INDONEWS.ID

  • Sabtu, 25/11/2023 05:05 WIB
  • Menko Airlangga: Kemitraan Indonesia-Uni Emirat Arab Berperan Penting dalam Mendukung Pembangunan di Indonesia

  • Oleh :
    • luska
Menko Airlangga: Kemitraan Indonesia-Uni Emirat Arab Berperan Penting dalam Mendukung Pembangunan di Indonesia

Jakarta, INDONEWS.ID - Hubungan diplomatik Indonesia dan Uni Emirat Arab (UEA) sudah terjalin dengan baik sejak tahun 1976. Sebagaimana diketahui, Uni Emirat Arab merupakan mitra perdagangan dan investasi utama Indonesia di Kawasan Timur Tengah. 

Tahun lalu UEA menjadi mitra dagang terbesar kedua bagi Indonesia di antara negara-negara  Timur Tengah, dengan total perdagangan USD5,06 miliar. Selain itu, UEA telah menjadi salah satu pasar utama bagi Indonesia, dengan minyak sawit menjadi komoditas ekspor terpenting.

Baca juga : Terima Peta Jalan Aksesi Keanggotaan OECD, Indonesia Perkuat Komitmen Konstitusional Berpartisipasi Aktif dalam Tatanan Dunia

“Sebagai mitra investasi strategis Indonesia di Timur Tengah, kerja sama Indonesia dan Uni  Emirat Arab memegang peranan penting dalam mendukung pembangunan di Indonesia. Salah satu perjanjiannya yakni proyek PLTS Terapung di Waduk Cirata, Jawa Barat yang sudah diresmikan oleh Presiden Joko Widodo pada 9 November 2023,” ujar Menteri Koordinator Bidang Perekonomian Airlangga Hartarto dalam acara The 52nd National Day Reception of The United Arab Emirates di Jakarta, Jumat (24/11).

Menko Airlangga mengatakan bahwa kerja sama ini menunjukkan komitmen kedua negara di bidang energi terbarukan. Disamping itu, masih terdapat ruang yang luas untuk upaya bersama dalam meningkatkan volume perdagangan dan menjaga keseimbangan perdagangan.

Baca juga : Menko Airlangga Bertemu Sekjen Cormann dan Tegaskan Komitmen Percepat Proses Keanggotaan Indonesia

Lebih lanjut, perjanjian kemitraan ekonomi komprehensif Indonesia-UEA (IUAE-CEPA) yang  telah ditandatangani pada tanggal 1 Juli 2022 dan telah diterapkan sejak 1 September 2023,  diharapkan dapat meningkatkan ekspor ke UEA sebesar USD4,2 miliar dan meningkatkan impor dari UEA sebesar USD4 miliar pada 2030.

Kedua negara berkomitmen untuk menjalin kerja sama yang lebih kuat dan lebih luas, terutama di bidang ekonomi, perdagangan dan investasi, industri pertahanan, dan energi terbarukan.

Baca juga : Menko Airlangga Sampaikan Sukses Indonesia Jaga Pertumbuhan Ekonomi, Stabilitas Politik, dan Lanjutkan Upaya Transisi Energi

“Saya juga senang bahwa Uni Emirates Arab telah dianugerahkan sebagai Mitra Dialog Sektoral ASEAN pada Pertemuan Menteri Luar Negeri ASEAN ke-55 pada tanggal 3 Agustus 2022 di Phnom Penh, Kamboja, dimana Uni Emirates Arab juga menandatangani Perjanjian Persahabatan dan Kerja Sama di Asia Tenggara, Treaty of Amity and Cooperation in Southeast Asia,” ujar Menko Airlangga.

Di tingkat global, kedua negara juga memainkan peran penting dalam Organisasi Kerjasama Islam (OKI). Lebih jauh, KTT Luar Biasa OKI baru-baru ini diadakan di Riyadh, Arab Saudi, sebagai respon terhadap krisis di Gaza, Palestina.

“Sebagai penutup, izinkan saya sekali lagi dengan tulus mendoakan yang terbaik untuk perayaan Hari Nasional Uni Emirat Arab ke-52 ini, seiring kita terus memperkuat ikatan antara kedua negara di tahun-tahun mendatang,” pungkas Menko Airlangga.

Turut hadir dalam kesempatan tersebut Duta Besar Uni Emirat Arab untuk Republik Indonesia dan ASEAN, Wakil Menteri Luar Negeri, Wakil Menteri Lingkungan Hidup dan Kehutanan, serta Pj Gubernur DKI Jakarta.

Artikel Terkait
Terima Peta Jalan Aksesi Keanggotaan OECD, Indonesia Perkuat Komitmen Konstitusional Berpartisipasi Aktif dalam Tatanan Dunia
Menko Airlangga Bertemu Sekjen Cormann dan Tegaskan Komitmen Percepat Proses Keanggotaan Indonesia
Menko Airlangga Sampaikan Sukses Indonesia Jaga Pertumbuhan Ekonomi, Stabilitas Politik, dan Lanjutkan Upaya Transisi Energi
Artikel Terkini
Warung NKRI Digital, Cara BNPT Kolaborasikan Pencegahan Radikalisme dan Terorisme di Era Digitalisasi
Bahas Revitalisasi Data, Pj Bupati Maybrat Rapat Bersama tim Badan Pusat Statistik Setempat
Mendagri Atensi Keamanan Data Pemilih pada Penyelenggaraan Pilkada Serentak 2024
Kemendagri Serahkan DP4 kepada KPU sebagai Bahan Penyusunan DPT Pilkada Serentak 2024
Terima Peta Jalan Aksesi Keanggotaan OECD, Indonesia Perkuat Komitmen Konstitusional Berpartisipasi Aktif dalam Tatanan Dunia
Tentang Kami | Kontak | Pedoman Siber | Redaksi | Iklan
legolas