INDONEWS.ID

  • Kamis, 18/01/2024 12:08 WIB
  • BNPP Pantau Pembangunan Terminal Barang Internasional di Aruk, Akhir 2024 Diharapkan Selesai

  • Oleh :
    • very
BNPP Pantau Pembangunan Terminal Barang Internasional di Aruk, Akhir 2024 Diharapkan Selesai
Deputi Pengelolaan Potensi Kawasan Perbatasan, BNPP, Inspektur Jenderal (Irjen) Polisi Makhruzi Rahman (tengah baju putih). (Foto: Ist)

Sambas, INDONEWS.ID - Badan Nasional Pengelola Perbatasan (BNPP) memastikan pembangunan Terminal Barang Internasional (TBI) Aruk di Jalan Merdeka, Desa Sebunga, Sajingan Besar, Kabupaten Sambas, Kalimantan Barat (Kalbar) terus berlanjut. 

Deputi Pengelolaan Potensi Kawasan Perbatasan, BNPP, Inspektur Jenderal (Irjen) Polisi Makhruzi Rahman memimpin kunjungan lapangan dengan menyambangi TBI Aruk, setelah sebelumnya mengunjungi beberapa lokasi pengembangan kawasan perbatasan negara lainnya di Temajuk, Kecamatan Paloh, Kalbar.

Baca juga : Pelepasan 247 Calon Siswa Bintara Bakomsos dan Tamtama Polri Terpadu Tahun Angkatan 2024

Pada kunjungan lapangan ke TBI Aruk, Deputi Makhruzi menerima laporan pembangunan dari Kepala Balai Pengelola Transportasi Darat, Kelas II Kalbar, Kementerian Perhubungan (Kemenhub) Ketut Suhartono.

"Bagus kalau ternyata tidak ada masalah, saya senang mendengarnya. Akan saya terus pantau, akhir 2024 diharapkan selesai," jelas Makhruzi didampingi Kelompok Ahli (Pokli) BNPP, Hamidin serta Sekretaris Daerah (Sekda) Kabupaten Sambas, Fery Madagaskar bersama pimpinan Organisasi Perangkat Daerah (OPD).

Baca juga : Tiga Orang Ditemukan Meninggal Akibat Tertimbun Longsor di Kabupaten Garut

Deputi Makhruzi menjelaskan bahwa, pembangunan TBI Aruk adalah salah satu program dalam Instruksi Presiden (Inpres) 1 Nomor 2021 tentang Percepatan Pembangunan Ekonomi Pada Kawasan Perbatasan Negara Di Aruk, yang penyelesaiannya tertunda.

Penyelesaian TBI Aruk untuk ekspor dan impor, lanjut Deputi Makhruzi, menjadi penting untuk pengembangan ekonomi masyarakat khususnya di sekitar Sambas dan wilayah kawasan perbatasan negara lainnya, serta memperkuat konektivitas nasional.

Baca juga : Pj Bupati Maybrat hadiri Gala Dinner Peringatan Hari Otonomi Daerah XXVIII Tahun 2024

Pembangunan TBI juga diharapkan membuat produk-produk Indonesia bisa bersaing dengan produk Malaysia, dan menekan disparitas harga kebutuhan pokok dan lainnya.

"Penyelesaian pembangunan ini (TBI) diharapkan memberikan dampak yang optimal bagi perekonomian dan kesejahteraan masyarakat Kabupaten Sambas," ungkapnya seperti dikutip dari siaran pers Humas BNPP. 

Sementara itu, Kepala Balai Pengelola Transportasi Darat, Kemenhub Ketut Suhartono, menjelaskan bahwa kelanjutan pembangunan lanjutan TBI Aruk pada 2024 sudah dianggarkan oleh instansinya.

"Saat ini lelang pembangunan TBI Aruk sudah selesai dilaksanakan di Jakarta. Harus optimistis kalau pengerjaan akan selesai pada akhir 2024 nanti," ujarnya.

Usai mengunjungi TBI Aruk, Deputi Makhruzi beserta rombongan menyempatkan mengunjungi PLBN Aruk untuk memantau pergerakan distribusi barang dan pergerakan lalu lintas orang.

Jajaran pegawai PLBN Aruk menyambut Deputi Makhruzi dan Pokli BNPP, Hamidin dengan mengalungkan syal tenun tradisional khas Melayu Sambas, Kalbar.

Selanjutnya Deputi Makhruzi dan rombongan menyempatkan berfoto bersama di area monumen Tugu Pancasila yang di bawahnya terdapat tulisan "Aruk Indonesia" berwarna merah-putih.

Lawatan diteruskan dengan mengunjungi gapura Titik Nol Indonesia-Malaysia yang menjadi pembatas antara PLBN Aruk dengan gerbang Kantor Departemen Imigrasi Malaysia di Biawak, Lindu, Sarawak. ***

Artikel Terkait
Pelepasan 247 Calon Siswa Bintara Bakomsos dan Tamtama Polri Terpadu Tahun Angkatan 2024
Tiga Orang Ditemukan Meninggal Akibat Tertimbun Longsor di Kabupaten Garut
Pj Bupati Maybrat hadiri Gala Dinner Peringatan Hari Otonomi Daerah XXVIII Tahun 2024
Artikel Terkini
Pelepasan 247 Calon Siswa Bintara Bakomsos dan Tamtama Polri Terpadu Tahun Angkatan 2024
Wujudkan Kemandirian Daerah, Kepala BSKDN Dorong Proyek Perubahan Jadi Inovasi
Dies Natalis ke-57, Universitas YARSI Wisuda 406 Sarjana dan Pascasarjana
Bamsoet: Sudahi Konflik, Mari Dukung Pemerintahan Prabowo-Gibran
PNM Excellence Award Bukti Nyata Apresiasi PNM Untuk Karyawan dan Unit Kerja Terbaik
Tentang Kami | Kontak | Pedoman Siber | Redaksi | Iklan
legolas