberikan kepada masyarakat khususnya di Deli Serdang. 183.000 sangat kecil sebenarnya jika dibandingkan dengan jumlah penduduk kabupaten Deli Serdang yaitu hampir 2 juta lebih, tetapi mudah-mudahan ini bisa menjadi barometer kita ke depannya kepada masyarakat," pungkasnya.*(IDN Times)

Artikel Terkait
Tumbuh Untuk Menginspirasi: PNM Berikan Pelatihan Literasi Keuangan Digital Serta Kegiatan Tanggung Jawab Sosial
PNM Mekaar Beri Reward Ketua Kelompok Unggulan Studi Banding Olahan Jamu Tradisional
PNM Berikan Ruang Bakat dan Silaturahmi Karyawan Lewat Event SEHATI
Artikel Terkini
KPKNL mulai Cium Aroma Busuk di Bank Indonesia
Akses Jalan Darat Terbuka, Pemerintah Kerahkan Distribusi Logistik ke Desa Kadundung
Elit Demokrat Ardy Mbalembout Mengutuk Keras Aksi Penyerangan Mahasiswa Saat Berdoa di Tangsel
Penutupan Pabrik Sepatu Bata di Purwakarta Bagian dari Strategi Bisnis untuk Fokus pada Lini Penjualan
Presiden Jokowi Masih Kaji Calon Pansel KPK yang Sesuai Harapan Masyarakat
Tentang Kami | Kontak | Pedoman Siber | Redaksi | Iklan
legolas