INDONEWS.ID

  • Sabtu, 03/02/2024 14:42 WIB
  • Dubes Heri Akhmadi Dorong Peran Akademisi dan Universitas di Jepang Perkuat Kerja Sama Indonesia dan Jepang

  • Oleh :
    • Rikard Djegadut
Dubes Heri Akhmadi Dorong Peran Akademisi dan Universitas di Jepang Perkuat Kerja Sama Indonesia dan Jepang

INDONEWS.ID - Duta Besar (Dubes) RI untuk Indonesia Heri Akhmadi menyampaikan kuliah tamu (guest lecture) berjudul ‘Strengthening Relationship between Indonesia and Japan: Role of Academia and University in Japan’ di Osaka University (OU) pada Jumat, 1 Februari 2024.

Dalam kuliah yang dihadiri oleh lebih dari 100 mahasiswa Jepang, mahasiswa asing lainnya, dan civitas akademika OU, Dubes Heri menyampaikan pentingnya kerja sama dan kolaborasi yang bermanfaat bagi kedua bangsa.

Baca juga : Dubes Heri Akhmadi Apresiasi Tiga Pesepeda Indonesia Peserta Japanese Odyssey 2023

“Ada sejumlah hal yang menjadi kunci peran dari akademisi dan entitas pendidikan di Jepang untuk penguatan kerja sama Indonesia – Jepang, utamanya kolaborasi yang sifatnya konkret dan memberikan manfaat bagi kedua bangsa,” Ujar Dubes Heri yang didampingi Konsul Jenderal RI Osaka John Tjahjanto Boestami, Konsul Ekonomi KJRI Osaka Ngurah Andy Laksmana, dan Diplomat muda Mukti Romadona Setianto.

Dubes Heri memberikan contoh kerja sama Center for Infectious Disease Education and Research (CiDER) Osaka University dan Institute of Tropical Disease (ITD) Universitas Airlangga terkait penyakit menular yang pernah muncul dan potensi munculnya penyakit menular baru.

Baca juga : Dubes Heri Akhmadi dan Menteri PUPR Tinjau Tahap Akhir Pembangunan Gedung KBRI Tokyo

Contoh lain yang disampaikan Dubes Heri adalah Arterial Research and Educational Network in the Asia Pacific (ARENA-PAC), Universitas Brawijaya (UB), dan Indonesia Research and Education Network (IDREN) dalam pengoperasian dan pengembangan jaringan berkecepatan tinggi (100 Gbps) untuk kegiatan penelitian dan pendidikan.

“Salah satu mitra KBRI Tokyo dalam penguatan kerja sama bidang riset dan pendidikan adalah Ikatan Ilmuwan Indonesia Internasional (i4) yang kompak bergerak bersama, meski mereka di luar negeri, namun tetap memberi kontribusi untuk Indonesia,” tambah Dubes Heri

Baca juga : Dubes Heri Akhmadi Buka Forum Bisnis Suku Cadang Otomotif Indonesia – Jepang ke-II di Nagoya

Dubes Heri juga menyampaikan, melalui berbagai skema beasiswa, saat ini KBRI Tokyo terus mendorong peningkatan jumlah mahasiswa Indonesia di Jepang yang baru berjumlah sekitar 7.000 orang

Sebelum menyampaikan kuliah tamu, Dubes Heri diterima oleh Wakil Presiden OU Prof. Tanaka Toshihiro dan Prof. Tanaka Manabu yang didampingi oleh Dr. Sastia Prama Putri, Assistant Professor, Graduate School of Engineering untuk membahas penguatan kerja sama OU dengan Indonesia.

Usai memberikan kuliah umum, Dubes Heri berkesempatan berdiskusi dengan lebih dari 40 diaspora Indonesia yang belajar dan melakukan penelitian di OU. Tercatat lebih dari 100 mahasiswa Indonesia menempuh pendidikan di OU.

Artikel Terkait
Dubes Heri Akhmadi Apresiasi Tiga Pesepeda Indonesia Peserta Japanese Odyssey 2023
Dubes Heri Akhmadi dan Menteri PUPR Tinjau Tahap Akhir Pembangunan Gedung KBRI Tokyo
Dubes Heri Akhmadi Buka Forum Bisnis Suku Cadang Otomotif Indonesia – Jepang ke-II di Nagoya
Artikel Terkini
KI Pusat Mantapkan Sinergi dengan Media dalam Mengawal Informasi Publik
Direktur GKI Beri Materi Kewirausahaan untuk Pelajar SMKS Bina Mandiri Labuan Bajo
Menjadi Tulang Punggung Pengembangan Usaha Ultra Mikro Indonesia, PNM Ikuti 57th APEC SMEWG
Tiga Orang Ditemukan Meninggal Akibat Tertimbun Longsor di Kabupaten Garut
Pimpin Proses Penyiapan dan Percepatan Keanggotaan Indonesia pada OECD, Presiden Joko Widodo Tunjuk Menko Perekonomian sebagai Ketua Tim Nasional OECD
Tentang Kami | Kontak | Pedoman Siber | Redaksi | Iklan
legolas