INDONEWS.ID

  • Sabtu, 10/02/2024 11:56 WIB
  • Pj Bupati Maybrat Pimpin Rapat Pembahasan Persiapan Pemilu 14 Februari 2024

  • Oleh :
    • Rikard Djegadut
Pj Bupati Maybrat Pimpin Rapat Pembahasan Persiapan Pemilu 14 Februari 2024

Jakarta, INDONEWS.ID - Jumat 9 Februari 2024 bertempat di Ruang Rapat Kantor Bupati Maybrat Pj Bupati Maybrat / Dr. Bernhard E. Rondonuwu., S.Sos., M.Si memimpin Rapat Pembahasan Persiapan Pelaksanaan Pemilu tanggal 14 Februari 2024 di Kab Maybrat. Rapat tersebut juga di ikuti Ketua DPR Maybrat, Sekda Maybrat, Asisten 1 Setda Maybrat juga beberapa kepala OPD Serta di hadiri oleh Dandim 1809 Maybrat, Kapolres Maybrat, Kasatgas Yonif 623/BWU dan juga KPU Maybrat sebagai penyelenggara Pemilu dan Bawaslu Maybrat sebagai badan pengawas pemilu di kab maybrat.

Dalam kesempatan tersebut Pj Bupati Maybrat menyampaikan terkait hal - hal teknis yang pemerintah daerah siapkan dalam penyelenggaraan pemilu 2024 karena pemilu 2024 bukan pemilu biasa, melainkan pemilu serentak seluruh indonesia.

Baca juga : Pj Bupati Maybrat Hadiri Rapat Persiapan Dukungan Program Pemberdayaan Ekonomi Masyarakat di Kemenko Perekonomian Jakarta

Beberapa hal penting lainnya antara lain sekda tolong segera di siapkan pada tanggal 14 februari 2024 nanti di kampung ayata distrik aifat timur tengah kita akan lakukan video confrends seperti saat kegiatan gerakan nasional ketahanan pangan / video confrends dengan wapres beberapa waktu lalu di Tahsimara.

Alat - alat yang dibutuhkan dan sinyal guna penunjang hal tersebut segera di siapkan dan di pasang di kampung ayata. Agar kita bisa memonitor langsung jalannya pemilu di wilayah aifat timur. Rencananya nanti di wilayah aifat selatan sampai dengan aifat timur akan kita siapkan ada 30 tps yang akan di gunakan oleh seluruh warga masyarakat di wilayah tersebut untuk mencoblos.

Baca juga : Pj Bupati Maybrat Sidak Kantor Distrik Ayamaru Jaya, Ini yng Dijumpai

Nanti akan kita bagi jarak pertps yaitu kurang lebih 100 meter dan di siapkan juga terkait pengamanannya. Saya mau mulai hari ini sampai dengan hari pelaksanaan pemilu agar di lakukan patroli terus khususnya di wilayah aifat timur dan selatan. Saya juga akan melaksanakan mobilisasi keliling setiap harinya memantau situasi kamtibmas di wilayah maybrat.

Pada kesempatan itu juga Pj Bupati Maybrat menambahkan ke netralitasan ASN sangat lah penting dan apa bila ada ASN yang ikut kampanye atau datang langsung ke tps dan melakukan intervensi atau keributan, saya akan proses untuk bebas dalam jabatan / nonjob. Saya juga mau bawaslu segera proses apa bila benar - benar terbukti melakukan pelanggaran pemilu. Saya mau pemilu 2024 di kab maybrat harus benar - benar netral dan berjalan dengan aman sukses.

Baca juga : Pj Bupati Maybrat Temukan Fakta Mengejutkan Saat Sidak Kantor Distrik Ayamaru Utara

Pada kesempatan itu Ketua KPU maybrat menyampaikan untuk pendistribusian logistik pemilu di wilayah aifat timur, akan di simpan di rumah - rumah yang sementara di gunakan untuk sekertariat ppd dan akan di jaga oleh pihak kepolisian polres maybrat. Ada pula saat pelepasan logistik akan di lakukan bersama dengan pemerintah daerah dan TNI/Polri pada tanggal 12 - 13 februari 2024.

Khususnya di wilayah aifat selatan sampai dengan aifat timur akan di lakukan Relokasi tps yaitu memindahkan lokasi tps dari suatu daerah atau tempat karena alasan tertentu. Untuk pemilu 2024 ini kami dari KPU telah menetapkan 272 tps di wilayah maybrat serta 1.904 petugas KPPS yang akan melaksanakan pencoblosan dan perhitungan suara. Tentunya kita semua berharap pemilu 2024 di kab maybrat dapat berjalan dengan aman dan sukses.

