INDONEWS.ID

  • Senin, 11/12/2023 14:11 WIB
  • Hingga November 2023, PNM Berhasil Salurkan Pembiayaan Rp62,4 Triliun Melalui Program Mekaar

  • Oleh :
    • Rikard Djegadut
Hingga November 2023, PNM Berhasil Salurkan Pembiayaan Rp62,4 Triliun Melalui Program Mekaar

Jakarta, INDONEWS.ID - PT Permodalan Nasional Madani (PNM) melalui produk Mekaar telah menumbuhkan usaha ultra mikro hingga 14,9 juta nasabah. Terhitung hingga November 2023 ini total penyaluran dana PNM melalui Mekaar mencapai Rp 62,4 triliun.

Membina Ekonomi Keluarga Sejahtera (Mekaar) menjadi bentuk realisasi PNM dalam usaha ultra mikro. Melalui Mekaar, PNM menyalurkan pembiayaan yang dibarengi dengan pendampingan para nasabah.

Baca juga : Tumbuh Untuk Menginspirasi: PNM Berikan Pelatihan Literasi Keuangan Digital Serta Kegiatan Tanggung Jawab Sosial

Target yang disasar yaitu perempuan prasejahtera dan berfokus dalam memberikan tiga modal utama yakni modal finansial, modal intelektual serta modal sosial. 

Meski telah mencapai angka pertumbuhan yang tinggi serta menunjukan pembiayaan ultra mikro yang terus bergerak positif, Sekretaris Perusahaan PNM L. Dodot Patria Ary mengatakan masih terus menargetkan pertumbuhan. 

Baca juga : PNM Mekaar Beri Reward Ketua Kelompok Unggulan Studi Banding Olahan Jamu Tradisional

Ia menjelasakan total nasabah PNM yang pernah bergabung sudah mencapai 19 juta lebih, untuk nasabah aktif sendiri per November 2023 ini sebanyak 14,9 juta nasabah.

"Pertumbuhan nasabah diproyeksikan naik di atas 16 juta nasabah di tahun depan, dan kami yakin akan mencapai target," ujar Dodot pada Kontan.co.id, Minggu (10/12).

Baca juga : PNM Berikan Ruang Bakat dan Silaturahmi Karyawan Lewat Event SEHATI

Dodot yakin akan adanya pertumbuhan di tahun depan, bahkan ia juga menargetkan tahun 2025 dapat mencapai target hingga 20 juta nasabah. 

Mengacu pada data pertumbuhan nasabah dan penyaluran pembiayaan dari tahun ke tahun, PNM  telah menyalurkan Rp 23,72 triliun pada tahun 2020, Rp 34,52 triliun pada 2021, Rp 42,59 triliun pada 2022 dan  terhitung hingga November 2023 nasabah aktif PNM mencapai 14,9 juta dengan total penyaluran Rp 62,4 triliun.

Dodot menambahkan startegi yang digunakan PNM dalam meningkatkan bisnis ultra mikro ke depan tentu akan semakin adaptif terhadap kebutuhan nasabah. Menurutnya hal ini yang faktor kunci bahwa PNM akan terus mengikuti perkembangan jaman dan IT yang sekali lagi prinsipnya adalah memberikan pelayanan terbaik kepada nasabah. 

"PNM mengupayakan dalam berbagai aspek support system seperti program pelatihan usaha, modernisasi layanan, digitalisasi pelaku UMKM dan Ultra Mikro, agar nasabah binaan ini semakin terdepan," ungkap Dodot. *

Artikel Terkait
Tumbuh Untuk Menginspirasi: PNM Berikan Pelatihan Literasi Keuangan Digital Serta Kegiatan Tanggung Jawab Sosial
PNM Mekaar Beri Reward Ketua Kelompok Unggulan Studi Banding Olahan Jamu Tradisional
PNM Berikan Ruang Bakat dan Silaturahmi Karyawan Lewat Event SEHATI
Artikel Terkini
Didik J Rachbini: Gagasan Menyatukan Anies dan Ahok di Pilgub Jakarta Eksperimen yang Baik dan Berani
Menkes Ungkap Penyebab Rendahnya Penurunan Angka Prevalensi Stunting
Bakar SDN Inpres Pogapa Intan Jaya, TPNPB-OPM: Merdeka Dulu Baru Sekolah
Senyum Bahagia Rakyat, Pj Bupati Purwakarta Buka TMMD Ke-120 Kodim 0619/Purwakarta
Pemerintahan Baru Harus Lebih Tegas Menangani Kelompok Anti Pancasila
Tentang Kami | Kontak | Pedoman Siber | Redaksi | Iklan
legolas