Ketua Bawaslu Maybrat juga menyampaikan agar seluruh petugas bawaslu tingkat kabupaten sampai dengan tingkat distrik untuk tetap berkerja sesuai dengan standar operasional. Agar agenda pemilu 2024 ini dapat berjalan aman dan sukses, Kami juga telah membuat surat / edaran terkait netralitas ASN sehingga di harapkan seluruh ASN di lingkungan pemda maybrat bisa netral begitu pun kepada kepala - kepala kampung yang baru menjabat ini juga kami sudah berikan surat edaran terkait netralitasnya.

Hari ini hari terakhir untuk kampanye, dan kami sudah menyampaikan surat kepada setiap partai untuk menurunkan dan melepas baliho pada masa tenang. Akan tetapi bila tidak di indahkan, maka kami minta bantuan pemda dalam hal ini sat pol pp untuk membersihkan baliho - baliho tersebut.

Kapolres Maybrat menjelaskan tentang teknis rencana pengamanan dan juga jumlah personil yang di libatkan dalam pengamanan penyelenggaraan pemilu 2024 ini kurang lebih 286 personil dari Polres Maybrat. Ada beberapa tps yang di bagi menjadi dua tipe yaitu tps rawan dan tps sangat rawan untuk tps rawan akan di amankan orang satu orang pers dan untuk tps sangat rawan akan di amankan oleh dua personil.

Namun dengan pertimbangan keamanan, ada beberapa tps yang jauh dan sulit di jangkau serta kurang lebih ada 48 tps yang sinyal / jaringan telekomunikasi sangat minim. Untuk teknis pengamanan pada saat pergeseran kotak suara khususnya wilayah aifat timur akan di bantu pengawalan bko brimob dan satgas teritorial.

Ada juga patroli area dan tim quik respon yang nanti akan di lakukan oleh anggota bko brimob dan satgas teritorial. Untuk komunikasi kita selama kegiatan pemilu berlangsung akan menggunakan HT dan radio SSB yang ada di Polres, Kodim serta pos - pos satgas teritorial.

Dandim maybrat menambahkan Kami kodim 1809 maybrat tentunya tetap akan memback up rekan - rekan dari polres maybrat untuk pengamanan pada tps. Untuk wilayah sangat rawan kami akan siapkan personil lebih. Khusus wilayah aifat selatan dan aifat timur kami akan di bantu oleh satgas teritorial 133 dan 623. Kami berharap pemerintah daerah dapat membuat satu pos utama di kantor bupati yang nantinya akan menjadi pos pusat informasi terkait situasi terkini pelaksanaan pemilu di seluruh kab maybrat.

Ketua DPRD Maybrat menyampaikan Kekacauan utama yang terjadi di maybrat ini di sebabkan oleh miras. Sehingga saya sarankan kalau bisa beberapa hari ini bisa kita buat swiping miras oleh Polres Maybrat dan kodim 1809 maybrat.

"Saya juga mengingatkan kembali, tolong di buat himbauan kepada masyarakat agar warga masyarakat tidak melakukan intimidasi di tps lain yang bukan tempat mereka mencoblos, selesai coblos langsung pulang. Khusus untuk tps yang berada di wilayah aifat timur dan aifat selatan yang jaraknya berdekatan, agar bisa betul - betul di lakukan pengawasan yang sangat ketat. Sehingga dapat meminimalisir ancaman gangguan kamtibmas."

Dalam rapat pembahasan ini tentunya semua pihak berharap pemilu di kab maybrat ini dapat berjalan dengan aman, lancar dan sukses, semua itu dapat terwujud apa bila semua pihak dapat bersama bergandengan tangan dalam mensukseskan pemilu 2024 di kan maybrat.

Artikel Terkait
Pj Bupati Maybrat Hadiri Rapat Persiapan Dukungan Program Pemberdayaan Ekonomi Masyarakat di Kemenko Perekonomian Jakarta
Pj Bupati Maybrat Sidak Kantor Distrik Ayamaru Jaya, Ini yng Dijumpai
Pj Bupati Maybrat Temukan Fakta Mengejutkan Saat Sidak Kantor Distrik Ayamaru Utara
Artikel Terkini
Direktur GKI Beri Materi Kewirausahaan untuk Pelajar SMKS Bina Mandiri Labuan Bajo
Menjadi Tulang Punggung Pengembangan Usaha Ultra Mikro Indonesia, PNM Ikuti 57th APEC SMEWG
Tiga Orang Ditemukan Meninggal Akibat Tertimbun Longsor di Kabupaten Garut
Pimpin Proses Penyiapan dan Percepatan Keanggotaan Indonesia pada OECD, Presiden Joko Widodo Tunjuk Menko Perekonomian sebagai Ketua Tim Nasional OECD
Kemendagri Dukung Pelaksanaan Proyek Strategis Nasional Melalui Optimalisasi Kebijakan Fiskal Nasional
Tentang Kami | Kontak | Pedoman Siber | Redaksi | Iklan
legolas